Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Inilah Kelebihan dan Kekurangan OPPO A52

Di kisaran harga 2 jutaan rupiah, OPPO menawarkan A52 sebagai produk unggulan dengan fitur yang cukup menarik di kelasnya. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, A5 2020, OPPO menghadirkan sederet peningkatan di beberapa sektor, terutama soal kemampuan fotografinya.

Nah, untuk Anda yang berminat dan sedang mempertimbangkan OPPO A52 sebagai target belanja dalam waktu dekat, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan OPPO A52:

1. Desain ergonomis dan nyaman digenggam

OPPO A52 Indonesia

Sama seperti sebagian besar smartphone OPPO Lainnya, OPPO A52 hadir dengan desain yang ergonomis dan cukup ramping, sehingga terasa nyaman di genggaman tangan. Pengoperasiannya terasa mudah. Bobotnya pun menurut kami terbilang pas dan masih ideal untuk Anda yang suka memasukkan ponsel ke saku celana.

2. Hasil foto bagus di cahaya ideal

Salah satu peningkatan OPPO A52 dibanding pendahulunya ada di sektor kamera. Smartphone ini menawarkan kamera utama 12 megapixel f/1.8 yang ditemani kamera ultrawide 8 megapixel, kamera monokrom 2 megapixel, dan depth sensor 2 megapixel. Untuk selfie, ada kamera 16 megapixel f/2.0 di depan.

IMG20200101120612

IMG20200101121537

Di kondisi cahaya yang ideal, hasil foto kamera belakangnya cukup identik dengan OPPO A92. Gambar disajikan dengan detail yang baik dan saturasi tinggi. Selain itu, kemampuan fokusnya juga cukup cepat. Kamera depannya pun oke dan dibekali mode portrait untuk memudahkan Anda menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh.

3. Kemampuan videografi lumayan oke di kelasnya

oppo a52 lensa kamera

kamera belakang OPPO A52 sudah bisa merekam video dengan resolusi 4K 30fps dan Full HD 60fps. Hasil rekamannya tergolong baik asalkan dilakukan di lokasi dengan cahaya yang memadai. Cocok untuk Anda yang gemar membagikan momen di media sosial dalam format video.

4. Speaker stereo Dirac 2.0

Nah, ini yang menarik. OPPO A52 menawarkan speaker stereo dengan teknologi Dirac 2.0 yang secara otomatis dapat mengidentifikasi musik, video, maupun game. Bukan hanya lantang, audio yang disajikan juga akan terdengar jernih.

5. Performa gegas dan asyik untuk bermain games

oppo a52 pubg 2

ROG G14 728 yg

Meskipun masih menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 665, secara keseluruhan OPPO A52 mampu memberikan performa yang gegas untuk berbagai kebutuhan. Bahkan untuk Anda yang gemar bermain games pun smartphone ini masih bisa diandalkan. Game populer seperti FreeFire, PUBG Mobile, COD Mobile, Asphalt 9, serta game lainnya akan dapat dimainkan lancar (tergantung setting grafis).

6. Baterai tahan lama

OPPO A52 memiliki baterai jumbo 5.000 mAh. Dengan penggunaan foto-foto dan streaming YouTube cukup sering, browsing dan akses sosial media sesekali, OPPO A52 dapat bertahan sekitar 13 jam. Pengisian dayanya menggunakan teknologi fast charging 18W dan butuh waktu sekitar 1,5 jam untuk dapat terisi penuh.

Kekurangan OPPO A52:

1. Modul kamera terlalu menonjol ke luar bodi

Dengan kemampuan fotografi yang cukup oke, sayangnya modul kamera pada OPPO A52 terlalu menonjol ke luar bodi. Solusi paling gampang adalah dengan menggunakan casing agar tingginya menjadi sejajar, meski tentunya akan membuat dimensi smartphone secara keseluruhan terasa lebih tebal.

oppo a52 kamera belakang

2. Jarak fokus kamera belakang kurang dekat

Kamera OPPO A52 punya kemampuan fokus yang sedikit menyulitkan untuk Anda yang gemar memotret dari jarak dekat (bukan macro). Dengan begitu, terkadang Anda harus membawa smartphone mundur sedikit dari objek agar kamera bisa mengunci fokus.

3. Layar kurang terang di bawah sinar matahari terik

OPPO A52 dibekali layar 6,5 inci Full HD yang mampu menampilkan gambar dengan tajam dan sedap dipandang. Walaupun begitu, tingkat kecerahannya agak kurang ketika berada di bawah sinar matahari yang terik, sehingga mungkin akan sedikit menyulitkan Anda untuk melihat konten dengan jelas.

4. Sensor sidik jari bisa kurang akurat bagi sebagian pengguna

oppo a52 fingerprint

OPPO A52 menggunakan side fingerprint yang artinya posisi sensor sidik jari ada di samping dan sekaligus berfungsi sebagai tombol power. Sesungguhnya responnya cukup cepat, tapi salah satu penyebab sedikit berkurangnya akurasi sensor sidik jari adalah bidang sensor yang pipih. Jadi posisi jari harus lebih pas menutupi sensor agar lebih akurat.

Menurut kami OPPO A52 hadir dengan konsep yang pas untuk penggunaan di era sekarang ini. Paduan performa, fitur dan kamera yang handal dengan harga jual resmi 2,9 juta rupiah, menjadikannya salah satu smartphone pilihan yang akan memenuhi ekspektasi mayoritas pengguna di kelas menengah.

More Stories
Panasonic QE PL101 1
Review Panasonic QE-PL101 Power Pack