Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

[Gadget Guide] Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro, Pilih Mana?

Xiaomi baru saja mengumumkan kehadiran duo smartphone kelas menengah terbarunya, Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro, di Indonesia. Dengan perbedaan harga yang lumayan jauh, kedua perangkat ini memang menawarkan keunggulannya masing-masing. Yang pasti, keduanya dibekali hardware dan fitur yang cukup menonjol jika dibandingkan dengan lawan-lawannya.

Baik Redmi Note 9 maupun Redmi Note 9 Pro saat ini sudah membuka tahap pemesanan alias pre-order secara online di Mi.com maupun e-commerce lainnya. Harganya mulai dari Rp2.399.000 untuk Redmi Note 9. sedangkan Redmi Note 9 Pro dijual dengan harga mulai dari Rp3.399.000.

Lalu, mana di antara Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro yang paling cocok dengan kebutuhan Anda? Untuk memudahkan Anda dalam menentukan pilihan, berikut kami sajikan panduan singkat yang mungkin bisa bermanfaat:

1. Ukuran seri Pro sedikit lebih besar

Redmi Note 9 Pro Glacier White 7 1

Ponsel berukuran besar memang sudah merupakan hal yang wajar di era sekarang ini. Walaupun perbedaan keduanya tidak terlalu signifikan, namun kalau Anda cenderung memilih yang agak kecil, Redmi Note 9 menurut kami lebih cocok untuk Anda. Smartphone ini mengusung layar 6,53 inci sedangkan Redmi Note 9 Pro 6,67 inci. Beda layar beda pula dimensi bodinya.

2. Butuh kamera yang lebih canggih?

Xiaomi mengklaim Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro sebagai jawara kamera di kelasnya masing-masing. Untuk Redmi Note 9, Anda akan menemukan kamera utama 48 megapixel f/1.79, ultrawide 8 megapixel f/2.2, depth sensor 2 megapixel, serta kamera makro 2 megapixel. Untuk selfie, ada kamera 13 megapixel di depan.

Sementara Redmi Note 9 Pro juga punya 4 kamera yang terdiri dari 64 MP Samsung GW1 f/1.89, 8 megapixel ultra-wide, 2 MP macro, dan 2 MP depth. Kamera selfie-nya 16 megapixel. Dengan harga yang lebih mahal, tentunya Redmi Note 9 Pro secara teori mampu memberikan hasil foto yang lebih baik.

Redmi Note 9 Pro Glacier White 6

 

ROG G14 728 yg

 

Namun semua kembali kepada kebutuhan Anda? Kalau Anda memang menginginkan kamera yang lebih canggih dengan kemampuan videografi yang juga mumpuni, pilih Redmi Note 9 Pro. Namun jika kebutuhan Anda hanya sekadar foto-foto momen sehari-hari untuk dibagikan di media sosial, kamera Redmi Note 9 sudah mencukupi.

3. Performa Redmi Note 9 Pro lebih kencang

Ada harga memang ada kualitas. Tidak heran jika kedua smartphone terbaru dari Xiaomi ini dipersenjatai chipset yang berbeda. Redmi Note 9 mengandalkan MediaTek Helio G85, sementara Redmi Note 9 Pro tampil menggiurkan dengan Qualcomm Snapdragon 720G. Kedua chipset ini mampu memberikan kinerja yang mulus untuk pemakaian standar sehari-hari. Tapi kalau untuk gaming kelas berat, jelas Redmi Note 9 Pro lebih bertenaga.

Xiaomi Redmi Note 9

4. Kapasitas baterai sama, tapi beda teknologi fast charging

Xiaomi sama-sama membekali Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro dengan baterai berkapasitas 5.020 mAh. Bedanya, versi non-Pro didukung teknologi fast charging 18W, sementara saudaranya mendukung 30W fast charging yang diklaim mampu mengisi ulang daya hingga 50 persen selama 30 menit.

Dua-duanya sudah menyediakan charger yang mendukung kemampuan fast charging tersebut secara maksimal. Ya, tidak dijual terpisah. Jadi kalau Anda menginginkan pengisian daya yang lebih cepat, Anda sudah tahu harus memilih yang mana, ‘kan?

Xiaomi Redmi Note 9 Pro

5. Butuh NFC

Sama seperti generasi sebelumnya, keberadaan NFC masih menjadi salah satu perbedaan utama antara Redmi Note 9 dengan Redmi Note 9 Pro. Kalau Anda sering mengecek dan mengisi ulang saldo e-money, bayar parkir secara cashless, atau menggunakan transportasi umum seperti commuter line dan busway, pilih Redmi Note 9 Pro.

More Stories
satellite P745 3
Toshiba P745 Series: Andalkan Harman Kardon dan Fitur Konversi 3D Real-Time