DJI Matrice 300 RTK dan Kamera Zenmuse H20: Platform Drone Paling Canggih DJI untuk Segmen Komersial

Drone kelas komersial dari DJI kehadiran saudara baru dengan diumumkannya Matrice 300 RTK dan kamera Zenmuse H20. Drone ini membawa sederetan teknologi baru yang menjadikannya semakin canggih dan mudah diterbangkan. Sementara, kamera Zenmuse H20 khusus dihadirkan untuk melengkapi drone kelas komersial terbaru dari DJI.

svg%3E

Desain Matrice 300 RTK

Di sektor desain Matrice 300 RTK hadir dengan desain baru yang lebih unik. Keunikannya ini bisa terlihat dari penempatan baling-baling yang kini berada di bawah. Berbeda seperti Matrice 210 yang posisi baling-balingnya di atas. Menurut DJI, dengan desain tersebut memungkinkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dari Matrice 300 RTK untuk mendapat cakupan area pandang yang lebih luas dan tanpa gangguan.

svg%3E

Sebagai tambahan rancangan Matrice 300 RTK juga telah memenuhi standar IP45 yang tahan di beragam kondisi cuaca. Drone ini masih bisa terbang dari temperatur -20 hingga 50 derajat celcius.

Untuk kameranya, DJI Matrice 300 RTK kompatibel dengan sistem kamera DJI Zenmuse, termasuk yang terbaru DJI Zenmuse H20. Jika dipasangkan dengan kamera DJI Zenmuse H20 keduanya akan menjadi platform drone paling canggih dari DJI untuk segmen komersial.

Fitur DJI Matrice 300 RTK

Agar semakin aman dan mudah diterbangkan DJI Matrice 300 RTK membawa sistem deteksi dan posisi enam arah yang mampu mendeteksi objek hingga jarak sekitar 40 meter di posisi horisontal. Drone ini juga telah dilengkai dengan Anti-Collision Beacon agar tetap terlihat di kondisi gelap, dan didukung teknologi AirSense (ADS-B) yang bisa memberikan peringatan otomatis jika mendeteksi ada drone atau pesawat yang berada di area sekitar.

svg%3E

Teknologi OcuSync Enterprise dari DJI juga turut ditingkatkan. Didukung dengan transmisi tiga kanal yang berjalan di frekuensi 2.4GHz dan 5.8GHz, remot kendali Matrice 300 RTK bisa mentransmisikan streaming video hingga jarak 15 Km di resolusi Full HD ke smartphone. Lewat fitur Primary Flight Display, pilot drone juga bisa langsung mendapatkan informasi terbang secara real time di layar smartphone. Data terbang yang terekam antara drone dan remot kendali ini juga telah mendapat dukungan fitur enkripsi AES-256.

Satu fitur paling menarik dari DJI Matrice 300 RTK adalah hadirnya mode terbang Dual Operator. Mode terbang ini memungkinkan Matrice 300 RTK dikendalikan oleh dua pilot dengan remot kendali berbeda di waktu bersamaan.

Fitur ini akan sangat membantu terutama saat baterai remot kendali akan habis karena pilot drone kedua bisa langsung mengambil alih kendali drone. Selain itu, fitur ini juga akan sangat membantu untuk melatih pilot drone baru, dengan demikian pengajar bisa mengambil alih kendali drone jika memang diperlukan.

Baterai DJI Matrice 300 RTK

Untuk baterainya DJI Matrice 300 RTK membawa baterai yang menawarkan waktu terbang hingga 55 menit untuk sekali isi ulang. Baterainya tersebut juga telah dilengkapi dengan fitur self heating. Fitur ini secara otomatis akan menghangatkan temperatur baterai saat drone terbang di kondisi suhu ekstrim.

DJI Zenmuse H20

Bersamaan dengan diumumkannya DJI Matrice 300 RTK, DJI juga menghadirkan kamera DJI Zenmuse H20 yang membawa sederetan teknologi baru. Ada dua varian yang tersedia yaitu Zenmuse H20 dan H20T.

svg%3E

DJI Zenmuse H20 adalah sistem kamera drone yang terdiri dari tiga sistem kamera. Di antaranya kamera 20 megapixel dengan lenas 23x Hibrid Zoom Optikal, kamera 12 megapixel dengan lensa wide, dan kamera Laser Range Finder yang bisa menjangkau jarak dari 3 hingga 1200 meter. Sementara, Zenmuse H20T membawa satu tambahan kamera Radiometric Thermal dengan sensor sensitivitas tinggi yang memungkinkan pilot drone untuk mendeteksi obyek di kondisi yang sangat gelap.

svg%3E

Saat terpasang ke drone DJI Matrice 300 RTK, Zenmuse H20 bisa memungkinan drone Matrice 300 RTK untuk mendeteksi dari jarak jauh, mendukung fitur PinPoint untuk berbagi lokasi subyek ke pilot kedua secara presisi dan mendukung fitur Smart Track untuk melacak keberadaan objek yang bergerak dari jarak yang sangat jauh.

DJI juga memperbarui aplikasi Pilot untuk memudahkan pengguna berpindah kamera. Aplikasi tersebut juga menawarkan beragam mode pengambilan gambar seperti One-Click Capture untuk mengambil foto dan video dari ketiga kamera secara bersamaan, dan mode terbang malam untuk mendukung pengambilan gambar di malam hari.

Harga dan ketersediaan

DJI belum membocorkan lebih lanjut berapa harga jual Matrice M300 RTK dan Zenmuse H20. Kendati demikian, keduanya dipastikan akan tersedia di pasaran mulai kuartal kedua tahun 2020 ini.

Verified by MonsterInsights