[Tips] 5 Cara Untuk Menonton YouTube di TV

Di tengah pandemi COVID-19, pemerintah mengajurkan masyarakat untuk tetap #Dirumahaja dan tidak melakukan kegiatan yang membuka potensi terjadinya penularan virus. Seiring berjalannya waktu, wajar jika banyak orang yang mulai merasa jenuh. Salah satu cara untuk mengusir rasa bosan di rumah adalah dengan menonton jutaan konten yang tersedia di YouTube.

Source: Business Insider

Nah, untuk menambah keasyikan YouTube bersama keluarga, Anda bisa menonton di layar yang lebih besar seperti TV. Masalahnya, tidak semua orang memiliki Smart TV. Bagaimana jika kita hanya memiliki LED TV biasa? Jangan khawatir, ada beberapa cara alternatif yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Yuk, langsung saja simak:

1. Chromecast

Sebagian dari Anda mungkin sudah pernah mendengar produk bernama Chromecast. Saat ini perangkat garapan Google itu sudah masuk ke generasi ketiga, yang menjanjikan koneksi lebih baik. Bahkan, selain bisa menjadi penghubung untuk menyaksikan konten YouTube di TV, Chromecast juga kompatibel dengan beberapa aplikasi streaming lainnya seperti Netflix.

Tapi harus diakui bahwa harga Chromecast generasi terbaru masih lumayan mahal, sekitar 800 ribuan rupiah. Jika Anda mencari opsi yang lebih terjangkau, Anda bisa membeli dongle miracast murah yang bisa Anda temui di toko-toko online. Fungsinya sedikit berbeda karena dongle miracast ini akan melakukan mirroring layar ponsel ke TV.

2. Konverter dan kabel HDMI

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan konverter seperti microUSB to HDMI (MHL) atau USB-C to HDMI. Pastinya Anda juga membutuhkan satu kabel HDMI. Selain itu, ada pula kabel dengan dua interface berbeda yang artinya Anda tidak perlu membeli konverter lagi. Tapi harus digarisbawahi, tidak semua smartphone mendukung koneksi seperti ini.

3. Laptop ke TV

Anda punya laptop yang memiliki port HDMI? Kalau iya, Anda bisa memanfaatkannya untuk menonton YouTube di TV bersama keluarga. Bisa dibilang, ini adalah cara yang paling mudah dan murah karena yang Anda butuhkan hanya kabel HDMI saja. Ketika terhubung lewat port HDMI, TV Anda akan berfungsi sebagai monitor eksternal.

4. Android TV Box

Ingin TV di rumah Anda memiliki fungsi yang serupa dengan Smart TV berbasis Android? Anda bisa membeli perangkat bernama Android TV Box yang banyak dijual di toko online. Pilihannya beragam, dari yang murah hingga yang mahal dengan fitur lebih canggih seperti dukungan resolusi 4K.

Intinya, Android TV Box memungkinkan Anda menikmati sederet aplikasi Android dengan TV sebagai layarnya. Bukan cuma YouTube, Anda juga bisa meng-install game-game seru untuk bisa dimainkan bersama keluarga.

5. Beralih ke Smart TV

Samsung 43NU7100 4K Smart TV

Tidak ada salahnya untuk mengganti TV lama Anda dengan Smart TV jika budget mencukupi. Pasalnya, harga Smart TV saat ini tidak semahal beberapa tahun lalu. Dengan dana sekitar 2-3 jutaan rupiah saja Anda sudah bisa memiliki Smart TV berbasis Android dari brand-brand asal China yang secara kualitas sudah cukup baik.

Bagaimana? Mudah, ‘kan? Semoga artikel kali ini bermanfaat dan Anda bisa lebih terhibur dengan menikmati jutaan konten di YouTube bersama keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel lain