[Tips] Cara Mudah Menggunakan Kamera Canon Sebagai Webcam untuk Video Konferensi

Untuk konferensi video atau siaran langsung kamera mirrorless dan DSLR saat ini memang telah bisa difungsikan sebagai webcam. Kualitas gambar yang ditawarkan pun lebih baik, di atas rata-rata webcam pada umumnya.

svg%3E

Nah, jika Anda pengguna kamera dari pabrikan Canon berikut kami bagikan cara yang sangat mudah untuk mengubah kamera Canon Anda menjadi webcam.

1. Unduh aplikasi EOS Webcam Utility Beta Software

Aplikasi terbaru yang dikembangkan Canon ini bisa didapatkan di tautan berikut.

Kabar baiknya, kamera Canon yang bisa dijadikan webcam tidak hanya kamera DSLR dan mirrorless saja tapi juga kamera saku. Daftar kamera yang kompatibel:
svg%3E

2. Install EOS Webcam Utility Beta Software ke PC atau laptop

Setelah unduh aplikasi EOS Webcam Utility kemudian install aplikasi tersebut ke PC atau laptop Anda. Setelah proses Install selesai restart PC atau laptop.
svg%3E

3. Siapkan kamera Canon

Langkah selanjutnya siapkan kamera Canon Anda. Pasang kamera ke tripod, nyalakan kamera dan pilih mode Movie. Setelah itu atur pengaturan exposure menyesuaikan kondisi pencahayaan ruangan.
svg%3E

4. Sambungkan kamera ke PC atau laptop

Sambungkan kamera Canon Anda ke PC atau laptop lewat kabel USB.
svg%3E

5. Jalankan aplikasi konferensi video di PC atau laptop

Di PC atau laptop buka aplikasi konferensi video Anda. Kemudian, di aplikasi tersebut pilih menu setting/pengaturan. Di opsi kamera/webcam pilih EOS Webcam Utility Beta.
svg%3E

Sangat mudah sekali bukan? Selamat Mencoba!!!!!

Catatan: EOS Webcam Utility Beta Software saat ini baru tersedia untuk sistem operasi Windows. Kedepannya Canon juga rencananya akan mengahadirkan aplikasi ini untuk MacOS.