Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

[Gadget Guide] Samsung Galaxy A11 dan Galaxy M11, Pilih Mana?

Samsung Indonesia baru saja memperkenalkan smartphone terbarunya, Galaxy A11. Yang unik, ternyata produk yang satu ini mempunyai banyak kemiripan dengan Galaxy M11 yang telah dirilis lebih dulu sebelumnya. Bahkan, dari segi harga pun keduanya sama, yakni Rp2.099.000.

Lalu, apa yang membedakan Galaxy A11 dengan Galaxy M11 dan smartphone mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda? Agar lebih memudahkan Anda dalam menentukan pilihan, yuk, simak panduan singkat kami:

1. Ukuran layar dan resolusi sama

Samsung Galaxy A11
Samsung Galaxy A11

Samsung Galaxy A11 dan Galaxy M11 sama-sama mengadopsi layar dengan panel PLS Infinity-O berukuran 6,4 inci. Resolusinya juga sama HD+. Kedua layar tersebut mampu menampilkan konten dengan cukup tajam dan sajian warna yang memanjakan mata khas smartphone Samsung.

Dengan besaran layar yang mirip, tentunya dimensi dari Galaxy A11 dan Galaxy M11 juga tidak jauh berbeda. Kalau melihat lembar spesifikasi, tinggi dan lebarnya sama. Yang membedakan hanya ketebalannya yakni 8mm untuk Galaxy A11 dan 9mm untuk Galaxy M11. Cukup wajar karena kapasitas baterai yang dibenamkan pada Galaxy M11 memang lebih besar.

2. Butuh baterai lebih besar?

Seperti disebutkan di atas, Galaxy M11 dibekali baterai dengan kapasitas yang lebih besar, 5.000 mAh, sementara Galaxy A11 hanya 4.000 mAh. Tidak heran karena Galaxy M-Series mengusung tagline #SobatAntiLowbat yang artinya memang mengedepankan daya tahan baterai sebagai nilai jual utamanya. Jadi kalau kapasitas baterai merupakan pertimbangan Anda, jelas Galaxy M11 adalah jawabannya.

Galaxy M11 Rear Look Blue
Samsung Galaxy M11

3. Konfigurasi kamera sama

Untuk Anda yang ingin membandingkan mana di antara kedua smartphone ini yang punya kamera lebih canggih, bisa kami pastikan bahwa Galaxy A11 dan Galaxy M11 menawarkan konfigurasi yang sama. Anda akan menemukan sensor utama 13 MP, kamera ultra-wide 5 MP, dan depth sensor 2 MP. Untuk selfie pun mirip, 8 MP di depan.

ROG G14 728 yg

Walaupun di atas kertas tidak ada perbedaan, namun belum tentu kelengkapan fitur di dalamnya juga sama persis. Butuh pengujian lebih jauh untuk memastikan smartphone mana yang mampu menghasilkan foto lebih bagus.

4. Perbedaan pilihan warna

Perbedaan lainnya antara Galaxy A11 dan Galaxy M11 adalah soal ketersediaan warna. Kalau Galaxy A11 ditawarkan dengan pilihan warna Hitam dan Putih, Galaxy M11 hadir dengan opsi Hitam dan Biru Metallic. Tinggal Anda sesuaikan mana yang paling cocok dengan selera Anda.

Galaxy M11 Front Look Black

5. Galaxy M11 hanya dijual secara online

Nah, ini yang tidak kalah menarik. Perlu diketahui bahwa Samsung merancang Galaxy M-Series sebagai produk yang akan mereka jual khusus untuk pasar online. Anda bisa menemukan Galaxy M11 di berbagai e-commerce ternama di Indonesia. Berbeda dengan Galaxy A11 yang akan tersedia di semua channel penjualan, baik online maupun offline seperti di toko-toko resmi Samsung di pusat perbelanjaan. Jadi, lebih senang membeli secara online atau offline?

Itulah panduan singkat yang mungkin bisa membantu Anda menentukan pilihan apakah harus meminang Samsung Galaxy A11 atau Galaxy M11. Yang pasti, kedua produk ini layak masuk daftar belanja Anda karena memang punya hardware dan fitur yang cukup menggiurkan di kelas harganya.

More Stories
WhatsApp
[Tips] Cara Mudah Memindahkan Chatting WhatsApp Lama ke Smartphone Baru