6 Rekomendasi Mikrofon USB Terbaik untuk Live Streaming dan Podcast

Menggunakan mikrofon tambahan bisa menjadi solusi yang paling mudah untuk mendapatkan kualitas rekaman audio lebih baik saat membuat konten podcast atau siaran langsung (Live Streaming). Di pasaran saat ini bisa dengan mudah dijumpai beragam model mic untuk mendukung hal tersebut. Walau begitu, mikrofon dengan koneksi USB menjadi pilihan kami karena menawarkan setup paling mudah. Hanya perlu ditancapkan ke port USB dan mikrofon bisa langsung digunakan.

svg%3E

Nah, dari sekian banyak produk yang tersedia, kami merekomendasikan 6 mic USB terbaik dari rentang harga 200 ribuan rupiah hingga jutaan rupiah.

1. Taffware Kondenser Mic BM 8000, mulai 200 Ribu Rupiah
Mic Taffware BM 8000 telah menjadi salah satu pilihan mikrofon USB favorit para live streamer dan podcaster dengan dana terbatas. Pasalnya, meski dijual dengan harga yang sangat terjangkau, mikrofon yang sangat ringkas ini mampu menangkap suara dengan kualitas yang jempolan dan minim distorsi.

svg%3E

Dalam paket penjualan pengguna juga bisa mendapatkan beragam bonus menarik. Seperti misalnya pop filter untuk menyaring frekuensi suara agar tangkapan suara lebih jernih dan penyangga mikrofon yang anti guncangan.

2. Samson Go Mic Portable Rp749.000
Untuk harga di atas 500 ribuan rupiah, cukup banyak pilihan mikrofon USB. Namun. Samson Go Mic Portable berhasil mencuri perhatian kami dengan rancangannya yang hemat tempat. Cocok untuk Anda yang sering membuat konten podcast atau siaran langsung di luar ruangan.

svg%3E

Selain desain yang mungil, keunggulan lain dari Samson Go Mic Portable adalah kemampuan menangkap suara dengan pola dari segala arah atau omni directional. Sangat ideal untuk skenario membuat konten seperti wawancara dengan sumber suara lebih dari satu orang. Selain itu, dilengkapi dengan dudukan model jepit Samson Go Mic Portable juga bisa dipasang ke mana saja sesuai kebutuhan pengguna.

3. BOYA BY-PM700 Rp1.550.000
svg%3E
Di harga sejutaan mic BOYA BY-PM700 bisa jadi pilihan. USB mic ini mendukung beragam pola mode perekaman suara dari Stereo (tangkapan suara dari sisi kiri dan kanan mic), cardioid (tangkapan suara fokus di depan mic dengan meminimalkan tangkapan suara dari sisi kiri, kanan, dan tidak menangkap suara dari belakang mic), omnidirectional (tangkapan suara merata dari segala arah), dan bi-directional (tangkapan suara fokus di depan dan belakang mic dan meminimalkan tangkapan suara dari sisi kiri dan kanan mic). Jadi, akan sangat ideal untuk beragam skenario penggunaan seperti misalnya interview, rekaman vokal, video konferensi, hingga membuat podcast.

Untuk fitur lain, BOYA BY-PM700 mendukung fitur bebas latensi dengan kemampuan rekam suara bebas dari delay dan echo. Rancangannya juga sangat premium dengan mengusung bahan metal yang kokoh.

4. Blue Yeti Nano Rp2.199.000
svg%3E
Dibandingkan semua mic yang ada di rekomendasi ini, Blue Yeti Nano hadir dengan desain yang paling cantik. Rancangannya sangat minimalis dan ringkas dengan empat pilihan opsi warna seperti abu-abu, biru, cokelat kemerahan dan emas.

Mic ini mampu menangkap suara dengan kualitas 24-bit/48kHz seperti mic standar penyiaran pada umumnya. Untuk fiturnya Blue Yeti Nano mendukung mode perekaman suara dengan pola Cardioid dan Omnidirectional, fitur bebas latensi, dan dilengkapi aplikasi khusus untuk melakukan pengaturan.

5. Rode Podcaster MK2 Rp2.500.000
svg%3E
Sesuai namanya, mikrofon USB dari Rode ini telah dioptimalkan untuk membuat konten podcast. Walau begitu, mic ini tetap masih bisa diandalkan untuk membuat konten siaran langsung.

Rode Podcaster MK2 bisa merekam suara dengan standar penyiaran atau broadcast di resolusi 18-bit/48 kHz dengan pola Cardioid (tangkapan suara fokus di depan mic dengan meminimalkan tangkapan suara dari sisi kiri, kanan, dan tidak menangkap suara dari belakang mic). Mic ini juga telah didukung fitur bebas latensi. Jadi, rekaman suara akan bebas dari delay atau echo.

Untuk menghadirkan output suara yang lebih jernih, Rode Podcaster MK2 telah dilengkapi dengan pop filter internal. Istimewanya lagi, Rode Podcaster MK2 juga bisa dijadikan mic untuk iPad lewat tambahan iPad Camera Connection Kit dan USB powered hub untuk perekaman suara lewat iPad.

6. Razer Seiren Elite Rp3.050.000
svg%3E
Terakhir adalah Razer Seiren Elite. Mikrofon  yang khusus dihadirkan untuk gamer ini menawarkan mode Cardioid (tangkapan suara fokus di depan mic dengan meminimalkan tangkapan suara dari sisi kiri, kanan, dan tidak menangkap suara dari belakang mic).

Satu fitur yang paling menarik mic ini didukung high pass filter terintegrasi. Filter ini akan berguna untuk memangkas suara frekuensi rendah seperti suara kipas angin, AC ataupun langkah kaki. Jadi, tangkapan suaranya akan sangat jernih. Kemudian, hadir juga fitur limiter yang berguna untuk menghindari terjadinya distorsi suara, bebas latensi, dan mampu menangkap frekuensi suara dengan sangat akurat.

Jadi mikrofon mana yang jadi pilihan Anda? Suarakan di kolom komentar ya.

Verified by MonsterInsights