[Hands-On] Mencoba Samsung Galaxy A01, Smartphone 1 Jutaan Rupiah untuk Gen Z

Samsung hari ini, Rabu (11/3), menggelar sesi unboxing dan hands-on untuk smartphone terbarunya di kelas entry-level, yakni Galaxy A01. Menurut Samsung, smartphone tersebut cocok untuk melengkapi aktivitas harian anak muda alias generasi Z. Penasaran seperti apa kesan pertama kami terhadap perangkat seharga 1 jutaan rupiah ini? Yuk, simak ulasan singkatnya:

Desain ramping dan cukup stylish

svg%3E

Galaxy A01 tampil dengan bodi yang cukup ramping untuk ukuran smartphone masa kini. Tidak heran, ukuran layar Infinity-V pada Galaxy A01 hanya 5,71 inci saja dengan resolusi HD+. Desainnya pun terbilang lumayan stylish di kelasnya meski material yang digunakan didominasi plastik.

Untuk saat ini baru ada dua pilihan warna yang tersedia, yakni Black dan Blue. Samsung berencana meluncurkan satu warna lagi, Red, pada April 2020 nanti. Cover belakangnya tampak polos dengan hanya diisi oleh logo Samsung, lubang speaker, dan kamera belakang ganda yang disusun vertikal. Sensor sidik jari? Sayangnya tidak ada.

Walaupun tidak memiliki sensor sidik jari yang bisa dibilang merupakan sistem keamanan biometric paling populer saat ini, Samsung menggantinya dengan face recognition. Untuk fitur tersebut, Galaxy A01 memanfaatkan kamera depan 5 megapixel f/2.2.

svg%3E

Samsung Galaxy A01 memiliki bodi dengan ketebalan 8,3mm. Selama kami mencobanya, smartphone ini terasa begitu slim, pas di genggaman tangan, dan amat mudah untuk dimasukkan ke saku celana. Finishingnya juga tidak licin dan bobotnya juga termasuk salah satu yang paling ringan di kelasnya.

Galaxy A01 dibekali dua slot SIM-card dan satu slot micro-SD terdedikasi. Port yang digunakan masih microUSB. Cukup wajar karena statusnya sebagai produk entry-level. Untuk urusan konektivitas, smartphone dengan sistem operasi OneUI berbasis Android 10 ini menawarkan WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, GPS, dan GLONASS.

Kamera lumayan asal cahaya memadai

svg%3E

Samsung Galaxy A01 dipersenjatai kamera belakang ganda yang terdiri dari 13 megapixel f/2.2 + 2 megapixel depth sensor untuk membantu menciptakan efek bokeh melalui fitur Live Focus. Untuk yang gemar selfie, Galaxy A01 mempunyai kamera depan 5 megapixel f/2.0 yang juga didukung fitur untuk menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh.

svg%3E

Ada pula fitur-fitur fun lainnya seperi AR Sticker, Stamp, dan juga beragam filter menarik yang diyakini Samsung akan menambah keseruan dalam mengekspresikan kreasi atau kebutuhan update di Instagram serta WhatsApp Story ketika menggunakan Galaxy A01.

Kami sempat mencoba kemampuan kameranya, dan menurut kami untuk ukuran smartphone 1 jutaan rupiah, hasilnya masih tergolong lumayan oke. Dengan catatan, cahaya di lokasi pemotretan memadai. Berikut beberapa foto yang kami abadikan selama event Galaxy A01:

Hasil Foto Samsung Galaxy A01 (1)

Hasil Foto Samsung Galaxy A01 (2)

Hasil Foto Samsung Galaxy A01 (3)

Hasil Foto Samsung Galaxy A01 (4)

Sedikit membahas sektor performa, Samsung membenamkan SoC Qualcomm Snapdragon 439 sebagai penunjang performa yang ditemani dengan RAM 2 GB dan memori internal 16 GB. Menurut Samsung, kombinasi ini mampu membuat Galaxy A01 memberikan performa yang cepat dalam membuka atau mengakses aplikasi favorit, serta untuk kebutuhan hiburan seperti menonton video.

Kesimpulan awal

Sebagai smartphone entry-level, Samsung Galaxy A01 menurut kami tetap memiliki nilai jual yang cukup menggiurkan mengingat harganya hanya Rp1.499.000 saja. Apalagi untuk Anda para pengguna yang mendambakan smartphone Samsung tapi punya budget terbatas.

svg%3E
unboxing

Samsung juga menghadirkan harga khusus untuk Telkomsel Galaxy Plan bagi para pengguna Samsung Galaxy A01. Konsumen bisa mendapatkan kuota internet 4 GB hanya seharga Rp32.000 per bulan selama setahun dari harga normal Rp63.000 per bulannya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A01
Layar PLS TFT 5,71 inci HD+
SoC Qualcomm Snapdragon 439
RAM 2 GB
Memori internal 16 GB
Kamera Belakang 13 MP f/2.2 + 2 MP depth
Kamera Selfie 5 MP
Baterai 3.000 mAh
Fast Charging
Sistem Operasi OneUI (Android 10)
Konektivitas 4G
Warna Black dan Blue
Harga Rp1.499.000