Inilah Perbedaan Antara Samsung DeX dan Link to Windows di Galaxy S20 Series

Samsung menghadirkan Galaxy S20 Series sebagai seri flagship yang menawarkan teknologi terkini tidak hanya untuk urusan hiburan, tetapi juga produktivitas. Pengguna yang mobile dan selalu menggunakan smartphone-nya sebagai perangkat penunjang pekerjaan akan merasakan banyak benefit jika menjadikan Galaxy S20 Series sebagai daily driver.

svg%3E

Seperti diketahui, Galaxy S20 Series bisa menyajikan pengalaman penggunaan layaknya PC/desktop dengan cara yang amat mudah. Ada dua fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna, yaitu Samsung DeX dan Link to Windows. Kedua fitur canggih ini pada dasarnya punya fungsi utama yang kurang lebih sama.

Meski begitu, ada beberapa hal yang membedakan Samsung DeX dengan Link to Windows. Apa saja?

1. Samsung DeX hanya butuh monitor

svg%3E

Samsung DeX merupakan fitur yang secara built-in sudah tersedia di Galaxy S20 Series. Itu artinya, pengguna hanya membutuhkan adapter dan kabel HDMI untuk menghubungkannya ke monitor. Ketika terhubung, pengguna bisa menggunakan Samsung DeX di layar yang lebih besar sekaligus mengubah fungsi Galaxy S20 menjadi touchpad. Sementara Link to Windows membutuhkan PC berbasis Windows.

2. Samsung DeX kompatibel dengan MacOS

Berbeda dengan Link to Windows yang lebih ditujukan untuk pengguna dengan PC berbasis Windows 10, Samsung DeX lebih fleksibel karena kompatibel dengan beragam tipe sistem operasi lain seperti Windows 7, bahkan MacOS versi 10.13 ke atas. Perlu diketahui pula bahwa Link to Windows membutuhkan login ke akun Microsoft, sedangkan Samsung DeX tidak.

3. Link to Windows bisa terhubung secara wireless

svg%3E

Berbeda dengan DeX yang masih membutuhkan kabel untuk dapat terhubung ke PC, Link to Windows dapat terkoneksi dengan Galaxy S20 Series secara wireless. Itu artinya secara penggunaan juga lebih praktis. Pengguna bisa mengirim pesan, melihat foto terbaru, atau mengelola notifikasi tanpa harus mengeluarkan Galaxy S20 dari saku.

4. Samsung DeX wajib install aplikasi di PC

svg%3E

Untuk dapat menggunakan DeX di PC berbasis Windows atau MacOS, pengguna wajib  meng-install aplikasi Samsung DeX di desktop atau laptop mereka. Ketika sudah terpasang, aplikasi ini akan berjalan otomatis saat pengguna menghubungkan Galaxy S20 Series ke PC mereka. Samsung DeX juga bisa ditampilkan dalam mode full screen sehingga pengguna dapat menikmati user interface khas DeX sepenuhnya.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara Samsung DeX dengan Link to Windows. Yang pasti, kedua fitur canggih tersebut bisa memudahkan pengguna Galaxy S20 Series untuk lebih produktif saat bekerja. Untuk Anda pengguna Galaxy S20 Series yang ingin mencoba Samsung DeX, langsung saja klik tautan berikut ini. Sementara bagi yang ingin mencicipi Link to Windows bisa menuju ke sini.