Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Samsung Galaxy M31: Peningkatan Kamera, Baterai Tetap Jadi Sajian Utama

Samsung Galaxy M31 1
3.3
Cek Harga

Samsung termasuk salah satu produsen yang paling rajin meluncurkan produk baru di Indonesia, setidaknya di sepanjang awal tahun 2020 ini. Di kelas menengah, mereka memiliki Galaxy M31 yang tampil sebagai penerus dari Galaxy M30s dan menawarkan beragam peningkatan dari segi hardware maupun fitur.

Seperti diketahui, Galaxy M-Series selalu menjadikan sektor baterai sebagai sajian utamanya. Begitu pula Galaxy M31 yang dibekali kapasitas 6.000 mAh. Penasaran seperti apa kemampuannya dan apakah upgrade yang diberikan cukup layak untuk menggoda para pengguna seri sebelumnya? Yuk, langsung saja simak ulasan kami:

Desain Samsung Galaxy M31

Galaxy M31 tampil dengan desain yang kurang lebih mirip dengan sederet produk kelas menengah Samsung lainnya. Tidak ada inovasi yang dikedepankannya dari segi eksterior. Kalau Anda termasuk orang yang belakangan mengikuti perkembangan ponsel-ponsel, pastinya akan langsung familiar dengan desain Galaxy M31.

Samsung Galaxy M31 1

Pada bagian depan standar-standar saja. Dominasi layar dengan bezel yang dibuat tipis di sekelilingnya, serta poni minimalis bergaya tetesan air. Tidak ada yang spesial. Bahkan bezel pada bagian dagunya menurut saya terlalu lebar. Perlu diketahui bahwa layar ini berukuran 6,4 inci dan menggunakan panel Super AMOLED. Penawaran yang sama persis dengan Galaxy M30s.

Beralih ke belakang, Anda akan menemukan modul kamera yang disusun dalam sebuah frame berbentuk persegi di pojok kiri atas. Samsung mengadopsi desain seperti ini di hampir semua produk kelas menengahnya yang dirilis di awal 2020. Pada cover belakang ini pula Anda disuguhkan sensor sidik jari.

Samsung Galaxy M31 4

Yang paling saya suka dari Galaxy M31 adalah soal dimensi dan kemudahannya dalam hal pengoperasian. Sebagai sebuah smartphone dengan layar lebar dan baterai jumbo, menurut saya Galaxy M31 terasa cukup ramping di genggaman. Bobotnya pun masih terasa ringan dan nyaman dimasukkan ke dalam saku celana.

Beratnya yang ideal didukung dari penggunaan material plastik di sekujur bodinya. Dengan finishing Ocean Blue (varian yang saya review) yang cukup oke dan kualitas rancang bangun yang baik, saya menilai Galaxy M31 terlihat lumayan elegan. Sama sekali tidak ada kesan murahan.

Samsung Galaxy M31 5

Soal ketersediaan port dan slot, Anda diberikan lubang USB Type-C yang letaknya ada di bawah berdampingan dengan lubang speaker dan port audio jack 3.5mm. Galaxy M31 bisa dipasangkan dua SIM-card nano dan satu microSD. Ya, ada tiga slot, jadi bukan hybrid.

Layar Samsung Galaxy M31

Seperti disebutkan di atas, Samsung Galaxy M31 hadir dengan layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci. Resolusinya Full HD+, dan sudah dibekali perlindungan Corning Gorilla Glass 3. Karena memakai Super AMOLED, tentunya tidak heran jika konten yang ditampilkan terlihat terang dan cemerlang, dengan hitam yang pekat.

Samsung Galaxy M31 6

Untuk penggunaan standar sehari-hari kami tidak menemukan masalah berarti dengan layar Galaxy M31. Untuk browsing nyaman, untuk menonton film cukup asyik, dan ketika berada di bawah sinar matahari pun konten pada layar masih bisa terlihat dengan cukup jelas.

Sistem operasi Samsung Galaxy M31

Samsung Galaxy M31 telah mengadopsi sistem operasi OneUI 2.0 berbasis Android 10. Meski sama-sama OneUI, tapi ada sedikit perbedaan dengan yang ditanamkan pada Galaxy A-series terbaru, misalnya di Galaxy A71 yang belum lama ini juga sempat kami ulas. Tidak ada fitur seperti built-in screen recorder.

