Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Xiaomi Indonesia Siap Luncurkan MIUI 12, Ini Deretan Fitur Terbarunya



Last updated:

Dalam acara peluncuran Redmi 9 dan Poco F2 Pro, Xiaomi juga turut mengumumkan bahwa sistem operasi terbaru mereka, MIUI 12, juga siap hadir di Indonesia. Dibanding seri sebelumnya, ada beberapa perubahan dan fitur baru yang dijanjikan akan memberi pengalaman penggunaan yang lebih baik.

Fitur baru MIUI 12

MIUI 12 1

MIUI 12 hadir dengan desain UI yang lebih fresh dan menampilkan animasi sehingga terlihat lebih hidup. Xiaomi mengandalkan dukungan Mi Render Engine agar antarmuka tampak lebih halus, dan Mi Physics Engine agar gerakan ikon terlihat lebih realistis.

Untuk lebih jelasnya, berikut deretan fitur terbaru yang bisa Anda temukan di MIUI 12:

Super Wallpaper

Super Wallpaper menyajikan gambar keindahan kosmik yang diambil berdasarkan citra resmi dari NASA. Menurut Xiaomi, fitur ini menggabungkan fungsi always-on-display, Home Screen, dan Lock Screen dengan tema luar angkasa.

MIUI 12 3

Floating Windows

hp 200 g3 aio 728 yc

Disebut sebagai solusi multitasking, Anda bisa memanfaatkan Floating Windows untuk menampilkan aplikasi sembari dalam sebuah jendela kecil. Singkatnya, Anda dapat memaksimalkan lebar layar untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus. Floating Windows ini juga bisa dengan mudah dipindahkan, bahkan diturunkan tingkat kecerahannya hingga terlihat transparan.

App Drawer

Xiaomi kini menghadirkan App Drawer yang sebelumnya sudah menjadi fitur utama pada launcher Poco. Dengan App Drawer, home screen bisa terlihat lebih rapi dan memungkinkan pengelompokkan aplikasi secara otomatis sehingga mudah menemukannya hanya dengan beberapa swipe.

MIUI 12 4

Dark Mode

Dark Mode pada MIUI 12 dapat diaplikasikan pada aplikasi bawaan sistem ataupun aplikasi dari pihak ketiga. Dark Mode memiliki pilihan untuk menyesuaikan kontras secara otomatis untuk dengan cahaya lingkungan sekitar. Selain itu, Dark Mode juga mengurangi pemakaian daya.

“Kami yakin pengguna akan jatuh hati dengan MIUI 12 karena menghadirkan pengalaman penggunaan OS bintang lima dengan serangkaian optimasi bottom-up, peningkatan desain dan animasi yang hidup pada tampilan antarmuka,” kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.

Jadwal rilis MIUI 12 di Indonesia

Xiaomi memastikan bahwa MIUI 12 akan mulai tersedia di Indonesia pada Agustus 2020 mendatang. Berikut beberapa perangkat Xiaomi di Indonesia yang dijanjikan akan menerima update MIUI 12: Redmi Note 9, Redmi Note 9 Pro, Redmi Note 8 Pro, Redmi Note 8, Redmi 8, Redmi 8A, Redmi 8A Pro, Redmi 7, Redmi 7A, Redmi Note 7, Redmi Note 6 Pro, Redmi 6, Redmi 6A, Redmi Note 5 Pro, Redmi Note 5, Redmi S2, Mi 10, Mi Note 10, Mi Note 10 Pro, Mi 8 Lite, dan POCOPHONE F1. Tentunya perangkat keluaran terbaru dari seri Redmi, Mi, dan Poco juga akan mendapatkan update serupa.

More Stories
Dell Inspiron One 2320
Dell Inspiron One 2320: All-in-one Desktop PC Berlayar Sentuh