DJI Mavic Air 2: Drone Lipat DJI Paling Canggih dan Pintar, Baterai Tahan 34 Menit

Di awal tahun 2018 DJI untuk pertama kalinya mengumumkan drone Mavic Air. Drone dengan model lipat ini terbukti laris di pasaran global berkat wujudnya yang lebih ringkas dari Mavic Pro dengan kemampuan foto dan video yang tetap jempolan. Nah, melanjutkan sukses Mavic Air kini DJI menghadirkan penerusnya yakni Mavic Air 2 yang membawa sederetan fitur dan teknologi lebih canggih dan pintar.

svg%3E

Desain DJI Mavic Air 2

Dari tampilan Mavic Air 2 terlihat cukup berbeda dengan dengan Mavic Air. Garis desainnya mengabungkan desain Mavic Air dan Mavic Pro dengan konsep lipat yang masih dipertahankan. Jadi, tetap hemat tempat dan mudah masuk ke dalam tas.

svg%3E

Bedanya, Mavic Air 2 hadir dengan dimensi bodi yang lebih bongsor. Secara keseluruhan bodinya sedikit lebih panjang dan lebar dari Mavic Air. Bobotnya juga lebih berat yakni sekitar 570 gram.

Kamera DJI Mavic Air 2

Membawa fitur dan teknologi yang lebih baru, Mavic Air 2 berhasil menjadi drone lipat DJI paling canggih dan pintar saat ini.

Pertama, di departemen kameranya. Kamera Mavic Air 2 kini datang dengan sensor CMOS 1/2 inci yang resolusinya 48 megapixel. Untuk memotret, kameranya bisa menghasilkan foto dengan output resolusi penuh 48 megapixel atau 12 megapixel dengan metode pixel binding yang umum digunakan pada kamera smartphone saat ini.

svg%3E

Sebagai catatan, ukuran dan resolusi sensor kamera Mavic Air 2 lebih besar dari Mavic Air yang hanya 1/2.3 inci dengan resolusi 12 megapixel. Bahkan, resolusi sensornya ini menyalip Mavic 2 Pro yang hadir dengan sensor 20 megapixel dan Mavic 2 Zoom yang sensornya 12 megapixel.

Untuk mempermudah pengambilan foto, kamera Mavic Air 2 kini juga didukung fitur SmartPhoto. Fitur ini menyediakan 3 mode pengambilan foto yakni HDR, Hyperlight untuk memotret di kondisi temaram, dan Scene Recognition dengan opsi sunset, blue sky, snow, grass dan tree.

svg%3E

Kemampuan rekam videonya juga berbeda. Mavic Air 2 bisa merekam video 4K 60p dengan bitrate 120Mbps, meningkat dari Mavic Air yang hanya 4K 30p. Untuk pengambilan gambar yang lebih dramatis, kameranya kini bisa merekam gerakan lambat hingga 240fps di resolusi Full HD. Selain itu, Mavic Air 2 juga mendukung perekaman video HDR dan video Hyperlapse dengan output 8K video. Untuk menstabilkan pengambilan gambar, seperti drone Mavic yang lain kameranya juga tetap terpasang di gimbal 3-axis.

Fitur DJI Mavic Air 2

Berlanjut ke kemampuan terbangnya, DJI mengklaim Mavic Air 2 bisa diterbangkan dengan lebih mudah dan aman, bahkan untuk para pengguna drone yang belum pernah menerbangkan drone sebelumnya.

DJI Mavic Air 2 membawa banyak sensor di bodinya. Di bagian bawah bodi juga hadir serangkaian sensor dan lampu yang akan membantu dan mempermudah drone untuk mendarat otomatis, sekalipun di kondisi cahaya yang sangat minim.

svg%3E

Sensor-sensor yang ada di Mavic Air 2 ini mendapat dukungan teknologi APAS 3.0 yang kini lebih pintar dan canggih. Berkat teknologi ini sensor-sensor tersebut akan bertugas memetakan dan mengenali kondisi lingkungan sekitar, serta mampu menghindari rintangan otomatis. Jadi, drone dipastikan bisa terbang otomatis dengan mulus. Tidak ketinggalan, DJI turut menambahkan teknologi AirSense yang secara otomatis akan menginfokan pilot jika di area saat drone terbang ada pesawat atau helikopter.

Untuk semakin mempermudah, di Mavic Air juga tersedia fitur FocusTrack yang menawarkan 3 mode pelacakan subyek yakni Spotlight 2.0, ActiveTrack 3.0 dan Point of Interest 3.0. Untuk mode terbang tersedia 4 mode yakni Free Movement, Circle, CourseLock dan Waypoints.

Baterai Mavic Air 2

Baterai juga mendapatkan pembaruan. Mavic Air 2 membawa baterai 3500 mAh. Untuk sekali isi ulang, baterai Mavic Air 2 kini menawarkan waktu terbang hingga sekitar 34 menit. Paling lama diantara jajaran drone Mavic Series.

Remot Mavic Air 2

Terakhir di sektor remotnya. Mavic Air 2 hadir dengan remot kendali baru. Remot Mavic Air 2 kini bisa memungkinkan pilot untuk memasang smartphone di atas remot. Bukan di bawah seperti remot Mavic lainnya. Dengan demikian akan lebih ideal untuk smartphone dengan ukuran layar besar. Remot Mavic Air 2 juga telah mendukung teknologi transmisi video OcuSync 2.0 yang bisa menampilkan video di resolusi HD ke smartphone hingga jarak 10 Km.

Harga dan ketersediaan Mavic Air 2

DJI Mavic Air 2 akan tersedia di pasaran global bulan Mei 2020. Untuk harga jualnya Mavic Air 2 dijual dengan harga mulai dari US$799.

Verified by MonsterInsights