Synology DiskStation DS220j: NAS Entry-Level dengan Kapasitas Maksimal 32 TB



Brand yang dikenal dengan deretan produk-produk NAS (Network Attached Storage) garapannya, Synology, mengumumkan kehadiran DiskStation DS220j. Meski termasuk perangkat entry-level yang lebih cocok digunakan sebagai media penyimpanan di rumah, DiskStation DS220j tetap menawarkan kapasitas yang besar dan fitur yang menarik.

Spesifikasi Synology DiskStation DS220j

Sekadar informasi bagi yang belum familiar dengan NAS, ini adalah media penyimpanan aset digital yang terhubung pada jaringan. Dengan begitu, pengguna bisa mengakses semua data yang tersimpan di dalamnya (foto, film atau video, dan sebagainya) tanpa perlu terhubung lewat kabel seperti hard drive eksternal.

Synology DiskStation DS220j merupakan NAS dengan 2-bay yang bisa dipasangkan hard drive hingga kapasitas 32 TB. NAS ini juga dibekali sistem backup otomatis agar pengguna tidak perlu repot menyimpan secara manual data-data yang ingin dimasukkan ke NAS. Misalnya, foto dan video dari smartphone.

Soal hardware di dalamnya, Synology DiskStation DS220j mengusung SoC Realtek RTD1296 quad-core yang ditemani dengan RAM 512 MB DDR4. 2-bay yang tersedia bisa dipasangkan hard drive 3.5 inci maupun 2.5 inci. Ada pula port GbE dan dua port USB 3.0 Type-A.

DiskStation DS220j bisa mengoperasikan drive didalamnya dalam mode Synology Hybrid RAID (SHR), Basic, JBOD, RAID 0, dan RAID 1. Untuk urusan performa, Synology mengklaim produk terbarunya itu mampu memberikan kecepatan read/write lebih dari 112 MB/s.

Synology DiskStation DS220j bisa diakses secara local melalui PC berbasis Linux, Windows, atau macOS. Asyiknya lagi, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur sinkronisasi cloud ke layanan seperti Dropbox, Google Drive, Microsoft OneDrive, Baidu, dan Box.

Harga Synology DiskStation DS220j

Synology kabarnya berencana melepas DiskStation DS220j ke pasaran dalam waktu dekat. Tapi sayangnya, belum ada bocoran jadwal pastinya dan berapa harga jualnya nanti. Meski begitu, karena ini merupakan produk entry-level, bisa dipredikasi harganya akan cukup terjangkau.

Your email address will not be published. Required fields are marked *