Quantcast
KomputerNewsStorage

Mengenal NAS, Network-Attached Storage, Solusi Penyimpanan Data Dalam Jaringan

Seiring semakin bertambahnya data di pekerjaan maupun kehidupan pribadi kita, mencadangkan data atau data backup menjadi hal yang patut diseriusi. Bagi yang masih mengandalkan hard disk eksternal, ada satu solusi pencadangan data yang lebih canggih dan lebih aman untuk jangka panjang yaitu NAS atau Network Attached Storage.

Apa itu NAS?
Secara harafiah, NAS atau Network Attached Storage dapat didefinisikan sebagai penyimpanan data yang terhubung ke jaringan. Secara lebih lengkap, NAS adalah solusi penyimpanan data yang terhubung ke jaringan dan dapat diakses oleh banyak pengguna. Hal ini membuat NAS sering disebut sebagai server cloud pribadi, walaupun memiliki banyak kegunaan lainnya.

NAS ilustrasi

Berbeda dengan hard disk eksternal, NAS memiliki sistem operasi dan prosesor sendiri untuk memberikan beragam fungsi tambahan seperti keamanan data, otomatisasi pencadangan serta memutar file multimedia seperti audio, foto dan video. Dengan NAS, Anda juga bisa membuat server multimedia sendiri.

Bahkan dengan software yang tepat, NAS bisa difungsikan sebagai layanan cloud atau server email pribadi yang aman untuk organisasi Anda.

Kelebihan NAS sebagai backup storage

Satu hal yang menjadi kelebihan NAS adalah fleksibilitasnya. Anda bisa memilih NAS dengan slot hard disk sesuai kebutuhan.

synology ds620 slim

Dengan beberapa slot hard disk, Anda dapat dengan mudah memasang hard disk baru untuk menambah kapasitas penyimpanan di NAS. Bahkan jika dibutuhkan, Anda juga dapat meningkatkan kapasitas RAM pada NAS untuk kemampuan pemrosesan yang lebih cepat. Untuk beberapa tipe, NAS juga mendukung SSD untuk mempercepat transfer data dan pengoperasian NAS.

Kelebihan lain, NAS dapat dihubungkan ke jaringan dan Internet sehingga dapat diakses dari jarak jauh. Keamanan akses tidak perlu diragukan mengingat NAS yang baik biasanya dilengkapi dengan software keamanan yang handal juga.

Seperti misalnya NAS dari Synology yang memiliki DiskStation Manager. Dengan DSM, Anda bisa mengatur backup data, recovery data, sinkronisasi data, akses data pengguna, pengaturan file multimedia dan beragam fungsi lainnya. Sistem operasi berbasis web ini memberikan tingkat keamanan kelas enterprise, bahkan saat digunakan di rumah dan kantor skala kecil.

Memilih NAS yang tepat

Secara garis besar, ada dua tipe pengguna NAS. Yang pertama, pengguna rumahan dan kantoran skala kecil. Yang kedua, pengguna kelas enterprise atau kantor dengan jumlah pengguna yang banyak.

Tujuan penggunaan NAS juga perlu ditentukan terlebih dahulu agar dapat memilih NAS dengan kemampuan pemrosesan data yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Selain itu, jumlah slot hard disk juga harus diperhatikan. Jangan sampai Anda kehabisan ruang saat membutuhkan tambahan kapasitas.

NAS Selectro Synology

Jika masih kebingungan, ada cara yang lebih mudah untuk memilih NAS yang tepat bagi Anda. Kunjungi tautan berikut dari Synology (https://www.synology.com/en-global/support/nas_selector) yang memberikan pilihan NAS terbaik sesuai kebutuhan.

Lebih dari sekedar solusi backup

Di era digital, data menjadi aset yang amat berharga. Tidak hanya bagi korporasi, tapi juga bagi pengguna pribadi. Dengan segala kelebihannya yang telah dijelaskan di atas, NAS dapat menjadi solusi tepat bagi pengguna yang menghargai nilai penting data digital yang disimpan.

 

Artikel ini merupakan hasil kerjasama Synology dan YANGCANGGIH.COM untuk mengedukasi pengguna produk teknologi di Indonesia.

 

 

 

 

 

Back to top button