Qualcomm Snapdragon 768G: Janjikan Performa Gaming Lebih Kencang dan Dukungan 5G

Qualcomm memperkenalkan chipset terbarunya yang ditujukan untuk smartphone kelas atas, yakni Snapdragon 768G. Sama seperti beberapa chipset anyar Qualcomm yang dirilis belakangan ini, Snapdragon 768G juga sudah didukung koneksi 5G. Seperti apa kecanggihannya?

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 768G

svg%3E

 

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Qualcomm menjelaskan bahwa Snapdragon 768G mendukung jaringan 5G global dengan Snapdragon X52 5G Modem-RF System. Pada dasarnya, ini adalah modem yang sama dengan yang ditanamkan pada Snapdragon 765 dan mampu memberikan kecepatan downlink hingga 3.7 Gbps dan uplink hingga 1.6 Gbps.

“Kami berada di posisi unik untuk mempercepat komersialisasi 5G dalam skala besar, dan Snapdragon 768G merupakan salah satu contoh bagaimana kami terus berupaya memberikan solusi yang dapat menjawab kebutuhan dari para Original Equipment Manufacturer (OEM) konsumen kami,” kata Kedar Kondap, Vice President, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc.

svg%3E

Ya, Snapdragon 768G bisa dibilang sebagai penerus atau versi upgrade dari Snapdragon 765. Perbedaan utamanya ada pada performa yang dijanjikan lebih kencang, khususnya untuk urusan gaming. Qualcomm masih menggunakan CPU Kryo 475 Prime tapi dengan kecepatan yang di-overclocked yakni 2.8 GHz. Sementara untuk 1-core Kryo 485 Gold dan 6-core Kryo 475 Silver kecepatannya masih sama.

Peningkatan kecepatan juga ada pada GPU Adreno 620. Jika sebelumnya di Snapdragon 765 GPU ini berjalan di 625 MHz, pada Snapdragon 768G di-boost menjadi 750 MHz. Qualcomm mengklaim, chipset terbarunya itu dapat menyajikan kemampuan render grafis 15 persen elbih tinggi dan mendukung layar 120 Hz.

Selebihnya, Qualcomm Snapdragon 768G masih mengandalkan teknologi yang mirip dengan pendahulunya itu. Sebut saja Quick Charge 4+ untuk pengisian daya super cepat. Namun yang menarik, chipset anyar ini telah didukung Bluetooth 5.2. Ia juga mendukung on-device AI yang canggih dan fitur-fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming tertentu.

Jadwal rilis Snapdragon 768G

Qualcomm memang tidak menyebutkan jadwal yang pasti kapan deretan smartphone berbasis Snapdragon 768G akan tersedia di pasaran. Tapi yang jelas, Redmi K30 5G Racing Edition akan menjadi perangkat pertama dengan chipset tersebut. Sayangnya kecil kemungkinan smartphone garapan Xiaomi ini bakal dirilis di Indonesia.

Verified by MonsterInsights