Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Review Lenovo ThinkBook 14: Laptop Bisnis Tangguh dengan Desain Modern dan Fitur Lengkap

4.3

Populartitas Lenovo ThinkPad di laptop segmen komersial atau bisnis memang tidak perlu lagi diragukan. Rahasianya, hingga saat ini Lenovo tetap mempertahankan semua formula keunggulan ThinkPad yang telah menjadi ciri khas dan identitasnya dari sejak pertama kali diluncurkan. Sebut saja seperti rancangan bodi yang sangat tangguh, keyboard yang sangat nyaman, titik merah ThinkPad Trackpoint, dan sistem keamaman mumpuni yang telah menjadi favorit para pebisnis.

lenovo thinkbook 14 6

Tapi, Lenovo nampaknya sangat jeli melihat tren komputasi yang kini mulai didominasi oleh kaum millenial. Upaya untuk masuk ke segmen millenial inilah Lenovo merilis lini baru yang dinamakan ThinkBook. Alih-alih merombak ulang formula sukses ThinkPad, ThinkBook datang dengan membawa konsep yang lebih segar sekaligus tetap mempertahankan beberapa fitur unggulan yang ada di ThinkPad. Penasaran apa saja kehebatan Lenovo ThinkBook 14? Simak ulasannya berikut ini.

Desain Lenovo ThinkBook 14

Lewat ThinkBook 14 ini Lenovo resmi mengucapkan selamat tinggal pada desain kaku khas ThinkPad klasik yang terinspirasi dari kotak bento. Sebagai gantinya ThinkBook 14 mengadopsi desain yang lebih modern dengan material alumunium yang ringan. Meski ringan bodinya ini terasa sangat kokoh dan solid. Dilapisi dengan warna silver tampilan ThinkBook 14 juga semakin terlihat elegan dan berkelas.

LEnovo ThinkBook 14 1

Rancangan bodinya yang hanya setebal 17.9mm dengan bobot sekitar 1,5 Kg juga masih ideal untuk diajak bermobilitas. Cocok untuk para pebisnis muda yang sering kerja mobile. Sekilas keseluruhan desainnya memang mengingatkan kami dengan saudaranya, IdeaPad, yang hadir untuk segmen consumer.

Bedanya, ThinkBook 14 membawa rancangan bodi tangguh khas ThinkPad. Bodinya ini telah berhasil melewati tes ketahanan dengan standar militer MIL-STD-810G yang mencakup uji ketahanan di temperatur tinggi, temperatur rendah, benturan dan getaran. Jadi, meski desainnya berbeda, ketangguhannya tetap bisa diandalkan sama seperti ThinkPad.

LEnovo Thinkbook 14 7

Beralih ke sektor konektivitas, ThinkBook 14 membawa sederetan port konektivitas yang lengkap. Sisi kiri terdapat port Ethernet, HDMI, USB 3.1 Gen1 Type-A (always-on), USB 3.1 Gen2 (mendukung fungsi USB, DisplayPort dan power delivery), USB 3.1 Gen1 Type-C, dan port headphone/mic combo. Sementara di sisi kanan terdapat port USB 3.1 Gen 1 Type-A, USB 2.0 Type-A, dan slot pembaca kartu memorti 4-in-1.

Lenovo thinkbook 14 8

Dari port konektivitasnya tersebut yang cukup menarik perhatian adalah port USB 2.0 Type-A yang bersembunyi dibalik sebuah penutup. Port tersebut bisa digunakan untuk memasang wireless dongle. Terlihat sepele tapi menurut kami ide ini berhasil untuk mejaga tampilannya agar terlihat minimalis dan rapih. Penempatan port USB Type-C di sisi kiri bodinya yang sejajar juga wajib dicermati sebelum digunakan. Pasalnya, hanya port USB 3.1 Gen2 (ditandai dengan gambar colokan listrik) ini saja yang mendukung fitur Power Delivery atau isi ulang baterai lewat port Type-C.

