MediaTek Luncurkan Helio G25 dan Helio G35, Duo Chipset Gaming untuk Smartphone Murah

MediaTek mengumumkan kehadiran duo chipset terbarunya yang dirancang untuk smartphone terjangkau, yakni Helio G25 dan Helio G35. Seperti pada chipset seri G garapan MediaTek sebelumnya, kedua jagoan anyar yang mengusung fabrikasi 12nm ini juga mengedepankan kemampuan gaming sebagai nilai jual utamanya. Seperti apa kecanggihannya?

Spesifikasi MediaTek Helio G25

svg%3E

Baik Helio G25 maupun Helio G35 sama-sama mengandalkan teknologi HyperEngine yang diklaim tidak hanya mampu memberikan kinerja yang lebih cepat, lancar, dan dengan grafis yang tinggi, tetapi juga memiliki efisiensi daya yang lebih baik.

Helio G25 dibekali CPU octa-core Cortex-A53 berkecepatan 2 GHz dengan GPU IMG PowerVR GE8320 650 MHz. Chipset ini mendukung pneggunaan layar hingga resolusi HD+ (1600 x 720 pixel) dengan aspect ratio 20:0 60Hz. Sementara untuk memori kompatibel dengan LPDDR4X hingga 16 GB dan storage eMMC5.1.

“Mobile gaming merupakan cara yang sekarang dipilih untuk hiburan di berbagai segmen pasar, dan MediaTek memperluas seri G untuk memenuhi kebutuhan yang besar akan smartphone gaming mainstream dengan harga bersaing,” kata Dr. Yenchi Lee, Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit, MediaTek.

HyperEngine memastikan pengelolaan cerdas dan dinamis akan CPU, GPU, dan memori agar performanya lebih optimal. Ketika sinyal Wi-Fi lemah, teknologi ini akan mengaktifkan konkurensi Wi-Fi dan LTE dalam waktu milidetik untuk memastikan koneksi tanpa lag. MediaTek HyperEngine juga memungkinkan pengguna untuk menunda panggilan ketika bermain game, serta mencegah putusnya koneksi atau berhentinya permainan untuk menerima panggilan.

Dari sektor kamera, Helio G25 mendukung konfigurasi dual-camera 13 MP + 8 MP atau single camera 21MP. Fitur masa kini seperti AI Beautification, bokeh, hingga multi-frame noise reduction juga tersedia. Selain itu, chipset ini juga dipersenjatai konektivitas WiFi 5 dan Bluetooth 5.0.

svg%3E

Pengguna tidak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa mencicipi kemampuan Helio G25. Pasalnya, dalam waktu dekat chipset tersebut akan tersedia di pasaran melalui Redmi 9A garapan Xiaomi.

Spesifikasi MediaTek Helio G35

Beralih ke Helio G35, pada dasarnya ada beberapa kesamaan untuk urusan spesifikasi dengan saudaranya. Misalnya dalam urusan memory, CPU, serta GPU. Bedanya, CPU Helio G35 berjalan di kecepatan 2.3GHz, sedangkan GPU-nya 680 MHz. Perbedaan tersebut di atas kertas membuat Helio G35 punya performa yang lebih bertenaga.

svg%3E

Chipset ini mampu mendukung layar dengan resolusi maksimal Full HD+. Untuk urusan kamera, Helio G35 ideal untuk dipasangkan dengan sensor ganda 13 MP + 13 MP atau single camera 25 MP. Selebihnya tidak ada perbedaan yang signifikan dengan Helio G25.

Sama seperti Helio G25, Helio G35 juga akan langsung tersedia di pasaran dalam waktu dekat. Ada dua smartphone yang dipastikan mengandalkan chipset ini untuk menunjang performanya, antara lain realme C11 dan Redmi 9C.

Verified by MonsterInsights