Quantcast
KomputerLaptopNews

Kelebihan dan Kekurangan Acer Swift 3 SF314-41, Laptop Murah dengan Layar IPS

Kalau berbicara tentang laptop yang ideal untuk pelajar, Acer Swift 3 SF314-41 dengan prosesor Athlon 300U merupakan salah satu pilihan yang menarik. Bukan cuma dibekali dengan hardware yang bisa diandalkan, laptop ini juga dijual dengan harga yang amat kompetitif.

Ada beberapa hal yang membuat Acer Swift 3 SF314-41 Athlon 300U kami sebut sebagai opsi yang sayang untuk Anda lewatkan. Meski begitu, bukan berarti juga ini adalah laptop yang sempurna di kelasnya. Ada sedikit kekurangan yang walaupun secara keseluruhan tidak terlalu mengurangi kenyamanan penggunanaan.

Nah, untuk Anda yang berminat mencari laptop di kisaran harga 6 jutaan rupiah dan menjadikan Acer Swift 3 SF314-41 sebagai pertimbangan, berikut kami sajikan apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Acer Swift 3 SF314-41 Athlon 300U

1. Build quality cukup baik dengan bahan aluminium

Acer Swift 3 Athlon

Meski secara desain tidak ada yang spesial, Acer Swift 3 SF314-41 Athlon 300U punya build quality yang cukup baik dan sudah menggunakan material aluminium yang membuatnya tidak terkesan murah. Bodinya juga cukup ramping dan lumayan ringan untuk ukuran laptop dengan layar 14 inci.

2. Layar IPS, menarik untuk harga 6 jutaan

Acer Swift 3 Athlon 300U 1

Nah, ini yang menurut kami menjadi nilai plus dari Acer Swift 3 (SF314-41) Athlon 300U. Sebagai laptop seharga 6 jutaan rupiah, cukup menarik melihatnya sudah menggunakan layar dengan panel IPS berukuran 14 inci, dan resolusi Full HD. Bukan hanya tajam, Anda juga akan dimanjakan dengan tampilan warna yang menawan. Sudut pandangnya pun luas.

3. Performa cukup oke untuk kebutuhan standar, bahkan gaming ringan

Acer Swift 3 yang kami bahas kali ini adalah yang mengusung prosesor AMD Athlon 300U dengan TDP 15W, base clock 2.4 GHz, dan boost clock 3.3 GHz. Untuk urusan grafis, Acer Swift 3 (SF314-41) mempercayakannya kepada GPU AMD Radeon Vega 3 graphics. Sedangkan kapasitas RAM pada laptop ini adalah DDR4 8 GB dual-channel.

Acer Swift 3 Athlon 300U 7

Kombinasi hardware tersebut membuat Acer Swift 3 (SF314-41) cocok untuk mendukung tugas-tugas pelajar yang tidak terlalu membutuhkan komputasi tinggi. Editing foto dan video ringan masih sangat memadai. Booting time-nya juga cepat, kurang dari 10 detik. Dan walaupun ini bukan laptop gaming, tapi ternyata ada beberapa judul game yang bisa dimainkan dengan mulus seperti CS:GO dan DOTA 2 (dengan pengaturan grafis rendah).

4. Storage kencang

Acer juga membenamkan storage berupa SSD NVMe 256 GB yang sangat membantu untuk memberikan kinerja yang responsif dan cepat saat membuka aplikasi. Pasalnya, SSD NVMe ini memang punya performa ngebut sehingga sangat jarang kami merasa laptop berjalan lambat saat menemani aktivitas sehari-hari.

5. Keyboard nyaman

Acer Swift 3 (SF314-41) dibekali keyboard chiclet yang nyaman untuk mengetik. Jarak antara tombol ideal dan penggunaan untuk mengetik dengan durasi yang lama pun tidak membuat jari-jari kami cepat lelah.

Acer Swift 3 Athlon 300U 4

6. Port I/O cukup komplit

Perlu diketahui pula bahwa Acer menyediakan sederet port yang cukup komplit untuk input dan output. Port HDMI ada. Selain itu Anda juga disuguhkan 1x port USB 2.0, 2x port USB 3.0, 1x port USB 3.1 Type-C, HDMI, Audio Combo, SD card reader, dan Kensington Lock. Untuk konektivitas ada WiFi 802.11ac 2×2 MU-MIMO dan Bluetooth 4.2.

7. Daya tahan baterai bagus

Acer Swift 3 (SF314-41) dibekali baterai 48 Wh yang bisa membuatnya menyala selama 5 jam dengan gaya pemakaian kami. Sebagai gambaran, kami menggunakan laptop ini untuk bekerja standar seperti browsing, mengetik, dan sesekali melakukan editing foto ringan.

Acer Swift 3 SF314 41 3 1

 

8. Ada sensor sidik jari

Anda juga akan menemukan sensor sidik jari untuk membantu login lebih cepat tanpa password, tapi keamanan data-data di dalamnya tetap terjamin. Kami sempat mencoba sensor ini dan sejauh pemakaian kinerjanya lumayan cepat. Tidak ada kendala berarti.

Kekurangan Acer Swift 3 SF314-41 Athlon 300U:

1. Lampu backlit pada keyboard tidak bisa diatur level kecerahannya

Meski keyboard pada Acer Swift 3 SF314-41 sudah memiliki lampu backlit, sayangnya hanya tersedia satu level kecerahan saja. Masih bisa disebut wajar mengingat harga laptop ini hanya 6 jutaan. Tapi tidak dapat dipungkiri, kami berharap ada opsi untuk memilih tingkat kecerahan lampu keyboard.

Acer Swift 3 Athlon 300U 3

2. Speaker kurang bertenaga

Acer Swift 3 (SF314-41) dengan prosesor Athlon 300U punya dua speaker yang menghadap ke bawah di sebalah kiri dan kanan. Sebenarnya kami lebih suka speaker yang menghadap ke depan. Tapi rancangan seperti ini memang standar dan banyak ditemukan pada laptop di kelas yang sama. Meski begitu, performa audionya kurang lantang.

3. Varian RAM single-channel kurang menggiurkan

Selain varian dual-channel 8 GB, laptop ini juga tersedia dalam model RAM single-channel 4 GB. Menurut kami, varian tersebut kurang menggiurkan karena RAM dual-channel amat membantu memaksimalkan kinerja dari Acer Swift 3 SF314-41 Athlon 300U. Kami sarankan Anda langsung memilih varian dual-channel.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangannya. Intinya Acer Swift SF314-41 dengan prosesor Athlon 300U adalah laptop yang ideal untuk pelajar, mahasiwa, maupun Anda pekerja kantoran yang punya budget tidak terlalu besar. Seperti disebutkan di atas, harga laptop ini hanya 6 jutaan rupiah saja.

Artikel terkait

Back to top button