Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Review Acer Swift 5 SF514: Laptop 14 Inci Super Ringan, Nyaman Dibawa Bepergian



Acer swift 5 2019 1
4
Cek Harga

Laptop dengan bodi yang ramping dan ringan merupakan dambaan bagi pengguna yang sehari-harinya selalu beraktivitas secara mobile. Selain mudah dimasukkan ke dalam tas, laptop dengan kategori seperti ini juga ideal untuk dibawa bepergian dalam durasi yang lama, karena tidak mudah bikin pundak pegal.

Acer sebagai salah satu produsen PC terpopuler di Indonesia memiliki lini laptop dan ultrabook yang cukup lengkap. Salah satu yang menjadi andalannya adalah Acer Swift 5 SF514. Selain tipis dan enteng, laptop ini juga dibekali dengan hardware dengan performa yang bisa dibilang cukup kencang. Seperti apa kecanggihannya? Simak ulasan lengkap kami:

Desain Acer Swift 5 SF514

Acer merancang Swift 5 SF514 sebagai salah laptop paling ringan yang ada di pasaran. Karena itu, tidak heran jika bobotnya yang tidak sampai 1 kilogram merupakan nilai jual utama yang dikedepankannya. Menurut Acer, berat Swift 5 SF514 yang super ringan ini dimungkinkan berkat penggunaan material yang merupakan perpaduan antara magnesium-lithium dan magnesium-aluminum.

Acer Swift 5 7

Pada awalnya kami beranggapan bahwa material dari Swift 5 SF514 yang amat ringan membuat build quality menjadi agak ringkih. Tapi ternyata tidak. Acer meracik produk andalannya dengan cukup solid. Meski begitu, harus diakui bahwa kesan premiumnya menjadi hilang dan sekilas terasa seperti plastik. Selain itu, selama penggunaan kami juga mendapati bekas jari mudah mengotori bodinya dan sulit dibersihkan.

Acer Swift 5 2

Dari segi desain standar-standar saja. Tampilannya memang modern tapi putaran engselnya lebih terbatas dan tidak bisa dibuka hingga 180 derajat. Yang paling kami suka tetap warnanya. Varian dark blue ini menurut kami terlihat bagus dan begitu elegan. Soal dimensinya, Acer Swift 5 SF514 adalah laptop yang ramping meski mengusung layar berukuran 14 inci.

Soal ketersediaan port, Acer Swift 5 SF514 menawarkan lubang untuk charger di sisi sebelah kiri, berdampingan dengan port HDMI, USB Type-A 3.1, dan USB Type-C (Thunderbolt). Sementara di sisi sebelah kanan, ada slot Kensington Lock, USB Type-A 2.0, dan audio jack 3.5mm. Untuk konektivitas, Acer telah menanamkan teknologi WiFi 6.

Acer Swift 5 4

Layar dan audio Acer Swift 5 SF514

Seperti disebutkan di atas, Acer Swift 5 SF514 mengusung layar berukuran 14 inci yang dikelilingi oleh bezel yang lumayan tipis. Itulah mengapa dimensi laptop secara keseluruhan juga tampak lebih ramping dengan rasio screen-to-body yang cukup tinggi yakni 86,4 persen.

Layar tersebut mengusung panel panel IPS dengan resolusi Full HD. Tingkat kecerahannya mencapai 300 nits. Oh iya, perlu diketahui pula bahwa ini adalah layar sentuh alias touchscreen. Soal kualitas layarnya menurut kami amat baik. Hitamnya pekat bahkan di tingkat kecerahan maksimal, dan warnanya juga memanjakan mata.

Acer swift 5 2019 1

Beralih ke audio, Acer Swift 5 SF514 memiliki dua buah speaker yang posisinya ada di bawah. Speaker ini memang cukup jernih, tapi kurang bertenaga dan tidak ada bassnya sama sekali. Untuk sekadar memutar video-video pendek di YouTube masih lumayan, tapi kalau untuk menikmati film rasanya tidak memuaskan.

Keyboard dan touchpad Acer Swift 5 SF514

Acer Swift 5 1

elite dragonfly yangcanggih 728

Acer Swift 5 SF514 tampil dengan keyboard chiclet khas Acer yang agak datar tapi tergolong cukup nyaman untuk digunakan mengetik cepat maupun dalam durasi yang panjang. Untuk lebih memudahkan ketika bekerja di kondisi ruangan yang agak gelap, keyboard laptop ini sudah memiliki lampu backlit dengan 2 level kecerahan.

