Quantcast
Mobile GadgetSmartphone

Berminat Membeli OPPO A92? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

OPPO belum lama ini telah meluncurkan A92 sebagai smartphone andalan terbarunya di kelas menengah. Tampil sebagai versi yang lebih tinggi dari A91, OPPO A92 menawarkan hardware dan fitur yang lebih menggiurkan serta dikemas dalam desain yang semakin menawan.

Bagi yang belum tahu, OPPO A92 dijual dengan harga Rp4.199.000. Kalau Anda berminat meminang smartphone ini dalam waktu, tidak ada salahnya untuk menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari OPPO A92:

Kelebihan OPPO A92:

1. Desain ergonomis dan elegan

OPPO A92 belakang

Dibanding generasi sebelumnya, OPPO A92 terlihat berbeda dengan mengusung layar Neo Display dengan punch-hole. Bodinya ergonomis, nyaman digenggam, dan desainnya elegan. Perbedaan lainnya juga akan Anda temukan pada penempatan kamera belakang yang kini mengadopsi frame lebih besar.

2. Layar tajam, sedap dipandang

OPPO A92 memiliki layar berukuran 6,5 inci dengan resolusi Full HD+. Bezel di sekelilingnya amat tipis, terutama di kiri dan kanannya yang hanya 1,73mm sehingga mampu menyajikan rasio screen-to-body yang tergolong tinggi, yakni mencapai 90,5 persen.

OPPO A92 menu

Dengan layar yang lebar dan sedap dipandang, OPPO A92 akan terasa lebih maksimal saat digunakan menikmati berbagai konten seperti film dan games. Yang tidak kalah penting, layar OPPO A92 juga sudah mempunyai sertifikasi TUV Rheinland yang artinya lebih aman untuk mata. Selain itu, ada pula sertifikasi Widevine L1 untuk mendukung streaming HD di layanan seperti Netflix.

3. Kinerja tergolong cepat

OPPO A92 mengandalkan chipset Snapdragon 665 garapan Qualcomm. RAM-nya jumbo, 8 GB, dengan storage 128 GB. Kombinasi yang amat memadai untuk memberikan kinerja yang cepat dan gesit. Untuk gaming pun masih cukup lancar dan kami tidak menemukan kendala berarti.

4. Kemampuan kamera bisa diandalkan untuk memotret di berbagai kondisi

Anda yang gemar fotografi bisa mengandalkan 4 kamera belakang dengan spesifikasi 48MP Ultra HD f/1.7, 8 MP ultrawide, 2 MP mono lens, dan 2 MP portrait. Kamera ini dibekali fitur Ultra Night Mode 2.0 untuk menghasilkan foto yang bagus di malam hari. Untuk swafoto, sensor 16 MP f/2.0 jadi andalan.

IMG20200429131536

Portrait Mode

Night Mode

Hasil fotonya tergolong baik di kelasnya untuk pemotretan tempat terang maupun minim cahaya, dengan saturasi tinggi, ketajaman, dan detil yang bagus. Acungan jempol patut ditujukan pada Ultra Night Mode 2.0 yang mampu menjaga exposure tetap natural walaupun gambar terlihat lebih terang.

5. Baterai awet, pengisian daya cepat

OPPO A92 dipersenjatai baterai dengan kapasitas yang tergolong besar, 5.000 mAh. Itu artinya, pengguna tidak perlu sering-sering mengisi ulang daya. Kalaupun harus melakukan charging, OPPO sudah melengkapinya dengan teknologi fast charging 18W dan tidak butuh waktu lama untuk terisi penuh.

OPPO A92 bodi belakang

Kekurangan OPPO A92:

1. Belum ada upgrade dari segi chipset

Meski dari segi kinerja masih mulus dan lancar, perlu digarisbawahi, OPPO A92 masih menggunakan chipset yang sama dengan A9 2020 yang dirilis tahun 2019 lalu. Ya, sama-sama masih Snapdragon 665. Tentunya akan jauh lebih menarik jika OPPO menggunakan chipset dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan lebih baru.

2. Tingkat kecerahan layar agak kurang

Untuk penggunaan di luar ruangan dengan matahari terik, tingkat kecerahan pada layar OPPO A92 sedikit kurang maksimal. Apakah hal ini mengurangi kenyamanan penggunaan? Sama sekali tidak. Konten masih terlihat lumayan jelas meski akan ideal jika kecerahan layarnya bisa ditingkatkan lagi.

OPPO A92

3. Resolusi foto untuk Night Mode menurun

OPPO A92 memang mampu menghasilkan foto yang baik di malam hari. Tapi perlu Anda ketahui, ketika menggunakan Ultra Night Mode 2.0 resolusi fotonya turun menjadi 8 megapixel, bukan 12 megapixel seperti pada mode Auto.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan OPPO A92. Secara keseluruhan ini adalah ponsel yang bagus di kelasnya. Jika Anda ingin membaca review dengan pembahasan yang lebih lengkap, Anda bisa menuju tautan berikut ini.

Artikel terkait

Satu komentar

  1. Jika hp Oppo ini sudah mencapai suhu 40°c dia akan mengkopipaste dengan tersendirinya.

Back to top button