Layar ThinkBook 14

Beralih ke sektor layar ThinkBook 14 yang kami review berikut hadir dengan panel layar anti-glare TN 14 inci yang resolusinya Full HD 1920 x 1080 pixel. Cukup disayangkan memang layarnya ini memang belum mengusung panel IPS. Jadi, tampilan di layarnya tergolong standar. Untuk mendukung produktivitas sehari-hari layarnya sudah cukup. Tapi, seperti karakter layar dengan panel TN pada umumnya posisi layarnya wajib diatur ke sudut yang pas untuk mendapatkan tampilan yang nyaman lebih di mata.

LEnovo ThinkBook 14 2

Apakah ThinkBook 14 tidak tersedia dengan panel IPS? Tentu saja ada. Namun, model ini hanya tersedia untuk konfigurasi dengan spesifikasi Intel Core i3 saja. Kami pun cukup berharap ThinkBook 14 dengan konfigurasi Intel Core i5 atau Intel Core i7 kedepannya bisa tersedia dengan opsi panel IPS.

Di bagian atas layar terdapat webcam dengan resolusi HD 720p. Selama WFH (Work Frome Home) webcam tersebut sudah cukup bisa diandalkan untuk melakukan konferensi video. Webcam terseubt juga telah dilengkapi fitur ThinkShutter. ThinkShutter ini adalah sebuah penutup yang bisa digeser untuk menutup webcam saat sedang tidak digunakan.

Keyboard ThinkBook 14

Masuk ke sektor keyboard Lenovo ThinkBook 14 hadir dengan keyboard bergaya chicklet yang telah dilengkapi dengan lampu backlit. Keyboardnya ini cukup mirip dengan gaya keyboard Lenovo IdeaPad. Secara keseluruhan keyboardnya cukup nyaman digunakan untuk mengetik dengan jarak tombol yang pas dan tidak terlalu rata dengan bodi. Tapi, kenyamanannya memang tidak bisa dibandingkan dengan keyboard ThinkPad klasik.

ROG G14 728 yg

Lenovo ThinkBook 14 12

Di keyboard ThinkBook 14 Anda juga tidak bisa menemukan titik merah TrackPoint untuk mengendalikan pointer mouse. Sebagai gantinya Lenovo menghadirkan area touchpad mouse yang berukuran lebar tepat di bagian bawah keyboard. Touchpad mouse tersebut sangat responsif dengan sentuhan jari. Area tombol klik kiri dan kanannya juga cukup empuk dan nyaman ditekan.

lenovo thinkbook 14 5

Bergeser ke atas keyboard di pojok kanan atas terdapat tombol power. Tombol power tersebut juga sangat istimewa karena sudah langsung terintegrasi dengan sensor sidik jari. Untuk fitur pengaman lain, ThinkBook 14 telah mendukung chip TPM 2.0 dan ThinkShield yang merupakan sebuah solusi keamanan end-to-end Lenovo untuk melindungi hardware, software, serta layanan lainnya memastikan otentikasi yang mudah serta perlindungan yang aman bagi data pengguna.

Performa ThinkBook 14

Satu hal yang menurut kami sangat menarik dari Lenovo ThinkBook adalah varian produk dengan konfigurasi yang lengkap. ThinkBook 14 tersedia dengan pilihan prosesor Intel Core 10th gen dari Intel Core i3, Intel Core i5 dan Intel Core i7. Semua model dibekali RAM 8GB onboard (tersedia satu slot RAM cadangan) , dan untuk opsi ruang penyimpanan tersedia dengan pilihan SSD atau HDD (tersedia dua slot jadi bisa diupgrade). Ruang penyimpanannya ini juga telah mendukung fitur Active Protection System yang diadopsi dari ThinkPad. Fitur ini bisa melindungi hard disk atau SSD dan meminimalkan kehilangan data saat laptop tidak sengaja terjatuh. Di sektor grafisnya juga tersedia dengan opsi AMD Radeon 625 2GB. Untuk unit yang kami terima hadir dengan konfigurasi Intel Core i5 10210U, RAM 8GB, SSD 256GB dan GPU AMD Radeon 625 2GB. Berikut hasil benchmarknya:

Selama pengujian ThinkBook 14 kami menggunakan laptop ini untuk WFH (Work from home). Dari pengujian kami spesifikasinya tersebut sudah sangat cukup untuk mendukung produktivitas sehari-hari. Kinerjanya sangat gegas, minim lag dan sangat senyap. Mengolah dokumen, melakukan konferensi video, browsing hingga menikmati konten multimedia bisa dilakukan dengan lancar tanpa masalah.