Untungnya fitur-fitur baru khas Android 10 tetap tersedia. Sebut saja Dark Mode untuk mengubah tampilan tema menjadi serba hitam. Selain lebih nyaman di mata, Dark Mode juga dipercaya lebih hemat daya. Ada pula Focus Mode, fitur yang akan membuat Anda lebih berkonsentrasi saat mengerjakan sesuatu dan tidak diganggu oleh hal-hal seperti notifikasi.

Kamera Samsung Galaxy M31

Kemampuan fotografi diklaim Samsung sebagai sektor utama yang mengalami upgrade dibanding seri sebelumnya. Jika Galaxy M30s punya kamera 48 megapixel, Samsung kini membenamkan kamera belakang dengan sensor 64 megapixel sebagai senjata andalan Galaxy M31.

Samsung Galaxy M31 2

Selain itu, pengguna juga disuguhkan kamera pendamping lainnya yang terdiri dari 8 megapixel ultra-wide 123 derajat, 5 megapixel depth sensor, dan 5 megapixel macro. Untuk yang gemar selfie, Galaxy M31 memiliki kamera depan dengan resolusi 32 megapixel. Kombinasi yang di atas kertas cukup menggiurkan.

Ketika digunakan untuk memotret di kondisi cahaya yang ideal terbukti Galaxy M31 mampu menangkap gambar dengan baik. Foto yang disajikan tajam, dynamic range-nya bagus, tapi dengan saturasi warna yang agak diangkat sehingga terlihat sedikit kurang natural. Untuk mendapatkan warna foto yang lebih murni, saya sarankan untuk menonaktifkan fitur Scene Optimizer.

Hasil foto Samsung Galaxy M31 (4)

Hasil foto Samsung Galaxy M31 (6)

Hasil foto Samsung Galaxy M31 (5)

Sekadar informasi, meski punya sensor 64 megapixel, secara default foto yang dihasilkan akan berukuran 16 megapixel dengan teknologi pixel-binning. Nah, yang menurut saya menjadi nilai plus adalah, Galaxy M31 termasuk salah satu smartphone berkamera 64 MP garapan Samsung yang harganya paling terjangkau.

Kembali ke kemampuan fotografi, keberadaan lensa ultra-wide memudahkan saya untuk menangkap momen dengan sudut yang lebih luas. Sementara kamera macro cukup ideal untuk memotret objek yang kecil dari jarak dekat, tapi dengan catatan harus di bawah cahaya yang terang. Contoh foto macro:

Hasil foto Samsung Galaxy M31 (3)

Kamera selfie 32 MP juga punya kualitas yang lumayan oke. Selama saya mencobanya di lokasi dengan cahaya yang memadai, hasilnya cukup baik walaupun saya kurang suka dengan penghalus wajah otomatisnya. Harus sedikit diutak-atik dulu kalau ingin swafoto yang lebih natural.

Untuk Night Mode, hasilnya sesungguhnya lumayan tapi sayangnya kurang konsisten. Di beberapa kondisi warna yang ditampilkan melenceng cukup jauh dari natural. Contohnya pada foto gitar Fender di bawah yang dipotret di ruangan dengan cahaya lampu LED temaram. Seharusnya, tembok berwarna putih. Pada foto setelahnya kami juga membandingkan hasil foto dengan Night Mode dan mode Auto:

Hasil foto Samsung Galaxy M31 (7)

Hasil foto Samsung Galaxy M31 (10)

Hasil foto Samsung Galaxy M31 (11)

Beralih ke video, Samsung Galaxy M31 mendukung perekaman hingga resolusi 4K di 30fps. Hasil videonya tampak cukup bagus di siang hari. Tapi perlu digarisbawahi, tidak ada dukungan stabilization.

Performa Samsung Galaxy M31

Performa Samsung Galaxy M31 didukung chipset Exynos 9611 10nm dengan prosesor octa-core dan GPU Mali-G72MP3, serta RAM LPDDR4X berkapasitas 6 GB. Galaxy M31 memiliki storage dengan teknologi UFS 2.1. Varian yang saya review menawarkan kapasitas storage 128 GB. Jika masih kurang, bisa ditambahkan microSD hingga 512 GB.

