Lumix Tether for Streaming (Beta): Cara Mengubah Kamera Panasonic Menjadi Webcam

Para pabrikan mulai berlomba-lomba menghadirkan software untuk mengubah kamera mirrorless atau DSLR menjadi webcam. Setelah Canon dan Fujifilm, kini pengguna kamera mirrorless Panasonic juga dimungkinkan untuk mengubah kameranya menjadi webcam lewat aplikasi Lumix Tether for Streaming (Beta).

svg%3E

Fitur Lumix Tether for Streaming (Beta)

Menurut Panasonic, Lumix Tether for Streaming (Beta) menawarkan cara kerja yang sama seperti versi standarnya Lumix Tether.

Bedanya, Lumix Tether for Streaming (Beta) menyediakan fitur untuk menghilangkan kotak AF dan panel kendali saat mode Live View. Dengan demikian, tangkapan gambar saat streaming terlihat bersih dan tanpa gangguan.

svg%3E

Lumix Tether for Streaming (Beta) bisa mendukung streaming ke beragam platform jejaring sosial dan video konferensi. Sayangnya, untuk menggunakan Lumix Tether for Streaming (Beta) Anda wajib menggunakan aplikasi broadcast tambahan seperti misalnya OBS. Tidak bisa langsung digunakan seperti aplikasi besutan Canon dan Fujifilm. Keterbatasan lain, Anda juga wajib menambahkan mic eksternal karena aplikasi ini tidak akan menangkap audio langsung dari kamera.

Keterbatasan tesebut cukup wajar mengingat aplikasi ini masih dalam versi Beta dan semoga saja kedepannya Panasonic bisa memperbarui fitur-fiturnya agar semakin mempermudah pengguna.

Lumix Tether for Streaming (Beta) saat ini hanya kompatibel untuk beberapa kamera mirrorless Panasonic saja. Kamera yang mendukung antara lain Lumix G9, Lumix GH5, GH5s dan Lumix S.

Lumix Tether for Streaming (Beta) juga hanya tersedia untuk PC yang menjalankan Windows 10 dan belum tersedia untuk pengguna MacOS. Jika ingin mencobanya Lumix Tether for Streaming (Beta) saat ini sudah tersedia gratis dan bisa diunduh melalui situs Panasonic berikut ini.

Verified by MonsterInsights