Performa AI Jadi Alasan OPPO Reno3 Andalkan Helio P90

Salah satu hardware yang dikedepankan OPPO melalui smartphone terbarunya, Reno3, adalah Helio P90. Chipset garapan MediaTek ini diyakini OPPO mampu memberikan performa yang mumpuni di segala aspek. OPPO menyebut kinerja AI atau kecerdasan buatan menjadi fokus utama mereka di Reno3.Performa AI Jadi Alasan OPPO Reno3 Andalkan Helio P90 2 android, oppo, OPPO Reno3, smartphone

Bagi yang belum tahu, OPPO Reno3 hadir dengan empat kamera belakang yang terdiri dari 48 MP f/1.79, 8 MP ultra wide sekaligus macro 3cm, 13 MP telephoto dengan 7x hybrid optical zoom, dan kamera mono 2 MP. Kerennya lagi OPPO Reno3 juga didukung fitur 108 MP Ultra Clear Image untuk menghasilkan foto yang lebih tajam.

Dengan konfigurasi yang menggiurkan tersebut, OPPO Reno3 menjadi perangkat yang ideal untuk memotret di berbagai kondisi. Meski begitu, pengalaman fotografi dan videografi yang ditawarkannya itu tidak lepas dari kemampuan AI yang didukung oleh Helio P90. Apa alasannya?

Performa AI Helio P90 salah satu yang paling tinggi

Sebagai perangkat yang memanfaatkan kecerdasan buatan dalam sistemnya, kemampuan OPPO Reno3 tidak lepas dari performa AI pada chipset MediaTek Helio P90 termasuk untuk urusan fotografi dan videografi. Dengan kehadiran prosesor AI khusus pada Helio P90 yang bertugas memproses tugas-tugas AI, Reno3 dapat merespon lebih cepat, lebih aman, dan memerlukan lebih sedikit data jaringan sehingga lebih hemat daya.

Performa AI Jadi Alasan OPPO Reno3 Andalkan Helio P90 3 android, oppo, OPPO Reno3, smartphone

Helio P90 sendiri merupakan chipset dengan peringkat tinggi di aplikasi AI Benchmark ETHZ. Chipset ini berhasil memperoleh skor 25.645, dan menjadikannya salah satu yang tercepat dalam hal pemrosesan AI di jajaran chipset untuk smartphone.

Sekadar informasi, benchmark ETHZ secara komprehensif menguji kinerja AI di sejumlah tugas termasuk Pengenalan Objek atau Klasifikasi, Pengenalan Wajah, Penguraian Gambar, Image Super-Resolution, Segmentasi Gambar Semantik, Peningkatan Gambar Semantik, Peningkatan Foto, dan sebagainya.

Selain untuk urusan foto dan video, AI juga berguna untuk mendukung kebutuhan lainnya seperti streaming video, AR (Augmented Reality), asisten virtual, dan lain-lain. Memproses tugas-tugas AI menggunakan chipset yang memiliki prosesor AI terpisah dipilih karena dapat bekerja bersama dengan semua sensor di smartphone.

Apa yang membuat Helio P90 lebih baik?

Bukan hal mudah untuk membuat SoC atau chipset smartphone dengan performa tinggi. Sistem tersebut harus punya batasan yang ketat dalam hal manajemen suhu, daya, dan memory bandwidth, tetapi tetap fleksibel dan powerful untuk memenuhi kebutuhan dari aplikasi yang semakin tinggi.

Performa AI Jadi Alasan OPPO Reno3 Andalkan Helio P90 4 android, oppo, OPPO Reno3, smartphone

Dengan desain yang diciptakan oleh MediaTek, Helio P90 memiliki sistem yang heterogen (CPU, GPU, APU) sehinga lebih fleksibel dan bisa diprogram untuk memenuhi berbagai kebutuhan aplikasi. Bukan cuma itu, pengoperasiannya juga lebih efisien berkat ekosistem perangkat lunak NeuroPilot-nya.

Selain MediaTek Helio P90, OPPO Reno3 juga dipersenjatai RAM 8 GB LPDDRX dan storage 128 GB berteknologi UFS 2.1. Berkat perpaduan chipset kencang, memori besar, dan media penyimpanan data berkecepatan tinggi, OPPO Reno3 punya kinerja yang bisa diandalkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari serta bermain games.

Baca juga
Performa AI Jadi Alasan OPPO Reno3 Andalkan Helio P90 9 android, oppo, OPPO Reno3, smartphone
[Real-Life Test] Memotret Menggunakan Mode 108 Megapixel dengan OPPO Reno3