Touchpadnya sendiri sudah menggunakan Windows Precision. Ukurannya cukup lega tapi tidak memiliki tombol yang terpisah untuk klik kiri dan klik kanan. Yang kurang kami suka, setiap melakukan klik kami merasa bunyi yang dikeluarkan sedikit berisik dan agak mengganggu.

Acer Swift 5 3

Sedikit tambahan, di palm rest sebelah kanan Anda akan menemukan sensor sidik jari untuk memudahkan membuka kunci laptop dan menunjang fitur Windows Hello. Performa sensor ini cukup bisa diandalkan dan punya respon yang tergolong cepat.

Performa Acer Swift 5 SF514

Acer Swift 5 SF514 yang kami uji kali ini dipersenjatai prosesor Intel Core i5-1035G1 quad-core dengan IGP Intel Iris Plus Graphics. Selain itu, ada pula GPU discrete yakni Nvidia GeForce MX250 2 GB. Peningkatan yang cukup signifikan dan membuat laptop ini cukup ideal untuk digunakan bermain game ringan. Selain itu, Anda juga akan menemukan RAM LPDDR4 8 GB dual-channel serta storage SSD 512 GB.

CRYSTA1 1

Secara keseluruhan performa laptop ini amat memadai untuk menunjang pekerjaan-pekerjaan standar sehari-hari. Booting-nya cepat, kinerjanya responsif, dan dipakai untuk editing foto maupun video ringan pun bukan masalah. Bahkan seperti kami sebutkan sebelumnya, main game pun bisa.

Kami mencoba judul-judul eSport populer seperti Counter Strike: Global Offensive dan DOTA 2. Keduanya bisa berjalan dengan lancar dan cukup stabil di setting grafis Low hingga Medium. Mendapatkan frame rate yang tinggi di CS:GO jelas mudah dengan hardware seperti ini, bahkan di resolusi Full HD sekalipun. Untuk DOTA 2, rata-rata yang didapat sekitar 50-70fps dan terkadang drop ke 40an fps di scene yang ramai. Yang jelas, masih bisa bermain kompetitif. Kalau butuh fps yang lebih tinggi Anda bisa menurunkan resolusi ke 720p.

Baterai Acer Swift 5 SF514

Untuk urusan baterai, Acer Swift 5 SF514 bisa diandalkan ketika menemani aktivitas penggunanya yang serba mobile. Dengan gaya pemakaian kami, laptop ini bisa menyala setidaknya selama 5-6 jam. Waktu charging-nya juga lumayan cepat, yakni sekitar 1,5 jam saja untuk dapat terisi penuh.

Kesimpulan

Kami cukup menyukai Acer Swift 5 SF514. Meskipun belum bisa dibilang sempurna, tapi nilai plus seperti bodinya yang super ringan dengan bobot tidak sampai 1 kg memang patut diapresiasi. Faktanya Acer Swift 5 SF514 juga tercatat sebagai salah satu laptop 14 inci paling ringan yang ada di pasaran saat ini.

Acer Swift 5 5

Performanya pun cukup kencang (meski bukan yang terbaik), serta bisa untuk menjalankan game-game tertentu dengan lancar. Semua keunggulan tersebut membuat laptop seharga Rp15.999.000 ini terlihat lebih menggiurkan dibanding lawan-lawannya, khususnya untuk orang-orang yang memang mencari portabilitas.

Kelebihan Acer Swift 5 SF514:

  • Bodi sangat ringan, kurang dari 1 kg
  • Dimensi ramping, mudah masuk ke dalam tas ukuran kecil atau sedang
  • Layar IPS cemerlang dengan hitam yang pekat
  • Performa cukup oke, bisa untuk main game ringan
  • Storage kencang
  • Kipas lumayan senyap di kondisi full-load
  • Ada port Thunderbolt 3
  • Daya tahan baterai cukup baik

Kekurangan Acer Swift 5 SF514:

  • Bodi mudah kotor oleh bekas jari
  • Terkesan kurang premium untuk harga 15 jutaan
  • Tombol klik pada touchpad agar berisik
  • Speaker kurang bertenaga

Ideal untuk: Pebisnis dan pegawai kantoran dengan mobilitas tinggi. Kreator konten yang butuh perangkat untuk bekerja on-the-go.

Kurang ideal untuk: Pengguna yang butuh performa tinggi untuk melakukan pekerjaan berat. Gamer yang ingin bermain judul-judul AAA.

Acer swift 5 2019 1
Acer Swift 5 SF514
Faktanya Acer Swift 5 SF514 tercatat sebagai salah satu laptop 14 inci paling ringan yang ada di pasaran saat ini.
4
Cek Harga
More Stories
Navigator 905 Vogue 2 resize1
Genius Navigator 905 Vogue: Mouse Yang Lengket dengan Laptop