Qualcomm Snapdragon Wear 4100+: Lebih Hemat Daya dan Mendukung Kamera dengan Sensor 12 Megapixel

SoC Snapdragon Wear muncul sejak tahun 2016. Hingga sekarang SoC tersebut masih dipercayakan menjadi otak jam tangan pintar yang berbasis Wear OS dari Google. Di tahun 2020 ini SoC Snapdragon Wear resmi memasuki generasi keempatnya. Kehadiran Snapdragon Wear 4100+ ini disapkan sebagai pengganti generasi ketiganya, Snapdragon Wear 3100.

svg%3E

Teknologi Qualcomm Snapdragon Wear 4100+

Di setiap generasi Qualcomm Snapdragon Wear selalu membawa peningkatan utama yakni di daya tahan baterai. Tidak perlu heran karena prosesor memang bertugas untuk menjalankan semua fungsi dan fitur yang ada di jam tangan pintar. Ini jelas membutuhkan daya dan akan menguras baterai.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut Qualcomm Snapdragon Wear 4100+ kini mengusung teknologi fabrikasi 12nm. Berbeda dengan generasi ketiganya, Snapdragon Wear 3100 yang hadir dengan teknologi fabrikasi 28nm.

svg%3E

Menurut Qualcomm, dengan fabrikasi 12nm performa dan daya tahan baterai Snapdragon 4100+ menjadi lebih baik. SoC ini hadir dengan prosesor ARM A53 Quad-core dan GPU Adreno 504. Dengan konfigurasinya tersebut Snapdragon 4100+ menawarkan peningkatan performa hingga sekitar 85% jika dibandingkan Snapdragon Wear 3100. Daya tahan baterainya juga lebih irit hingga 25%.

Baterai Qualcomm Snapdragon Wear 4100+

Rahasia konsumsi dayanya yang lebih efisien ada di arsitektur BIG/Little yang diusungnya. Lewat arsitektur ini, secara otomatis untuk tugas-tugas ringan yang bersifat kontinyu akan ditangani oleh sebuah co-prosesor yang hemat daya. Seperti misalnya, memantau detak jantung, memantau pola tidur, hingga pelacakan GPS akan ditangani oleh co-processor.

Sebagai gambaran, jam tangan pintar dengan Snapdragon Wear 4100+ bisa menjanjikan waktu guna hingga 18 jam dengan semua fitur pelacakan aktif. Untuk pelacakan standar seperti menghitung jumlah langkah kaki, notifikasi dan memantau detak jantung baterainya bisa bertahan hingga satu minggu.

Fitur Qualcomm Snapdragon Wear 4100+

Satu fitur yang cukup unik dari Qualcomm Snapdragon Wear 4100+ adalah dukungan kamera. Chipset ini bisa mendukung penggunaan kamera dengan sensor hingga 12 megapixel. Ini artinya, tidak menutup kemungkinan jam tangan pintar yang diotaki Qualcomm Snapdragon Wear 4100+ akan dilengkapi kamera yang bisa digunakan untuk memotret atau mendukung panggilan video.

Ketersediaan Qualcomm Snapdragon Wear 4100+

svg%3E
Qualcomm Snapdragon Wear 4100+ saat ini sudah tersedia. Untuk debut perdananya bisa ditemukan di jam tangan pintar besutan Mobvoi yaitu Ticwatch Pro.

Verified by MonsterInsights