Qualcomm Umumkan Teknologi Quick Charge 3+: Bisa Isi Ulang Baterai 50% dalam Waktu 15 Menit

Teknologi isi ulang baterai cepat dari Qualcomm, Quick Charge, mendapat pembaruan dengan diumumkannya Quick Charge 3+. Kehadiran teknologi ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk isi ulang cepat atau quick charge ke perangkat smartphone yang lebih murah.

svg%3E

Fitur Quick Charge 3+

Menurut Qualcomm, Quick Charge 3+ menawarkan kecepatan isi ulang baterai yang setara dengan teknologi Quick Charge 4+. Bedanya, Quick Charge 3+ mendukung kabel USB Type-A hingga Type-C. Ini artinya teknologi Quick Charge 3+ nantinya bisa juga dinikmati ke perangkat smartphone dengan USB Type-A yang umum dijual dengan harga lebih murah.

svg%3E

Qualcomm Quick Charge 3+ bisa isi ulang baterai smartphone dari 0 hingga 50% hanya dalam waktu 15 menit saja. Lebih cepat 35% jika dibandingkan teknologi sebelumnya. Teknologi Quick Charge 3+ juga lebih dingin hingga sekitar 9 derajat. Jadi, efek panas yang biasa muncul saat pengisian baterai cepat bisa berkurang.

Istimewanya lagi, charger baru dengan teknologi Quick Charge 3+ nantinya tetap bisa digunakan untuk mengisi daya ke smartphone yang hadir dengan teknologi Quick Charge 3 atau sebelumnya. Hanya saja pengisian dayanya akan berlangsung lebih lambat dari kecepatan sesungguhnya yang ditawarkan teknologi Quick Charge 3+.

Perangkat dengan Qualcomm Quick Charge 3+

Qualcomm Quick Charge 3+ akan hadir di smartphone yang mendukung chipset Qualcomm Snapdragon 765 dan 765G yang baru diperkenalkan Qualcomm akhir tahun 2019 lalu. Smartphone pertama yang didukung Quick Charge 3+ sekaligus Quick Charge 4+ adalah Xiaomi Mi 10 Lite Zoom yang hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 765G.