5 Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk Smartphone Android

Last updated:

Di tengah pandemi virus COVID-19, pemerintah meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sebagai gantinya, para siswa bisa tetap menuntut ilmu dengan cara belajar online melalui berbagai aplikasi yang banyak tersedia dan bisa diunduh langsung lewat smartphone.

Nah, baru-baru ini, OPPO Indonesia yang sedang menggelar kampanye #BetterAtHome memilih 5 aplikasi terbaik yang cocok digunakan oleh O-fans demi menunjang kegiatan belajar online. Tentunya kelima aplikasi tersebut tersedia di Google Play Store, dan bisa dijalankan dengan amat lancar di OPPO A91.

5 Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk Smartphone Android 16 android, Aplikasi, oppo, Round-Up, smartphone

Penasaran apa saja? Yuk, simak 5 aplikasi belajar online terbaik untuk Android pilihan OPPO Indonesia di bawah ini:

1. Genius

Genius menawarkan rangkuman materi lengkap, soal kuis, soal latihan berjenjang, dan dilengkapi dengan video pembelajaran menarik yang dikembankan menggunakan teknologi 4.0. Dengan begitu, siswa bisa lebih mudah memahami dan menguasai suatu materi.

Di aplikasi Genius siswa dapat mengakses fitur menarik seperti Bank Soal, Genius teacher, Pojok Literasi, atau Belajar Kelompok dengan membuat grup chat. Pengguna OPPO A91 dapat mengunduh aplikasi sebesar 59.31MB ini untuk sarana belajar gratis selama kampanye #BetterAtHome.

2. Kelas Pintar

Kelas Pintar merupakan solusi belajar bagi siswa SD, SMP, hingga SMA. Metode belajarnya interaktif menggunakan video dan animasi serta e-book agar lebih mudah dan efektif. Siswa juga dapat berlatih soal dalam bentuk HOTS (High Order Thinking Skills), Virtual Lab dan VBQ (Value Based Questions), dan dievaluasi dengan Tes Adaptif, Soal Pilihan Ganda, dan Tes Periodik.

Aplikasi ini dapat diunduh dan dipasang di OPPO A91 dengan kapasitas 56.60MB sehingga relatif tidak menguras storage yang ada.

3. Ruangguru

Salah satu nilai plus yang dimiliki oleh Ruangguru adalah siswa bisa dipandu langsung oleh guru. Program ini bisa diakses oleh siswa yang sekolahnya sedang diliburkan maupun tidak. Sesi sekolah online yang sudah selesai bisa diputar ulang. Asyiknya lagi, pengguna dapat mengerjakan soal di fitur Bank Soal dan TryOut secara gratis.

5 Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk Smartphone Android 17 android, Aplikasi, oppo, Round-Up, smartphone

5 Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk Smartphone Android 18 android, Aplikasi, oppo, Round-Up, smartphone

Dibanding aplikasi belajar daring lainnya, Ruangguru memiliki ukuran paling besar yakni 82.76MB, namun tidak terlalu memakan ruang ROM dari OPPO A91 yang kapasitasnya 128GB.

4. Rumah Belajar

Rumah Belajar merupakan aplikasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). Konten yang disediakan berbasis audio, video, gambar, dan animasi yang disajikan secara interaktif. Aplikasi ini juga menyediakan Bank Soal mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB.

Materi pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pun tersedia di Rumah Belajar. Yang lebih menarik, aplikasi ini juga didukung fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan yang lainnya.

5. Zenius

Zenius adalah layanan belajar mandiri dengan puluhan ribu video materi yang lengkap untuk SD, SMP, SMA, dan SMK. Tentunya semua materi telah disesuaikan dengan kurikulum KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi. Pengguna Zenius dapat mengakses mata pelajaran, mencoba tes Tryout, atau Ujian Mandiri, serta memperoleh tips belajar.

Aplikasi Zenius bisa diunduh di Google Play Store untuk dipasang di OPPO A91 dengan kapasitas 67.48MB. Selain diakses gratis, mayoritas video pembelajaran daring dihadirkan dalam format whiteboard yang memerlukan kuota internet hemat.

Itulah 5 aplikasi belajar online pilihan yang cocok digunakan oleh Anda para O-fans. OPPO mengajak para siswa untuk tetap tinggal di rumah, dan menggunakan smartphone terbaru, A91, sebagai perangkat untuk menimba ilmu. OPPO A91 punya baterai 4.000 mAh yang bisa membuatnya menyala lebih lama, dan sudah didukung VOOC Flash Charge 3.0 untuk pengisian daya yang lebih cepat.

Beri komentar

Baca juga
5 Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk Smartphone Android 19 android, Aplikasi, oppo, Round-Up, smartphone
PortraitPro 19: Permudah Penyuntingan Foto Portrait dengan Bantuan Kecerdasan Buatan