Yang perlu Anda tahu, Exynos 9611 adalah chipset yang sama dengan yang digunakan pada Galaxy M30s. Namun RAM 6 GB di Galaxy M31 lebih besar dibanding Galaxy M30s yang masih 4 GB. Kalau soal performa secara keseluruhan, kedua smartphone tersebut sama saja.

Exynos 9611 merupakan chipset andalan Samsung untuk kelas menengah ke bawah. Kinerjanya bisa diandalkan untuk menunjang pekerjaan standar sehari-hari dengan mulus. Untuk gaming pun masih oke, asalkan Anda tidak bermain dengan setting grafis paling tinggi di beberapa judul game yang menuntut komputasi tinggi.

Kami sempat mencoba Mobile Legends yang berjalan dengan lancar tanpa kendala. Untuk PUBG Mobile juga tidak ada masalah di setting HD-High. Kalau saya naikkan lagi grafisnya masih bisa, tapi frame rate-nya kurang stabil dan device mudah panas. Untuk Call of Duty Mobile pun demikian.

Agar lebih menggambarkan seperti apa performa dari Galaxy M31, langsung saja simak hasil pengujian menggunakan berbagai aplikasi benchmark di bawah ini:

Baterai Samsung Galaxy M31

Sama seperti generasi sebelumnya, Galaxy M31 masih menjadikan sektor baterai sebagai keunggulannya. Kapasitasnya tetap sama dengan Galaxy M30s, yakni 6.000 mAh dengan 15W fast charging. Menurut Samsung, dengan baterai jumbo tersebut Galaxy M31 bisa memutar video hingga 26 jam, atau musik hingga 119 jam.

Dengan kapasitas sebesar itu jelas tidak masalah untuk menggunakan Galaxy M31 seharian penuh dengan gaya pemakaian normal. Bahkan, daya tahannya bisa sampai 1,5 hari. Namun untuk pengisian dayanya, Anda harus agak bersabar karena butuh waktu sekitar 2,5 jam untuk dapat penuh 100 persen dari kondisi di bawah 10 persen.

Kesimpulan

Samsung Galaxy M31 3

Samsung Galaxy M31 adalah salah satu opsi yang cukup menarik untuk Anda yang mencari smartphone kelas menengah dan punya budget sekitar 3 jutaan rupiah. Segala hal yang menjadi keunggulannya membuat perangkat ini ideal menjadi daily driver utama.

Namun jika Anda sekarang adalah pengguna Galaxy M30s, saya rasa tidak ada alasan yang penting untuk upgrade ke Galaxy M31. Bagi yang berminat, Samsung Galaxy M31 dijual dengan harga Rp3.699.000.

Kelebihan Samsung Galaxy M31:

  • Bodi cukup nyaman digenggam meski baterai besar
  • Layar sedap dipandang
  • Kamera cukup baik di kondisi cahaya ideal
  • Mampu merekam video hingga resolusi 4K
  • Baterai jumbo, daya tahan mantap
  • Triple slot

Kekurangan Samsung Galaxy M31:

  • Bodi mudah kotor oleh bekas jari
  • Performa biasa saja, kurang menggiurkan

Ideal untuk: Pengguna yang butuh daily driver dengan baterai super besar. Pengguna yang malas membawa power bank. Pengguna yang gemar menonton film dan bermain games kasual.

Kurang ideal untuk: Pengguna Galaxy M30s yang berencana upgrade. Pengguna yang butuh perangkat dengan performa bertenaga untuk editing video.

SpesifikasiSamsung Galaxy M31
LayarSuper AMOLED 6,4 Inci Full HD+
SoCExynos 9611 octa-core
RAM6 GB
Memori internal128 GB UFS 2.1
Kamera Belakang64 MP + 8 MP ultra wide + 5 MP depth + 5 MP macro
Kamera Selfie32 MP
Baterai6.000 mAh (fast charging 15W)
Sensor sidik jariYa
Sistem OperasiAndroid 10
HargaRp3.699.000
WarnaOcean Blue dan Space Black
Samsung Galaxy M31 1
Samsung Galaxy M31
Smartphone yang ideal untuk Anda yang butuh baterai besar dan malas membawa power bank
3.3
Cek Harga
Back to top button