Mozilla Umumkan 12 Aplikasi Video Call dengan Standar Keamanan yang Baik

Aplikasi panggilan video atau video call belakangan semakin populer seiring dengan adanya pandemi virus COVID-19 yang mengharuskan masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Selain untuk komunikasi dengan teman dan keluarga, video call juga menjadi alternatif untuk mengadakan rapat dengan rekan kerja maupun mendukung kegiatan belajar mengajar.

Akan tetapi, bagaimana dengan keamanannya? Ya, yang menjadi pertanyaan adalah apakah semua aplikasi video call yang ada sekarang ini telah memenuhi standar keamanan yang baik, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian data pribadi oleh hacker.

12 aplikasi video call yang aman

svg%3E
credit: Anna Shvets – Pexels.com

Dalam rilis persnya dijelaskan, Mozilla bekerjasama dengan Consumer International dan Internet Society untuk membentuk Lima Standar Keamanan Minimum (Five Minimum Security Standards). Standar keamanan tersebut mengharuskan perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam produksi perangkat yang terhubung Internet untuk memenuhi kebutuhan keamanan privasi oleh penggunanya.

Persyaratan yang wajib dipenuhi oleh sebuah aplikasi sesuai dengan standar tersebut meliputi enkripsi, pembaruan keamanan (Security Updates), persyaratan kata sandi yang kuat (Strong Passwords), pengelolaan kerentanan (Vulnerability Management), dan praktik-praktik terbaik untuk privasi data (Privacy Practices).

Peneliti Mozilla menelusuri 15 aplikasi untuk mendapatkan informasi mengenai privasi dan keamanan. Secara total, terdapat 12 aplikasi yang memenuhi Standar Keamanan Minimum Mozilla, antara lain Zoom, Google Duo/Hangouts Meet, Apple FaceTime, Skype, Facebook Messenger, WhatsApp, Jitsi Meet, Signal, Microsoft Teams, BlueJeans, GoTo Meeting, dan Cisco WebEx. Sementara itu, terdapat tiga produk yang tidak memenuhi Standar Keamanan Minimum Mozilla, yaitu: Houseparty, Discord, and Doxy.me.

Tidak semua aplikasi menerapkan enkripsi end-to-end

Perlu diketahui bahwa Semua aplikasi menerapkan enkripsi dengan bentuk tertentu, namun tidak semua aspek keamanannya sama. Tidak semua aplikasi menggunakan enkripsi end-to-end. Kabar baiknya, Mozilla menemukan bahwa semua 15 aplikasi tersebut memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mengetahui jika mereka sedang direkam. Selain itu, mayoritas aplikasi tersebut memiliki kemampuan untuk mengatur panggilan video, sehingga mampu meminimalisir kejadian yang tidak disengaja dan tidak bertanggung jawab.

Verified by MonsterInsights