Tips dan Trik Memotret dengan Samsung Galaxy S20 Ultra ala Jay Subyakto

Samsung baru-baru ini secara resmi meluncurkan Galaxy S20 Series di Indonesia. Dari tiga smartphone yang diperkenalkan, Galaxy S20 Ultra menjadi varian paling tinggi dengan konfigurasi kamera yang juga lebih menggiurkan dibanding kedua saudaranya.

Sekadar mengingatkan, Galaxy S20 Ultra menawarkan kamera utama 108 MP f/1.8 dengan teknologi Nona-Binning 9-in-1 yang akan menghasilkan gambar 12 MP, dan diklaim akan menjadi standar baru dari fotografi low-light. Kamera tersebut juga didukung OIS. Yang tidak kalah menggiurkan, smartphone ini punya kamera telephoto dengan teknologi 10x hybrid optical zoom dan hingga 100x Space Zoom.

 

svg%3E

Dengan modal tersebut, tentunya menghasilkan foto yang bagus akan menjadi lebih mudah. Nah, untuk lebih memaksimalkan kemampuan kameranya, berikut kami sajikan tips dan trik memotret dengan Galaxy S20 Ultra menurut Jay Subyakto, seorang seniman sekaligus art director kawakan Indonesia yang berkiprah di bidang fotografi dan videografi:

1. Kenali kemampuan smartphone yang dimiliki

svg%3E

Tips pertama adalah pengguna wajib mengenali kemampuan kamera dari smartphone yang ia miliki. Menurut Jay, seringkali pengguna hanya sekadar membeli tanpa memahami secara keseluruhan kapabilitas gadget tersebut. Ketika sudah paham, nantinya pengguna dapat memaksimalkan segala fitur-fitur kamera yang ditawarkan untuk membuat konten fotografi yang tidak hanya bagus, tapi juga out of the box.

2. Jelajahi sudut pandang yang berbeda

Jay menyebutkan bahwa salah satu aspek terpenting dalam mengambil foto adalah berani untuk mengeksplorasi angle-angle yang baru. Terkadang masih banyak user yang terlalu terpaku dengan sudut pandang yang mainstream. Padahal, dalam mengambil satu objek, banyak sekali angle yang dapat dieksplorasi untuk menceritakan sesuatu dari perspektif yang berbeda.

svg%3E

svg%3E

svg%3E

Ia menambahkan, dengan kamera Galaxy S20 Ultra yang memiliki resolusi 108 MP, pengguna dapat menggunakan fitur Quick Crop untuk mengambil bagian tertentu pada sebuah foto dengan hasil akhir yang berkualitas tinggi. Contohnya pada foto di atas.

3. Gunakan intuisi sebelum mencari referensi

Menurut Jay, setiap hari kita terpapar dengan puluhan atau bahkan ratusan referensi konten yang menarik dari berbagai sumber, termasuk media sosial. Jay menilai, pengguna boleh saja mencari referensi namun jangan sampai kehilangan identitas atau karakter kita. Sumber yang paling terpercaya saat kita akan mengambil sebuah foto adalah intuisi.

4. Ambil gambar dari jauh untuk melihat dari dekat

svg%3E

Jay menjelaskan bahwa ia adalah orang yang gemar mengambil foto dari jarak jauh. Karena itu fitur 100x Space Zoom pada Galaxy S20 Ultra merupakan salah satu favoritnya. Dengan kombinasi Hybrid Optical Zoom dan Super Resolution Zoom dengan dukungan AI-powered Digital Zoom, memotret dari jauh dijanjikan tidak akan kehilangan detail yang diinginkan.

5. Pencahayaan adalah teman terbaik

svg%3E

Dalam kegiatan fotografi cahaya dapat menjadi teman terbaik atau mungkin hal yang justru harus dihindari, tergantung bagaimana cara kita memanfaatkannya. Menurut Jay, teknologi nona-binning pada Galaxy S20 Ultra memudahkannya untuk memanfaatkan pencahayaan alami dan hasil foto yang sesuai keinginan, termasuk saat low-light.

Verified by MonsterInsights