Quantcast
2-in-1 notebookKomputerReview

Review HP Spectre x360 13 (2019)

HP Spectre x360 2019 terbuka samping
4.3
Cek Harga

Laptop premium yang mementingkan desain menawan dan performa kencang. Itulah konsep jajaran laptop HP Spectre x360. Dan hal itu juga ditemukan di laptop HP Spectre x360 13 (2019) terbaru.

Ada beberapa perubahan cukup kentara yang diberikan HP di laptop ini, baik di dalam maupun di luar bodi rampingnya.

Desain HP Spectre x360 13 (2019)

Dari sisi desain, laptop ini tampil ramping dan menawan. Perubahan yang kentara terlihat dari ukurannya. Walaupun masih mengemas layar 13 inci, dimensi HP Spectre x360 13 (2019) ini terlihat lebih ringkas.

Rahasianya terletak pada bezel atau bingkai layar yang lebih tipis dan dipindahkannya speaker yang biasa ada di dekat engsel layar ke bagian bawah laptop.

Dilihat dari sisi estetika, HP Spectre x360 13 (2019) tetap tampil menawan dan terlihat mewah. Warna bodi hitam matte dengan aksen emas di sisi-sisinya seperti berbicara bahwa ini adalah laptop premium dengan desain canggih.

Kelengkapan port yang menempel di bodi tidak terlalu banyak, tapi bisa diperluas dengan adapter yang disertakan. Satu-satunya port USB Type A di sisi kiri harus pas jika ingin dihubungkan ke perangkat USB.

HP Spectre x360 2019 keyboard 2

Posisi touchpad yang berada di tengah membuatnya tidak mudah tersentuh oleh jari saat mengetik. Touhcpad HP Spectre x360 2019 ini juga presisi dan nyaman digunakan. Bicara soal mengetik, keyboard HP Spectre x360 2019 ini amat nyaman. Respons tombolnya tidak terlalu lembek, tapi tidak terlalu keras, dengan tingkat kedalaman tiap tombol yang cukup.

Kualitas tampilan layarnya amat baik, dengan reproduksi warna yang matang dan tingkat kecerahan yang tinggi pada setting maksimal. Respons terhadap sentuhan juga amat baik. Seperti pendahulunya, HP juga menyertakan pena stylus aktif agar pengguna bisa mencorat-coret dokumen langsung di layar. Bingkai layarnya juga sedikit lebih tipis, menjadikannya sebagai laptop convertible 13 inci paling ringkas saat ini.

HP Spectre x360 2019

Ada satu fitur keamanan penting yang relevan untuk pengguna modern yang semakin sering melakukan conference call. Terdapat switch untuk menutup kamera webcam secara fisik. Ini akan berguna jika ada hacker yang meretas laptop dan ingin mengaktifkan webcam dari jarak jauh untuk mengintai Anda. Dengan switch ini, lensa webcam akan tertutup dan tidak bisa dibuka melalui software. Jadi laptop ini sangat aman bagi Anda yang membutuhkan privasi ekstra.

Performa HP Spectre x360 (2019)

Meneruskan tradisi generasi sebelumnya, HP Spectre x360 (2019) tetap memperhatikan performa. Paduan prosesor Intel Core i7-1065G7, RAM 16GB, GPU Intel Iris Plus, serta SSD NVMe 512GB, memberikan performa yang mumpuni untuk hampir semua tugas.

Menyunting foto dan video dapat dituntaskan dengan nyaman, selama kebutuhannya masih tidak terlalu berat. Anda juga bisa menggunakannya untuk bermain game, walaupun terbatas pada setting rendah dan game yang tidak menuntut kinerja GPU berlebihan.

Saat menjalankan aplikasi yang berat, dua kipas yang terletak di bawah bodi akan juga bekerja keras dan mengeluarkan suara yang agak bising. Bagian atas keyboard (di atas angka) juga akan menghangat, tapi di sisi tengah dan bawah akan tetap dingin.

Keluaran suara dari speaker internalnya cukup baik, tapi ada kalanya kurang lantang akibat posisi speaker yang ditempatkan di bagian bawah bodi laptop.

Ketahanan baterai juga menjadi andalan laptop convertible ini. Kami dapat menggunakannya hingga sekitar 8 jam untuk pola pemakaian yang cukup intensif, mulai dari menonton video, browsing, mengetik naskah, dan mendengarkan musik, sambil terhubung ke koneksi Wi-Fi tanpa putus.

Laptop convertible premium terbaik saat ini

HP Spectre x360 2019 light

HP Spectre x360 (2019) merupakan bukti bahwa selalu ada ruang untuk perbaikan. Dimensi yang lebih ringkas menjadi highlight di sini, ditambah dengan peningkatan di sektor performa dan ketahanan baterai. Dengan beberapa penyempurnaan tersebut, HP berhasil menyajikan sebuah laptop convertible yang mewah, tipis, tapi tetap fungsional.

Memang ada beberapa kompromi yang harus dilakukan untuk menghasilkan desain setipis ini. Yang paling kentara adalah penempatan speaker di bawah bodi dan minimnya port koneksi di bodi laptop. Namun bagi yang tidak bermasalah dengan dua hal tersebut, HP Spectre x360 (2019) amat layak dipertimbangkan untuk dimiliki.

Kelebihan HP Spectre x360 (2019)

  • Desain tipis dan mewah, sesuai dengan harganya
  • Ukuran lebih ringkas dibandingkan kebanyakan laptop dengan layar 13 inci
  • Kinerja cepat untuk kelasnya
  • Kapasitas RAM & SSD besar
  • Kualitas tampilan amat baik
  • Pena stylus aktif yang responsif dan sensitif
  • Keyboard amat nyaman untuk mengetik lama
  • Touchpad responsif

 

Kekurangan HP Spectre x360 (2019)

  • Bagian bawah cukup panas saat bekerja berat
  • Suara kipas cukup keras pada kecepatan penuh
  • Keluaran suara dari speaker internal kadang kurang jelas
  • Harus memakai adapter untuk koneksi ke beragam perangkat

HP Spectre x360 (2019) ideal untuk:

  • Pengguna yang mementingkan desain keren dan tidak pasaran
  • Pengguna yang butuh laptop tipis dengan performa handal untuk membuka dokumen ukuran besar
  • Pengguna yang butuh laptop premium dengan keyboard nyaman
  • Pebisnis yang butuh laptop dengan kapasitas penyimpanan besar sekaligus kencang
  • Pengguna yang butuh keyboard nyaman untuk berlama-lama mengetik

HP Spectre x360 (2019) kurang ideal untuk:

  • Pengguna yang menyukai laptop dengan speaker internal lantang
  • Pelajar atau mahasiswa/i dengan dana pas-pasan
  • Pekerja kantoran yang baru masuk bekerja
  • Pengguna yang malas membawa adapter untuk menghubungkan beragam perangkat dengan koneksi USB

 

Berikut spesifikasi lengkap HP Spectre x360-aw0002tu (2019)

[ninja_tables id=”213739″]
HP Spectre x360 2019 terbuka samping
Laptop Premium Terbaik
HP Spectre x360 (2019) merupakan bukti bahwa selalu ada ruang untuk perbaikan. Dimensi yang lebih ringkas menjadi highlight di sini, ditambah dengan peningkatan di sektor performa dan ketahanan baterai. Dengan beberapa penyempurnaan tersebut, HP berhasil menyajikan sebuah laptop convertible yang mewah, tipis, tapi tetap fungsional.
4.3
Cek Harga
Back to top button