Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

5 Game Android Gratis yang Mirip dengan Stardew Valley



Bila Anda menyukai game bertema farming yang santai, tentunya Anda sangat mengenal game populer seperti Stardew Valley atau Harvest Moon. Bukan hanya visualnya yang menarik, keduanya juga memiliki permainan yang membuat penasaran serta betah.

Sayangnya, kedua game tersebut dibandrol dengan harga yang cukup tinggi di Android. Setidaknya Anda perlu menyiapkan lebih dari 100 ribu Rupiah untuk bisa membelinya di Play Store.

Ternyata, game serupa juga bisa ditemui di Play Store dan menariknya lagi, Anda bisa memainkannya dengan gratis. Tentu saja tidak semua game tersebut sekomplit Stardew Valley dan Harvest Moon untuk fitur permainannya.

Berikut lima game bertema farming yang cukup menarik untuk dimainkan di Android. Selain gratis, game tersebut juga mampu mengisi waktu luang Anda di selang antri menunggu kendaraan umum, Work From Home, atau untuk mengisi liburan.

Pocket Harvest Lite

Farming Game 001

Game farming ini bisa dibilang sangat ringan, baik dari permintaan versi android untuk memainkannya maupun untuk tingkat kerumitannya. Pada game ini, Anda akan mengatur bangunan apa yang dibuat, bibit apa yang akan ditanam, membuat fasilitas pendukung, serta membantu petani untuk menjadi lebih baik kerjanya dengan memberinya peralatan.

Bermodalkan visual 2D, game ini mudah dinavigasikan, terutama untuk membeli beragam bibit dan meletakkannya di ladang. Namun karena ukuran obyeknya yang terbilang kecil, terkadang pemain dengan jari besar seringkali salah memilih.

Anda juga perlu memiliki perhitungan untuk menimbang keuntungan yang datang dari menjual hasil panen, berbanding biaya membeli fasilitas serta biaya perawatannya.

Bila Anda tertarik untuk memainkan versi non-lite dari game ini, Anda bisa membelinya dengan harga sekitar 60 ribu Rupiah di Play Store.

Farmdale

Farming Game 002

Bila Anda menyukai game casual, maka Farmdale akan klop dengan selera Anda. Game farming ini mengandalkan sistem energi dan permainan yang mudah dipelajari oleh siapapun.

Pada game ini, Anda hanya perlu klik dan drop untuk membeli serta meletakkannya di ladang. Setelah ditanam, Anda perlu menunggu selama beberapa waktu untuk bisa memanen hasilnya.

Semua hal yang Anda lakukan membutuhkan energi yang jumlahnya terbatas, dan akan terisi kembali seiring berjalannya waktu. Baik untuk mengambil air dari sumur, menyiram pohon apel, sampai membersihkan ladang dari bebatuan dan kotoran.

hp 200 g3 aio 728 yc

Dream Farm: Harvest Moon

Farming Game 003

Bila Anda ingin menemukan bertani, beternak, berjualan, memasak, sampai menggiling tepung, maka game ini punya semuanya. Menariknya, semuanya bisa dilakukan semudah drag and drop.

Semua hasil pertanian yang Anda panen bisa diolah menjadi komoditas berharga lebih mahal, bila dibandingkan dengan menjual hasil panen langsung. Untuk itu, Anda hanya perlu bersabar menunggunya saja, karena semua elemen permainan di sini butuh waktu untuk selesai.

Mulai dari hasil tanam yang hanya butuh waktu semenit untuk panen sampai perkakas yang butuh waktu sehari. Namun secara keseluruhan, game ini sangat menarik untuk dimainkan.

Country Life: Harvest Day

Farming Game 004

Game ini memiliki kemiripan yang cukup tinggi dengan Harvest Moon dan Stardew Valley, terutama dari sistem permainannya. Bedanya, game ini lebih sedikit fiturnya dibanding kedua game besar tersebut.

Fitur permainan di dalam game ini lebih mengutamakan bertani, beternak, serta membangun rumah supaya lebih nyaman ditinggali. Beberapa hal lain seperti berinteraksi dengan penghuni kota, romansa, serta event berdasarkan kalender tidak disertakan.

Walau demikian, game ini tetap menarik untuk dimainkan karena kemiripannya dengan Harvest Moon. Hanya saja tombol interaksi ketika ingin menggunakan perkakas dan berbicara dengan orang lain yang diletakkan di pojok bawah layar, serta kurang lengkapnya tutorial akan memaksa Anda untuk banyak mencari tahu sendiri.

Harvest Master: Farm Sim

Farming Game 005

Kalau Anda ingin memainkan game farming dengan fitur yang lengkap seperti Harvest Moon atau Stardew Valley, maka game ini yang Anda cari. Selain semua fitur farmingnya sangat mirip, game ini juga memberi fitur lain.

Ya, pada game ini Anda bisa berinteraksi dengan penduduk kota, memberikan hadiah, dan membuat mereka tertarik kepada Anda. Keuntungan dari ketertarikan tersebut bisa beragam bentuknya dan semua berguna untuk kehidupan farming Anda.

Mungkin yang bisa dikatakan berbeda dengan Stardew Valley hanya fitur bertempur dengan monster, dan game ini lebih dekat ke Harvest Moon. Hanya saja kekurangannya adalah sering munculnya pop up iklan ketika bermain.

More Stories
fuji x a2 flip
Fujifilm X-A2: Mirrorless Mungil dengan Layar Putar untuk Selfie