Quantcast
Audio VideoMobile GadgetNewsReview

Review Huawei Freebuds 3: Earbuds Nirkabel 2 Jutaan dengan Fitur Penangkal Bising Aktif

4.2

Earbuds nirkabel dengan fitur penangkal bising aktif memang belum banyak tersedia di pasaran. Harganya pun masih relatif mahal, sebut saja seperti Apple Airpods Pro dan Sony WF-1000XM3 yang harga jualnya masih di atas 3 juta Rupiah. Peluang inilah yang dimanfaatkan Huawei lewat earbuds nirkabel Freebuds 3. Earbuds nirkabel ini berhasil mencuri perhatian kami dengan fitur penangkal bising aktif yang dibawanya dan harga jual yang lebih murah di kisaran 2 juta Rupiah. Penasaran bagaimana kebolehan Huawei Freebuds 3? Simak ulasannya berikut ini.

Huawei Freebuds 3 6

Desain Huawei Freebuds 3

Tidak seperti pabrikan lain, Huawei Freebuds 3 berhasil tampil berani dengan desainnya yang sangat istimewa. Ini bisa terlihat dari case pelindungnya yang mengadopsi model bulat. Jika masih ingin tampil beda, selain warna putih Freebuds 3 juga hadir dengan dua opsi warna lain yaitu hitam dan merah.

Huawei Freebuds 3 5

Unit review yang kami terima hadir dengan warna merah. Patut diakui warnanya ini sangat cantik dan terlihat premium. Kualitas plastik case pelindungnya juga terasa kokoh.

Di case pelindungnya ini terdapat satu tombol pairing yang ditempatkan tepat di samping kanan bodinya. Tombolnya selaras dengan warna bodi. Dengan demikian memberikan kesan yang lebih minimalis seperti tanpa tombol.

Sementara di bagian bawah terdapat port USB-C yang berguna untuk isi ulang baterai. Selain lewat kabel USB-C, casing Freebuds 3 juga telah mendukung fitur isi ulang baterai secara nirkabel. Satu fitur yang sangat menarik di kelas harganya.

Huawei freebuds 3 4

Beralih ke modul earbuds, Freebuds 3 hadir dengan model Open-Fit dan rancangan desain ekslusif bergaya Dolphin Bionic. Dengan desainnya tersebut dan bobot yang ringan, earbud nirkabel ini tidak hanya tampil stylish tapi juga nyaman digunakan dalam jangka waktu yang lama. Digunakan saat jalan santai atau berolahraga Freebuds 3 bisa terpasang di telinga dengan cukup stabil dan tidak rawan lepas dari telinga.

Untuk kendali modul earbuds 3 telah mendukung perintah gestur. Tap atau ketuk dua kali di modul earbuds sebelah kanan untuk memutar / beralih musik. Ketuk dua kali di modul sebelah kiri untuk menghidupkan / mematikan fungsi penangkal bising aktif (ANC). Responnya dengan sentuhan juga amat baik dan sangat responsif. Cukup disayangkan modul earbuds Freebuds 3 ini belum mendukung perintah gestur untuk pengaturan volume. Jadi, pengaturan volume suara masih harus bergantung di smartphone.

Fitur Huawei Freebuds 3

Huawei Freebuds 3 hadir dengan konektivitas Bluetooth 5.1 yang disokong chipset Kirin A1. Berkat kolaborasi keduanya, Huawei Freebuds 3 mampu menawarkan kinerja koneksi yang lebih stabil dan cepat dengan tingkat latensi yang lebih rendah.

Pada prakteknya, saat mencoba menghubungkannya ke smartphone Android atau iPhone koneksi bisa berlangsung dengan sangat cepat dan mudah. Freebuds 3 juga telah mendukung koneksi instan. Dengan demikian Anda hanya perlu pairing sekali saja dengan smartphone. Selanjutnya setiap kali pengguna membuka tutup case pelindungnya Freebuds 3 secara otomatis akan tersambung ke smartphone.

Seperti kebanyakan earbuds nirkabel pada umumnya saat dilepas dari telinga musik yang diputar akan berhenti dan otomatis dilanjutkan kembali saat earbuds terpasang di telinga.

Tapi, satu fitur yang paling diunggulkan dari Huawei Freebuds 3 adalah fitur penangkal bising aktifnya (ANC). Untuk mengaktifkan fitur ini Anda bisa tap dua kali di modul earbuds sebelah kiri.

huawei freebuds 3 13

Dari pengujian kami, kualitas fitur penangkal bising aktif dari Huawei Freebuds 3 ini tergolong cukup lumayan di kelas harganya. Kemampuan fitur ANC Freebuds 3 menangkal suara bising dari luar cukup terasa meski tidak mengusung desain in-ear.

Perlu dicatat kemampuan fitur penangkal bisingnya ini memang tidak bisa disetarakan dengan AirPods Pro atau Sony WF-1000XM3. Pasalnya, baik AirPods Pro atau Sony WF-1000XM3 hadir dengan desain in-ear. Rancangan earbuds nirkabel in-ear yang masuk ke dalam kanal telinga pasti akan mampu mengisolasi suara lebih mumpuni dengan atau tanpa fitur penangkal bising aktif.

