Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Kelebihan dan Kekurangan Acer Swift 5 SF514, Laptop Ramping dan Super Ringan

Bobot dari sebuah laptop merupakan salah satu pertimbangan utama bagi sebagian orang sebelum memutuskan untuk membeli perangkat impiannya. Apalagi di tengah mobilitas yang tinggi, laptop ultra-portable adalah solusi yang tepat untuk dibawa bepergian. Di ranah tersebut, Acer punya Swift 5 SF514.

Anda yang memiliki budget sekitar 15 jutaan rupiah wajib menjadikan laptop ini sebagai target utama. Pasalnya, Acer Swift 5 SF514 menawarkan keunggulan yang menarik selain dari bodinya yang dibuat super ringan. Tapi sebelum meminangnya, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Acer Swift 5 SF514:

Bobot sangat ringan, kurang dari 1 kg

Acer Swift 5 5

Sebagai salah laptop paling ringan yang ada di pasaran, tidak heran jika bobot Acer Swift 5 SF514 tidak sampai 1 kilogram. Menurut Acer, berat Swift 5 SF514 yang super ringan ini dimungkinkan berkat penggunaan material yang merupakan perpaduan antara magnesium-lithium dan magnesium-aluminum. Saking ringannya, kami merasa sangat nyaman untuk membawa Swift 5 di dalam tas dengan durasi yang lama.

Dimensi ramping, mudah masuk ke dalam tas ukuran kecil atau sedang

Meski mengusung layar berukuran 14 inci yang dikelilingi oleh bezel yang lumayan tipis. Itulah mengapa dimensi laptop secara keseluruhan juga tampak lebih ramping dengan rasio screen-to-body yang cukup tinggi yakni 86,4 persen. Selain itu, Acer Swift 5 SF514 juga merupakan laptop yang tipis.

Layar IPS cemerlang dengan hitam yang pekat

Acer Swift 5 7

Layar laptop ini mengusung panel panel IPS dengan resolusi Full HD. Tingkat kecerahannya mencapai 300 nits. Oh iya, perlu diketahui pula bahwa ini adalah layar sentuh alias touchscreen. Soal kualitas layarnya menurut kami amat baik. Hitamnya pekat bahkan di tingkat kecerahan maksimal, dan warnanya juga memanjakan mata.

Performa cukup oke, bisa untuk main game ringan

Acer Swift 5 SF514 yang kami pernah uji dipersenjatai prosesor Intel Core i5-1035G1 quad-core dengan IGP Intel Iris Plus Graphics. Selain itu, ada pula GPU discrete yakni Nvidia GeForce MX250 2 GB. Peningkatan yang cukup signifikan dan membuat laptop ini cukup ideal untuk digunakan bermain game ringan. Pembuangan panasnya pun tidak berisik ketika diajak kerja berat.

Storage kencang

RAM yang ditanamkan LPDDR4 8 GB dual-channel dan memiliki storage SSD 512 GB yang punya performa kencang. Membuka aplikasi dan melakukan berbagai kegiatan terasa lebih cepat dan responsif.

ROG G14 728 yg

Acer Swift 5 4

Ada port Thunderbolt 3

Untuk Anda yang membutuhkan, Acer Swift 5 SF514 sudah dibekali port Thunderbolt 3. Selin itu, ada juga port HDMI, USB Type-A 3.1, slot Kensington Lock, USB Type-A 2.0, dan audio jack 3.5mm. Untuk konektivitas, Acer telah menanamkan teknologi WiFi 6.

Daya tahan baterai cukup baik

Untuk urusan baterai, Acer Swift 5 SF514 bisa diandalkan ketika menemani aktivitas penggunanya yang serba mobile. Dengan gaya pemakaian kami, laptop ini bisa menyala setidaknya selama 5-6 jam. Waktu charging-nya juga lumayan cepat, yakni sekitar 1,5 jam saja untuk dapat terisi penuh.

Kekurangan Acer Swift 5 SF514:

Bodi mudah kotor oleh bekas jari

Sayangnya menurut kami finishing pada Acer Swift 5 SF514 membuat bodinya mudah kotor. Bekas jari gampang sekali menempel sehingga Anda harus rajin-rajin membersihkannya agar tampilannya tetap terlihat oke.

Terkesan kurang premium untuk harga 15 jutaan

Laptop ini memang tipis dan ringan. Tapi material magnesium-lithium dan magnesium-aluminum membuat Acer Swift 5 SF514 kurang menonjolkan kesan premium. Bahkan mungkin bagi orang awam akan terasa seperti plastik.

Acer Swift 5 3

Tombol klik pada touchpad agar berisik

Acer Swift 5 SF514 punya touchpad yang sudah menggunakan Windows Precision. Ukurannya cukup lega tapi tidak memiliki tombol yang terpisah untuk klik kiri dan klik kanan. Yang kurang kami suka, setiap melakukan klik kami merasa bunyi yang dikeluarkan sedikit berisik dan agak mengganggu.

Speaker kurang bertenaga

Beralih ke audio, Acer Swift 5 SF514 memiliki dua buah speaker yang posisinya ada di bawah. Speaker ini memang cukup jernih, tapi kurang bertenaga dan tidak ada bassnya sama sekali. Untuk sekadar memutar video-video pendek di YouTube masih lumayan, tapi kalau untuk menikmati film rasanya tidak memuaskan.

More Stories
Swivl it
Swivl-it: Dock iPhone Untuk Panning Video