Synology DiskStation DS620 Slim, NAS Mungil dengan 6 Drive-Bay

Bagi yang belum akrab dengan istilah NAS, secara sederhana NAS bisa disebut sebagai hard disk eksternal dengan software yang terhubung ke jaringan. Tapi kini NAS atau Network Attached Storage tidak hanya digunakan untuk menyimpan data saja. Ada beberapa fungsi lain seperti media server dan sebagainya.

Dengan fungsi yang semakin banyak, dimensi NAS juga semakin membesar. Tapi berbeda dengan Synology DS620slim. Perangkat Network Attached Storage (NAS) ini memiliki bentuk relatif ringkas dan tidak memakan banyak tempat.

Menariknya, Synology DS620slim dapat memuat 6 HDD atau SSD berukuran 2,5 inci. Jadi jika Synology DS620slim ini dipasangkan dengan 6 buah SSD/HDD 2,5 inci berkapasitas 8TB, maka kotak mungil ini dapat menyimpan data hingga 48TB.

Fitur Synology DS620slim

Sebagai media penyimpanan bersama yang terhubung ke jaringan, Synology DS620slim dapat diakses oleh siapapun selama terhubung di jaringan yang sama, dan memiliki username serta password dari akun yang ada di NAS.

Dari sisi spesifikasi, Synology DS620slim ini telah dibekali prosesor Intel Celeron J3355 Dual-core 2GHz dan DRAM DDR3L 2GB, yang bisa ditingkatkan hingga 6GB. Kecepatan bacanya cukup tinggi, yaitu hingga 226 MB/detik, dengan kecepatan tulis 198MB/detik.

svg%3E

svg%3E

Sebagai media server, NAS ini mampu melakukan transcoding video serta live stream video 4K dalam format H.264/H.265. Untuk sistem pendinginnya DS620Slim ini menggunakan fan 80mm yang memiliki tiga mode kecepatan, terdapat full speed mode, cool mode dan quiet mode.

svg%3E

Synology juga memberikan aplikasi File Station. Aplikasi berbasis web ini dapat membantu pengoperasian DS620slim dengan lebih cepat. Untuk fitur kemaanan, tersedia fitur self-healing otomatis untuk file yang rusak. Selain itu juga ada Snapshot Replication yang mengatur proteksi data dengan pencadangan hingga 1024 folder bersama dan 65 ribu snapshot sistem. Sinkronisasi file antar perangkat juga mudah dengan adanya Cloud Station Suite.

Synology DiskStation DS620slim telah dijual resmi di Indonesia dengan harga 7,5 juta rupiah.

Verified by MonsterInsights