Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Laowa 9mm F/5.6 FF RL: Lensa Rectilinear Paling Lebar untuk Kamera Full Frame

Pabrikan Venus Optics memang sangat populer dengan koleksi lensa wide atau sudut lebarnya yang inovatif. Kabar terbaru, pabrikan ini merilis Laowa 9mm F/5.6 FF RL yang merupakan lensa rectilinear paling lebar untuk kamera full frame.

Laowa 9mm rectiliner 1

Desain Laowa 9mm F/5.6 FF RL

Lalu apa bedanya lensa wide rectilinear dengan lensa wide biasa? Perbedaannya ada di distorsi pada hasil foto. Pada lensa wide umumnya garis lurus akan menjadi distorsi agak melengkung saat memotret obyek. Tapi, dengan lensa rectilinear distorsi garis lengkung tersebut akan menjadi garis lurus. Dengan demikian, garis perspektif akan jelas lebih terlihat seperti tanpa distorsi. Ini akan sangat mempermudah untuk para fotografer arsitektur, interior ataupun lanskap.

© Gua Ge 1
© Gua Ge

© Yi Jia 1
© Yi Jia

Keunggulan lain dari Laowa 9mm F/5.6 FF RL adalah rancangannya yang sangat ringkas. Menurut Laowa, rancangan bodi lensa ini paling kecil di kelasnya dengan panjang bodi hanya 6 cm dan bobot sekitar 350 gram.

Fitur Laowa 9mm F/5.6 FF RL

Laowa 9mm F/5.6 FF RL hadir dengan rancangan optik 14 elemen lensa dalam 10 grup, termasuk elemen lensa asperikat, dan extra-low dispersion yang berguna untuk meminimalkan efek chromatic aberration.

ROG G14 728 yg

Laowa 9mm F/5.6 FF RL juga menawarkan kemampuan fokus dari jarak minimum 12 cm. Jadi, tidak hanya sebagai lensa sudut lebar pengguna juga bisa mengasah kreativitas dengan lensa ini untuk foto makro dari jarak dekat.

Harga Laowa 9mm F/5.6 FF RL

Laowa 9mm F/5.6 FF RL akan tersedia untuk mounting kamera Leica M, Sony FE, Nikon Z dan Leica L-mount. Untuk harganya, Laowa 9mm F/5.6 FF RL dijual dengan harga US$899 untuk Leica M Mount dan untuk mount Sony FE, Nikon Z dan Leica L-mount harganya US$799.

More Stories
HP Sprocket 23
HP Sprocket: Printer Mini Portable untuk Cetak Foto dari Smartphone