Berminat Membeli Samsung Galaxy M11? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Galaxy M11 menjadi salah satu smartphone Samsung yang bisa Anda beli dengan harga cukup terjangkau di pasaran Indonesia saat ini. Sama seperti Galaxy M-series lainnya, Galaxy M11 tetap menjadikan sektor baterai sebagai nilai jual utamanya. Meski begitu, bukan berarti tidak ada hal menarik lainnya yang ditawarkan smartphone lewat produk tersebut.

Nah, jika Anda berminat menjadikan Samsung Galaxy M11 sebagai target belanja Anda dalam waktu dekat, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Samsung Galaxy M11

Dimensi cukup ideal dan nyaman digenggam

svg%3E

Meski mengusung layar 6,4 inci dan punya baterai besar, lebar bodi Galaxy M11 masih tergolong lumayan ramping. Dengan bobot yang juga tidak terlalu berlebihan, Galaxy M11 cukup ideal untuk dioperasikan dengan satu tangan. Ketebalannya pun menurut kami pas, 9mm, dan masih terasa nyaman untuk dimasukkan ke dalam saku celana.

Layar lebar Infinity-O, asyik untuk nonton film

Samsung membenamkan layar Infinity-O pada Galaxy M11 dengan lubang di pojok kiri atas untuk menampung kamera selfie. Ukurannya 6,4 inci dengan panel PLS TFT dan menawarkan resolusi HD+. Tingkat kecerahannya standar saja dan cukup memadai asal tidak berada di bawah sinar matahari yang terlalu terik.

Secara keseluruhan layar Galaxy M11 asyik untuk mendukung berbagai kebutuhan sehari-hari, baik untuk browsing, mengakses media sosial, bermain games, atau menonton film di Netflix yang aplikasinya sudah langsung tersedia secara pre-installed.

svg%3E

Kinerja mulus

Samsung memang belum membenamkan chipset kencang di Galaxy M11. Meski begitu, sejauh pengalaman kami kinerjanya tergolong responsif dan mulus. Gaming pun masih bisa kok! Mobile Legends bisa kami mainkan dengan lancar tanpa kendala. Untuk judul-judul yang grafisnya lebih berat seperti PUBG Mobile, Anda harus menurunkan pengaturan ke yang paling rendah jika tidak ingin diganggu lag.

Kamera lumayan oke asalkan cahaya memadai

Samsung Galaxy M11 menawarkan triple-camera yang terdiri dari sensor utama 13 megapixel, sensor 5 megapixel dengan lensa ultra-wide, dan depth sensor 2 megapixel. Untuk yang gemar selfie, ada kamera depan 8 megapixel yang punya fitur Live Focus (bokeh) seperti pada kamera belakang.

Hasil foto Samsung Galaxy M11 (1)

Hasil foto Samsung Galaxy M11 (12)

Selama pengujian menurut kami kamera Galaxy M11 tergolong standar-standar saja. Anda tetap bisa mendapatkan foto dengan detil yang baik ketika cahaya memadai. Namun jika di dalam ruangan dengan bantuan lampu apalagi di malam hari, ketajaman akan jauh menurun.

Untuk memotret subjek manusia kamera Galaxy M11 bekerja dengan cukup baik. Warna wajah tampak natural dan tidak ada polesan yang berlebihan. Detil dari rambut pun masih terlihat oke. Menariknya lagi, mode Live Focus-nya mampu memisahkan objek dan background dengan rapi.

Baterai awet, charging tidak terlalu lama

Baterai 5.000 mAh yang pastinya menjanjikan daya tahan ekstra ketika dipasangkan dengan sederet hardware yang tidak terlalu rakus daya. Hasilnya sesuai dugaan, Galaxy M11 kami bisa menemani selama 1,5 hingga 2 hari untuk pemakaian dengan gaya normal.

Samsung juga tidak lupa memberikan teknologi fast charging 15W agar proses pengisian daya Galaxy M11 tidak memakan waktu yang lama. Menurut pengujian kami, hanya butuh waktu kurang dari 2 jam untuk dapat terisi penuh 100 persen dari kondisi baterai sekitar 10-15 persen.

svg%3E

 

Kekurangan Samsung Galaxy M11

Bodi mudah kotor oleh bekas jari

Masalah klasik yang banyak ditemui di smartphone masa kini. Bodi Galaxy M11 mudah kotor oleh bekas jari. Anda harus rajin-rajin membersihkannya agar ponsel Anda tidak terlihat kusam.

White balance kurang konsisten di mode auto

Sedikit catatan pada kemampuan white balance otomatisnya. Di beberapa scene pemotretan kami merasa pemilihan pengaturannya kurang tepat sehingga foto terlihat agak pucat. Untungnya ada mode Pro yang memungkinkan kami mengutak-atik sendiri white balance agar lebih sesuai dengan warna aslinya.

svg%3E

Paket penjualan tidak termasuk softcase

Tidak seperti kebanyakan smartphone di kisaran harga yang sama, Samsung belum menyediakan softcase pada paket penjualan dari Galaxy M11. Kami berharap dengan harga yang sudah menyentuh 2 juta rupiah, seharusnya softcase tetap diberikan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Galaxy M11. Sekadar informasi tambahan, Samsung menjual Galaxy M11 dengan harga Rp2.099.000. Cukup menarik dan cocok untuk pengguna pemula maupun untuk Anda yang memiliki budget tidak terlalu besar tapi mendambakan smartphone Samsung.

Verified by MonsterInsights