Quantcast
News

ColorOS Rilis Android 11 Beta untuk OPPO Find X2 Series

Sesuai dengan yang diberitakan sebelumnya, sistem operasi garapan OPPO, ColorOS, akhirnya merilis Android 11 Beta tidak berselang lama sejak Google mengumumkan update OS terbarunya tersebut. Sekadar mengingatkan, untuk saat ini hanya seri OPPO Find X2 dan Find X2 Pro yang bisa mencicipi Android 11 Beta.

Tiga fokus utama Android 11

OPPO Find X2 Android 11 Beta

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Senin (22/6), OPPO menjelaskan bahwa dengan lebih dari 350 juta pengguna, OPPO adalah salah satu mitra global utama Google yang berinteraksi dengan beragam pengguna di seluruh dunia. Ada tiga fokus utama yang ditawarkan oleh ColorOS berbasis Android 11, antara lain People, Privacy, dan Controls

“Bekerjasama dengan tim Android, ColorOS akan menampung berbagai tanggapan dan masukan mengenai Android 11 beta untuk mengidentifikasi, memperbaiki dan meningkatkan fitur-fiturnya bagi para developer Android dan pengguna,” jelas Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia, ColorOS.

Untuk People, ColorOS membuat tampilan antarmukanya menjadi lebih people-centric dan ekspresif. Nantinya pengguna dapat melakukan chat di kolom notifikasi secara langsung dan membukanya dalam bentuk bubble. Menariknya lagi, dengan Chat Bubble pengguna dapat melihat dan mengakses chat sambil menggunakan aplikasi lain secara bersamaan.

Selanjutnya Privacy. Android 11 akan lebih sensitif untuk urusan izin akses aplikasi. Pengguna bisa memberikan izin akses ke berbagai hal seperti mic, kamera, dan lokasi hanya satu kali saja ketika dibutuhkan. Singkatnya, ada beberapa jenis pengaturan permission dalam menjalankan aplikasi dan fungsi sistem, yakni: One-time permission; Permissions auto-reset; dan Background location.

Terakhir Controls. Dalam waktu dekat, fitur bawaan stock Android 11 lainnya juga akan tersedia pada versi beta ColorOS berikutnya, seperti sistem Device Control yang memberikan akses dan kontrol terhadap berbagai perangkat pintar dalam satu wadah.

Find X android 11 2

Berbagai pembaruan tersebut akan memperkaya fitur ColorOS yang sudah ada sejak sebelumnya, termasuk Dark Mode dan Built-in Screen Recorder. Kustomisasi lainnya pada fitur-fitur bawaan seri OPPO Find X2 juga akan tersedia, seperti peningkatan visual dengan HDR Video Enhancement, MEMC (Motion Estimation and Motion Compensation), dan AI Nature Tone Display.

Bukan cuma itu, kemampuan fotografi juga akan dioptimalkan melalui fitur OPPO All Pixel Omni-Directional PDAF, Text Scanner, dan pengambilan video dengan Live HDR Video. Pengguna juga bisa berbagi dokumen melalui OPPO Share dengan lebih mudah.

Lebih diutamakan untuk para developer

Meski tampak amat menarik, perlu diketahui bahwa update beta ini utamanya ditujukan bagi para developer aplikasi karena masih mengandung bugs dan kekurangan lainnya. OPPO akan terus bekerjasama dengan Google untuk menyempurnakannya. Oleh sebab itu, OPPO menyarankan agar para pengguna tetap bersabar terlebih dahulu dan menunggu versi resminya ketika sudah tersedia nanti.

Back to top button