Quantcast
Aksesoris GadgetMobile GadgetNews

Inilah Deretan Wireless Earphone Terbaik untuk Main Game di Smartphone

Earphone nirkable atau wireless belakangan menjadi produk yang cukup diminati oleh para pengguna perangkat mobile seperti smartphone. Kemudahan pemakaian dan desainnya yang praktis tanpa kabel merupakan sedikit alasan untuk memilih wireless earphone dibanding headset kabel pada umumnya.

Namun sayangnya, tidak semua earphone nirkabel ideal untuk menunjang kegiatan seperti bermain game. Kendala yang sering dialami adalah terjadinya delay audio sehingga gambar dan suara memiliki jeda sepersekian detik. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan earphone nirkabel dengan latency yang rendah.

Nah, untuk Anda yang mencari wireless earphone ringkas tapi memadai untuk dipakai bermain game di smartphone, berikut kami sajikan beberapa produk yang terbaik versi Yangcanggih.com:

1. OPPO Enco W31

OPPO Enco W31

OPPO Enco W31 dibekali driver 7mm yang diklaim mampu menghadirkan dynamic bass. Tampil elegan dengan desain yang minimalis tapi tetap terlihat modern, TWS ini memiliki bodi dengan rating IP54 yang artinya tahan terhadap percikan air maupun keringat.

Yang paling menarik, OPPO mengklaim Enco W31 punya latency rendah yakni hanya 94ms untuk kedua earbuds-nya, atau 47ms untuk pemakaian satu earbud saja. Dengan latency yang rendah, tentunya perangkat ini cocok untuk menemani aktivitas seperti menonton film atau bermain games.

Bicara soal baterai, dengan kapasitas 25 mAh OPPO Enco W31 dijanjikan mampu menyala selama 3,5 jam jika digunakan untuk mendengarkan musik secara non-stop. Bila digabungkan dengan baterai pada casing-nya, daya tahan totalnya mencapai 15 jam. Enco W31 juga mendukung fast charging yang memungkinkan penggunaan selama 1 jam hanya dengan mengisi daya selama 10 menit.

Bagi yang berminat, OPPO Enco W31 sudah bisa dipesan melalui Blibli, Akulaku, Lazada, dan beberapa situs e-commerce lainnya dengan harga Rp999.000.

2. realme Buds Air

realme Buds Air 3

Selanjutnya ada realme Buds Air, TWS seharga Rp899.000 yang didukung gaming mode. Menurut realme, ketika digunakan untuk bermain game, earphone ini menjanjikan latency 50 persen lebih rendah berkat teknologi R1 chip. Jika biasa sound lag pada TWS pada umumnya berada di kisaran 204 ms, realme Buds Air hanya 120 ms saja. Dengan begitu, delay suara pun lebih minim.

Tampil dengan desain ala AirPods, realme Buds Air dipersenjatai driver 12mm yang menjanjikan dynamic bass serta kualitas audio mantap untuk memenuhi kebutuhan para penggemar musik. Earphone dengan touch control ini sudah mengusung koneksi Bluetooth 5.0 lengkap dengan dukungan AAC audio codec.

realme Buds Air juga dibekali dual-microphone dan noise cancellation untuk kualitas panggilan suara yang lebih jernih. Dari sektor baterai, realme menjanjikan produk terbarunya itu memiliki daya tahan hingga 17 jam (termasuk casing-nya). Asyiknya lagi, ada pula teknologi 10W Qi wireless charging sebagai opsi pengisian daya selain lewat USB Type-C.

3. Razer Hammerhead True Wireless Earbuds

Razer Hammerhead True Wireless Earbuds 2

Satu produk lainnya yang tidak kalah menggiurkan untuk menunjang kebutuhan gaming Anda datang dari Razer, brand yang memang dikenal punya sederet peripheral gaming kelas atas. Disebut Razer Hammerhead True Wireless, perangkat ini dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth 5.0 yang telah dikustomisasi.

Razer mengklaim Hammerhead True Wireless Earbuds memiliki latency yang sangat rendah, yakni hanya 60 ms saja, dan bahkan diklaim ideal untuk mendukung kebutuhan gaming di level yang kompetitif. Bukan cuma itu, menonton film dan mendengarkan musik pun terasa lebih maksimal.

Untuk menemani aktivitas Anda, Razer Hammerhead True Wireless Earbuds menjanjikan waktu guna hingga sekitar 3 jam. Meski begitu, casing-nya bisa digunakan untuk isi ulang baterainya hingga sekitar 4x. Di Indonesia, Razer Hammerhead True Wireless Earbuds dijual dengan harga sekitar 1,8 jutaan rupiah.

Back to top button