Satu hal yang menarik dari fitur penangkal bising aktif Freebuds 3 ini adalah fitur tersebut bisa diatur sesuai selera. Ini menjadi nilai tambah tersendiri. Lewat aplikasi Huawei AI Life App pengguna bisa mengatur kemampuannya menangkal suara bising dengan kondisi lingkungan sekitar. Sayangnya, aplikasi Huawei AI Life ini hanya tersedia untuk smartphone Android. Jika tidak menggunakan aplikasi Huawei AI Life fitur penangkal bisingnya tetap bisa digunakan sesuai pengaturan standarnya.

Fitur lain yang tidak kalah istimewa dari Huawei Freebuds 3 adalah opsi pengaturan suaranya. Jika terhubung ke smartphone Huawei tertentu misalnya Mate 20, Freebuds 3 bisa kompatibel dengan fitur Dolby Atmos bawaan Mate 20. Selain Dolby Atmos Freebuds 3 juga kompatibel dengan fitur audio ekslusif Huawei Hiten seperti yang ada di Mate 30 Pro. Fitur ini bisa memungkinkan Anda menikmati kualitas audio dengan beragam efek tata suara untuk menikmati pengalaman audio yang lebih nyata.

Kualitas suara Huawei Freebuds 3

Untuk menghasilkan suara Huawei Freebuds 3 hadir dengan driver suara berukuran 14mm. Rancangannya ini juga sudah termasuk dengan bass tube untuk mendongkrak performa suara bass agar lebih bertenaga.

Untuk pengujian kali ini Huawei Freebuds 3 kami hubungkan ke Huawei Mate 20 dan memutar konten lagu dari Spotify dengan kualitas unduhan Very High.

Huawei Freebuds 3 1

Di pengujian mendengarkan musik, kami mencoba memutar lagu I Cannot Live Without You dari Janet Lee. Di lagu ini Huawei Freebuds 3 mampu unjuk gigi dengan kualitas suara yang tergolong memuaskan. Efek staging bisa terasa cukup luas namun sedikit kurang detil.

Karakter suara Freebuds 3 cenderung bright. Suara vokal terdengar jernih namun terasa agak tipis dengan sektor suara mid yang cukup pas. Umumnya headphone dengan karakter suara bright akan terasa menyakitkan telinga di sektor suara high. Tapi, untunglah sektor suara high Freebuds 3 masih nyaman dan tidak terlalu menusuk telinga.

Satu hal yang wajib dibanggakan adalah sektor suara bass yang menurut kami di atas rata-rata. Meski tidak mengusung model in-ear porsi suara bass Freebud 3 terasa sangat bertenaga dan tidak terlalu mendominasi.

Berlanjut ke mode gaming dan menonton video, saat bermain game Call Of Duty Mobile memang masih terasa sedikit delay tapi tidak menggangu pengalaman gaming secara keseluruhan. Sementara, saat menonton video kami nyaris tidak merasakan delay dan suara yang dihasilkan sinkron dengan konten video yang diputar.

Untuk pengujian mic, seperti biasa Huawei Freebuds 3 kami gunakan untuk melakukan panggilan suara dari WhatsApp. Kualitas mic dari Huawei Freebuds 3 juga sangat baik berkat mic berteknologi bone Voice ID. Teknologi ini memanfaatkan getaran pada tulang untuk meningkatkan kualitas suara saat melakukan panggilan. Hasilnya, saat melakukan panggilan telepon lawan bicara kami bisa mendengarkan suara dengan sangat jelas dengan suara bising yang cukup minimal dari lingkungan sekitar.

Baterai

Untuk daya tahan baterai Huawei Freebuds 3 bisa digunakan hingga sekitar 4 jam nonstop dan akan agak lebih cepat habis jika fitur penangkal bisingnya aktif. Bukan yang terbaik tapi cukup untuk menemani aktivitas sehari-hari seperti saat berolahraga atau bermobilitas. Dengan bantuan case pelindungnya Anda bisa mendapatkan waktu guna ekstra sekitar 16 jam. Jadi secara keseluruhan total Anda bisa mendapatkan waktu guna sekitar 20 jam.

Kesimpulan

Earbuds nirkabel saat ini memang semakin populer. Lewat Freebuds 3 Huawei berhasil menjawab tren earbuds nirkabel dengan menghadirkan beragam fitur menarik di kelas harganya. Desain case pelindungnya yang bulat, opsi warna yang variatif, dan modul earbuds yang nyaman digunakan semakin lengkap dengan kualitas suaranya yang memuaskan.

Fitur penangkal bising aktif yang menjadi salah satu fitur unggulannya juga masih bisa diandalkan, meski bukan yang terbaik. Dengan harga jual di kisaran 2 jutaan Rupiah, Huawei Freebuds 3 bisa jadi opsi yang lebih murah dan wajib dilirik untuk Anda yang mengincar earbuds nirkabel yang nyaman digunakan dengan fitur penangkal bising aktif.

Yang Canggih:
+ Desain tidak pasaran
+ Nyaman digunakan
+ Warna variatif
+ Kualitas audio baik
+ Dilengkapi fitur penangkal bising aktif
+ Mendukung pengisian baterai nirkabel

Yang Kurang:
– Baterai rata-rata
– Kendali sentuh tidak mendukung pengaturan volume suara
– Beberapa fitur ekslusif hanya kompatibel dengan smartphone Huawei

Dengan harga jual di kisaran 2 jutaan Rupiah, Huawei Freebuds 3 bisa jadi opsi yang lebih murah dan wajib dilirik untuk Anda yang mengincar earbuds nirkabel yang nyaman digunakan dengan fitur penangkal bising aktif.
4.2
Back to top button