[Tips] Menghindari Mata Lelah Saat Bekerja dan Belajar di PC Berbasis Windows 10

Kegiatan belajar dan bekerja dari rumah seperti kondisi saat ini menuntut para pekerja dan pelajar untuk terus menatap layar laptop atau PC dalam jangka waktu yang lama. Secara umum dampaknya mata bisa terasa tidak nyaman akibat mata terlalu tegang atau lelah.

Nah, jika laptop atau PC Anda sudah menjalankan sistem operasi Windows 10, berikut tips mudah untuk menghindari efek mata lelah saat bekerja atau belajar di rumah.

1. Aktifkan Windows Dark Mode

svg%3E
Tidak hanya di sistem operasi Android dan iOS, antarmuka serba hitam atau Dark Mode kini juga tersedia di sistem operasi Windows 10.

Untuk mengaktifkan Dark Mode, Anda bisa ke Windows Settings, pilih Personalization, lalu Pilih Color. Kemudian di opsi Choose your Color pilih Dark.

Secara otomatis antarmuka sistem operasi Windows 10 akan berubah menjadi serba hitam yang lebih nyaman di mata. Beberapa aplikasi bawaan Windows 10 seperti Mail, Calculator, Microsoft Store, File Explorer juga secara otomatis antarmukanya akan berubah hitam. Sementara aplikasi lain yang telah mendukung Dark Mode seperti misalnya peramban Google Chrome juga akan langsung otomatis menjadi hitam.

2. Aktifkan mode Night Light

svg%3E
Setelah antarmuka Dark Mode aktif, langkah kedua adalah mengaktifkan mode Night Light. Mode Night Light memungkinkan sistem operasi Windows 10 mengaktifkan filter untuk mengurangi pancaran sinar cahaya biru dari layar laptop agar mata bisa terhindar dari efek mata lelah.

svg%3E

Untuk mengaktifkan Night Light, Anda bisa klik tombol pintas Action Center Windows 10 di pojok kanan bawah layar. Kemudian klik ikon Night Light agar aktif. Setelah Night Light aktif secara otomatis layar laptop akan berubah menjadi agak kekuningan.

Jika merasa layar laptop terlalu kuning, pengaturan manual bisa dilakukan dengan cara ke Setting, pilih System, pilih Display, dan klik Night Light Settings. Kemudian geser opsi Strength sesuai selera. Selain itu, Anda juga bisa mengatur jadwal kapan fitur Night Light aktif dan non aktif secara otomatis.

3. Turunkan persentase tingkat kecerahan layar

Langkah terakhir adalah menurunkan tingkat kecerahan layar. Semakin terang layar laptop atau monitor mata pasti akan terasa cepat lelah. Pengaturan tingkat kecerahan layar ini juga bisa disesuaikan dengan kondisi pencahayaan ruangan Anda. Jika pencahayaan ruangan Anda cukup tingkat kecarahan sekitar 30% hingga 50% sudah nyaman di mata.

svg%3E

Pengaturan tingkat kecerahan layar bisa menekan tombol pengaturan yang ada di keyboard laptop atau PC Anda. Bisa juga lewat Action Center dengan menekan tombol pintas di pojok kanan bawah layar. Pengaturan manual bisa dengan cara ke Setting, pilih Display, kemudian geser pengaturan tingkat kecerahan atau Brightness yang tersedia sesuai selera.

Selamat mencoba!!!