Apple Perkenalkan iOS 14, Ini 7 Fitur terbarunya

Melalui ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020, Apple akhirnya memperkenalkan sistem operasi terbarunya, iOS 14. Seperti pada peluncuran versi sebelumnya, Apple menjelaskan sederet fitur baru yang menjadi unggulan iOS 14 dan diklaim mampu memberikan pengalaman penggunaan yang lebih maksimal.

Penasaran apa saja fitur baru yang ditawarkan oleh iOS 14? Yuk, langsung saja simak daftar di bawah ini:

Widget di home screen

svg%3E

Apple kini mengedepankan desain widget yang lebih fresh dan bisa ditampilkan di home screen untuk menyajikan beragam informasi yang lebih lengkap. Selain itu, ukuran widget ini nantinya juga bisa diubah sesuai kebutuhan. Pengguna pun dapat menambahkan Smart Stack yang secara pintar akan memilih aplikasi mana saja yang paling sering dipakai.

App Library

svg%3E

App Library memungkinkan iOS 14 secara otomatis mengorganisir semua aplikasi ke masing-masing grup atau kategori berbeda, sehingga terlihat lebih rapi dan sederhana. Dengan begitu, pengguna tidak perlu menampilkan banyak aplikasi di home screen.

Compact Calls dan Picture in Picture

svg%3E

Ketika mendapatkan panggilan telepon atau FaceTime, iOS 14 memungkinkan pengguna untuk tetap melanjutkan aktivitas yang sedang mereka kerjakan di iPhone. Ditambah fitur Picture in Picture, pengguna bisa menjawab panggilan telepon dan FaceTime sambil membuka aplikasi yang lain.

App Clip

svg%3E

App Clip akan memungkinkan pengguna membuka aplikasi dalam versi mini dengan lebih ringan dan cepat. Fitur ini ideal untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ringan seperti bayar parkir, membeli kopi, dan sejenisnya. App Clip nantinya akan muncul melalui tag NFC, QR code, atau aplikasi seperti Maps dan Messages.

Messages

Bicara tentang Messages, di iOS 14 Apple menghadirkan beragam fitur anyar seperti kemampuan untuk pin hingga 9 perbincangan yang paling penting. Ada juga fitur lainnya seperti Group Photos dan Mentions. Pengguna juga dapat membalas pesan seseorang secara spesifik di group conversation.

svg%3E

Maps

Maps di iOS 14 didukung fitur bernama Guides yang akan memberikan panduan dari berbagai tempat menarik untuk dikunjungi. Dengan Guides, pengguna akan lebih mudah menemukan restoran baru, tempat rekreasi yang populer, dan sebagainya. Ada pula Cycling Directions untuk memudahkan pengguna bersepeda.

Siri

Siri kini tampil dengan desain yang lebih ringkas. Pengetahuan yang dimilikinya pun diklaim 20 kali lipat lebih lengkap dibanding Siri 3 tahun yang lalu. Dengan begitu, pengguna bisa menanyakan lebih banyak hal kepada Siri. Di iOS 14 Siri juga bisa diandalkan untuk mengirim pesan dalam format audio.

Tanggal rilis dan perangkat yang kompatibel dengan iOS 14

svg%3E

Lalu, kapan iOS 14 akan dirilis secara global? Menurut Apple, pengguna bisa menikmati sistem operasi terbaru ini sekitar bulan September 2020 mendatang. Sementara versi beta 1 untuk para developer akan tersedia bulan depan. iOS 14 nantinya kompatibel dengan iPhone 6s ke atas dan iPod Touch gen-7.

Verified by MonsterInsights