MediaTek Helio G85: Chipset Gaming Kelas Menengah dengan Dukungan Teknologi HyperEngine

MediaTek secara resmi memperkenalkan chipset terbarunya untuk kelas menengah yang diberi nama Helio G85. Menurut MediaTek, ini adalah chipset gaming dari lini Gaming G Series yang tentunya menjanjikan kinerja tinggi untuk menjalankan game-game masa kini di perangkat mobile.

Spesifikasi MediaTek Helio G85

svg%3E

Bicara soal spesifikasi, chipset MediaTek Helio G85 mengusung CPU octa-core dengan 2-core Cortex-A75 berkecepatan 2 GHz dan 6-core Cortex-A55 berkecepatan 1.8 GHz. Untuk urusan grafis, chipset ini mengandalkan GPU Mali-G52 dengan kecepatan maksimal 1 GHz.

Yang lebih menarik, untuk lebih memberikan performa gaming yang memuaskan, MediaTek juga menanamkan teknologi HyperEngine yang bertugas mengoptimalkan kinerja hardware ketika menjalankan game berat. Teknologi ini mampu melakukan pengelolaan dinamis yang cerdas dari CPU, GPU dan memori. Bukan cuma itu, HyperEngine akan mengoptimalkan koneksi internet sehingga bermain game online lebih lancar.

“Helio G85 memberikan kombinasi kinerja tinggi, konsumsi daya minimal dan rangkaian peningkatan gaming lainnya sehingga pengguna bisa menikmati permainan cepat dan lancar,” kata Dr. Yenchi Lee, Assistant General Manager, Wireless Business Unit, MediaTek.

Beralih ke kemampuan fotografi, Helio G85 memungkinkan smartphone untuk menghadirkan kamera dengan sensor hingga 48 MP, serta penggunaan lensa lainnya seperti wide angle, telescopic, dan makro. Chipset ini juga mampu melakukan perekaman ultra-cepat hingga 240fps.

Selain itu, Helio G85 dapat meningkatkan kinerja tugas-tugas kamera AI seperti pengenalan obyek (Google Lens), album foto cerdas, deteksi pemandangan dan segmentasi dengan penghilangan latar belakang, dan juga peningkatan pemotretan bokeh. Ada juga teknologi VoW (Voice Wakeup) yang mengoptimalkan kinerja dan meminimalisir konsumsi daya pada layanan voice assistant.

svg%3E

Dari segi konektivitas, MediaTek membenamkan WiFi 802.11ac serta Bluetooth 5.0. Chipset ini pun menjanjikan akurasi pendeteksi lokasi yang lebih baik, bahkan ketika pengguna berada di bawah tanah, berkendara di terowongan, atau di tempat lainnya ketika layanan GNSS tidak tersedia.

Hadir lewat Redmi Note 9

Seperti diketahui, smartphone terbaru dari Xiaomi, Redmi Note 9, akan menjadi salah satu perangkat pertama yang mengadopsi Helio G85. Meski begitu, belum ada informasi kapan Redmi Note 9 akan dirilis di Indonesia. Tentunya di masa depan akan ada lebih banyak produk kelas menengah lainnya yan menggunakan chipset MediaTek Helio G85.