Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Review Ragnarok Frontier: Nuansa Game Online Legendaris Sambil Bekerja di Rumah

Last updated:

Bagi gamer di Indonesia, nama Ragnarok Online akan selalu memiliki tempat khusus di hati. Bahkan setelah lebih dari 20 tahun berlalu, game yang menjadi salah satu perintis game online di tanah air ini tetap diminati.

Guna mengisi kembali kenangan kuat tersebut, Ragnarok Frontier hadir di tengah gamer mobile, dengan beragam visual yang mengundang memori. Sayangnya, game ini bukan game online seperti ayahnya terdahulu.

Meski demikian, Ragnarok Frontier tetap memiliki pesona yang kuat, seperti yang kami rasakan ketika memainkannya. Bahkan bisa jadi Anda akan menjadi fansnya, walaupun hanya demi menghidupkan kembali kenangan lama.

Cocok Untuk Dimainkan Sambil Bekerja

Seperti yang telah kami jabarkan sebelumnya, Ragnarok Frontier bukan game online, melainkan game idle. Bila Anda tidak pernah mencoba memainkan game mobile tipe ini, maka ada baiknya game ini menjadi pengalaman pertama.

Pada game idle seperti ini, keterlibatan Anda ketika bermain tidak terlalu banyak, dan game akan berjalan dengan sendirinya. Itu sebabnya game jenis ini dikatakan sebagai idle game, atau game nganggur.

Ragnarok Frontier 001

Nantinya, Anda hanya perlu terlibat dalam mengatur segala hal di luar mengendalikan gerakan karakter dan bertempur. Artinya, semua yang berhubungan dengan kenaikan level, refining senjata, atau beragam elemen logistik akan Anda atur.

Itu sebabnya game ini sangat tepat untuk Anda yang sedang Work From Home atau WFH di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Sebab game ini tidak meminta banyak perhatian Anda, dan Anda tetap akan mendapatkan kepuasan naik level tanpa mengganggu pekerjaan.

Semua Elemen Ragnarok Ada di Game Ini

Sebelum kami mulai memperlihatkan apa saja fiturnya, ada baiknya Anda melihat terlebih dahulu aspek visual dan suaranya. Bila Anda pernah memainkan Ragnarok Online, maka Anda akan menemukan game ini sangat mirip sekali dari sisi visualnya.

Tidak hanya gaya visual sprite 2D ala Ragnarok Online ada di sini, bahkan sampai semua efek suaranya serta musiknya juga ikut serta. Bahkan kami sempat curiga bahwa developer game ini memindahkan mentah-mentah semua aset game online tersebut ke dalamnya.

Ragnarok Frontier 002

Semua animasi karakter yang sangat familiar serta beragam musuh yang terkesan konyol juga muncul di sini. Tentu kamu ingat dengan musuh ikonik seperti Poring, Poporing, Baphomet, serta Phreeoni yang dahulu menemanimu grinding level selama puluhan jam.

Selain semua daerah ikonik yang ada di game onlinenya, Ragnarok Frontier juga menghadirkan kembali semua musik yang lekat di dalam hati fansnya. Sayangnya, kualitas kejernihan suaranya tidak terlalu tinggi dan terkadang suara serangan ketika menyerang musuh juga tidak muncul.

Beragam Fitur Menarik Dapat Ditemui

Akibat bentuknya yang game idle, maka Anda akan lebih banyak disibukkan dengan mengatur sisi logistik dari karakter. Beberapa di antaranya adalah dengan mengatur statistik karakter ketika naik level.

ROG G14 728 yg

Bila Anda masih ingat dengan bentuk statistik karakter yang dahulu kala dimainkan, maka semua itu bisa diterapkan kembali di Ragnarok Frontier. Seperti yang mungkin juga Anda ketahui, kreasi karakter di Ragnarok Online sangat banyak, mulai dari Assassin AGI yang sangat lincah sampai Archer dengan serangan sangat cepat plus kritikal tinggi.

Ragnarok Frontier 003

Akan tetapi tidak berarti Anda harus pusing dengan pengaturan statistik tersebut, terutama bila Anda sibuk bekerja. Karena pada game ini ada fitur rekomendasi statistik, yang bisa diakses hanya dengan menekan satu tombol saja.

Selain itu, Anda juga bisa memperkuat karakter dengan menggunakan beragam perlengkapan tempur yang didapatkan dari drop musuh. Kemudian, Anda bisa semakin memperkuatnya dengan menggunakan fitur upgrade.

Mulanya kami agak canggung untuk melakukan upgrade perlengkapan tempur, karena tidak butuh waktu lama sampai kami mendapatkan armor atau senjata baru menggantikan yang ada.

Sebab dengan demikian, maka langkah upgrade hanya akan menjadi buang uang saja. Namun anggapan kami tersebut ternyata salah, karena game ini dengan pintar mengatasinya.

Semua upgrade yang dilakukan di satu jenis perlengkapan, misalnya pada senjata, ternyata bukan senjatanya yang diperkuat. Ternyata slot dari senjata tersebut yang diperkuat, sehingga ketika ganti senjata sekalipun, senjata baru yang menempati slot tersebut akan otomatis menjadi lebih kuat mengikuti besaran upgrade yang ada di sana.

Ragnarok Frontier 004

Beragam fitur baru juga akan terbuka seiring dengan level karakter, dan semua fitur tersebut sangat membantu dalam memperkuat karakter lebih jauh. Misalnya nantinya Anda akan bisa memasangkan kartu monster khas Ragnarok Online, serta bisa meningkatkan kekuatan kartu tersebut melalui upgrade.

Menariknya lagi, Anda bisa menambahkan karakter baru untuk membantu karakter yang telah ada, sampai totalnya menjadi empat karakter. Untuk membukanya, Anda harus menyelesaikan beragam tantangan yang ada dan pastinya membutuhkan waktu lama.

Kesimpulan

Ragnarok Frontier menghidupkan kembali memori yang telah lama kami lupakan. Bukan hanya itu saja, game ini juga mampu mengisi waktu kami tanpa mengganggu WFH di masa pandemi ini.

Beragam fitur yang menarik serta beragam elemen nan familiar membuat game ini begitu mudah untuk dipahami. Mungkin satu hal yang kurang kami sukai adalah begitu banyaknya ikon di layar permainan yang mengganggu visual.

Memang wajar hal ini ditemui pada game gratisan; namun hal tersebut sebenarnya bisa diminimalisir dengan menyembunyikan ikon selain promo premium dari layar permainan. Dengan demikian pemainnya dapat dengan lebih leluasa menikmati visual yang familiar.

Secara keseluruhan, kesan kami akan Ragnarok Frontier adalah positif, terutama dari sisi kenangan indahnya. Bentuk permainannya yang tidak mengganggu pekerjaan juga menjadi nilai plus untuk kami.

Yang Canggih:

  • Audio visualnya membawa kembali kenangan.
  • Mudah dimainkan dan dipelajari.
    Banyak fitur menarik.
  • Bisa dimainkan sambil bekerja di rumah.

Yang Kurang:

  • Masih ada masalah teknis seperti hilangnya efek suara.
  • Begitu banyaknya ikon di layar permainan yang tidak perlu.
More Stories
Xiaomi Redmi 8A Pro 3
Gandeng Xiaomi, Smartfren Tawarkan Kuota 41 GB untuk Pembelian Redmi 8A Pro