Hadirnya AMD Radeon 625 2GB di laptop ini menurut kami juga sangat opsional. Memang tidak untuk gaming, tapi jika ingin menyunting video yang sederhana kehadiran kartu grafis diskrit tersebut cukup membantu. Mengingat ThinkBook 14 bukanlah laptop gaming, varian yang tanpa kartu grafis diskrit pun pasti bisa diandalkan untuk produktivitas.

Baterai ThinkBook 14

Satu keunggulan dari ThinkBook 14 yang wajib diacungi jempol adalah konsumsi dayanya yang sangat irit. Dari pengujian kami dengan skema penggunaan terus terhubung ke WiFi, mengetik di notepad, sesekali menonton youtube, dengan tingkat gelap terang layar sekitar 50% baterainya ini bisa bertahan hingga sekitar 8 jam. Baterainya ini juga telah didukung dengan fitur isi ulang cepat Rapid Charge yang memungkinkan baterainya bisa terisi hingga 80% hanya dalam waktu satu jam saja.

Kesimpulan

Dengan rancangan bodi yang lebih modern ThinkBook 14 berhasil membawa angin segar di lini laptop kelas bisnis Lenovo. Apalagi, beberapa fitur unggulan ThinkPad juga masih tetap dibawanya seperti misalnya rancangan bodi tangguh dan dukungan fitur keamanan lengkap yang sangat optimal untuk bisnis. Rancangan bodinya yang ringkas dan baterai yang tahan juga menjadikannya sangat cocok untuk para pebisnis yang bermobilitas tinggi.

Strategi yang cukup jitu lainnya dari ThinkBook 14 adalah harga jual. Tersedia dengan beragam konfigurasi spesifikasi dengan performa yang bisa diandalkan untuk produktivitas, harga jual ThinkBook 14 mulai dari 7 jutaan Rupiah saja. Harga jualnya sangat sepadan dengan fiturnya yang lengkap. Ini menjadikan ThinkPad 14 sangat kami rekomendasikan untuk para milenial yang baru merintis bisnis, profesional hingga pekerja di semua tingkatan dalam sebuah perusahaan.

Yang Canggih:
+ Desain modern dan tangguh
+ Performa pas untuk produktivitas
+ Baterai tahan lama
+ Port konektivitas lengkap
+ Harga sepadan dengan fitur yang dibawanya
+ Mendukung isi ulang baterai lewat USB Type-C
+ Baterai mendukung Rapid Charge
+ Dilengkapi ThinkShutter
+ Sensor sidik jari

Yang Kurang:
– Layar standar
– Panel IPS hanya tersedia di model Intel Core i3
– Penempatan port USB 3.1 Gen2 dan USB 3.1 Gen1 Type-C yang sejajar rawan salah colok untuk isi ulang baterai

Lenovo ThinkBook 14 cocok untuk:
– Para millenial yang baru memulai bisnis
– Mahasiswa yang berkerja sambil kuliah
– Para pebisnis modern
– Para pebisnis yang bosan dengan desain Lenovo ThinkPad
– Para pekerja yang mengincar laptop bisnis tangguh, murah dengan fitur lengkap

Lenovo ThinkBook 14 kurang cocok untuk:
– Penggemar berat Lenovo ThinkPad
– Gamer
– Pelajar

Tersedia dengan beragam konfigurasi spesifikasi dengan performa yang bisa diandalkan untuk produktivitas, harga jual ThinkBook 14 mulai dari 7 jutaan Rupiah saja. Harga jualnya ini sangat sepadan dengan fiturnya yang lengkap.
4.3
More Stories
Honor 20 Pro
Honor 20 Pro: Andalkan Kamera 48 Megapixel f/1.4 dan Lensa Tele 3x Optical Zoom