Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Tips dan Trik Membuat Video dengan Teknik Visual Storytelling Menggunakan Samsung Galaxy S20

Samsung Indonesia baru-baru ini menggandeng sutradara ternama, Joko Anwar, untuk menggelar Galaxy Movie Studio. Bagi yang belum tahu, Galaxy Movie Studio adalah platform untuk mendukung dan meningkatkan kemampuan pengguna dari membuat konten video biasa menjadi konten video seperti film dibantu oleh smartphone Samsung Galaxy.

Joko Anwar Galaxy S20 1

Bertempat di Central Park Mall, Jakarta, Samsung dan Joko Anwar membagikan tips dan trik untuk memaksimalkan kreasi konten video menggunakan Galaxy S20. Joko Anwar memfokuskan topik pembahasan tentang teknik Visual Storytelling.

“Langkah awal seseorang ketika ingin membuat sebuah konten video berkualitas layaknya sebuah film ialah menguasai Director Treatment yang merupakan pedoman bagi sutradara dalam mendeskripsikan sebuah film yang terdiri dari camera movement, type of shot, angle camera serta story telling atau penyampaian cerita agar dapat mengkomunikasikan skenario dalam bentuk visual kepada semua kru yang terlibat,” kata Joko Anwar.

Ia menambahkan, hal ini bisa diwujudkan melalui teknik visual storytelling yang berfokus pada berbagai macam tipe pengambilan gambar, pembelahan shoot yang baik serta pemilihan warna yang merupakan faktor-faktor dasar dalam pembuatan sebuah film.

Joko Anwar Galaxy S20 2

Penasaran bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa tips and trik teknik Visual Storytelling menggunakan Galaxy S20 untuk mempertajam visual film garapan Anda:

  • Pahami skenariomu dan kuasai director treatment agar dapat mengkomunikasikan skenario dalam bentuk visual yang konkret kepada semua kru yang terlibat.
  • Jangan takut untuk bereksplorasi dan mencoba beragam angle camera dan camera movement untuk menemukan style atau gaya filmmu. Kamu bisa memaksimalkan pengunaan fitur Live Focus, Ultrawide, Super Steady 2.0 dan dan berkreasi untuk menuntukan gaya filmmu.
  • Pahami kapan harus menggunakan blast shot (pembelahan shoot) agar memudahkanmu untuk membelah setiap adegan yang ada dan menyusunnya menjadi satu kesatuan yang utuh. Kamu dapat mengunduh aplikasi Adobe Rush di PlayStore untuk memudahkan proses editing dari smartphonemu.
  • Gunakan fitur-fitur pada smartphone untuk menciptakan efek dramatis untuk memperkaya footage. Be creative!
  • Dalam proses editing dan menentukan feel, tone, pemilihan warna dan elemen-elemen lainnya, jangan cepat puas dan berani mengeksplorasi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Bagaimana? Menarik, ‘kan? Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk membantu Anda menciptakan konten video yang lebih bagus lagi!

Back to top button