Review Realme C3

4.3

Smartphone dengan harga di kisaran 1,5 juta rupiah biasanya hanya memadai untuk keperluan komunikasi mendasar, seperti akses media sosial, chatting, atau browsing. Jarang ada pengguna yang membutuhkan performa kencang melirik ponsel di segmen harga ini. Namun di tahun 2020 ini, Realme akan mendobrak anggapan tersebut dengan mengeluarkan Realme C3.

Menggantikan C2, Realme C3 hadir dengan chipset MediaTek terbaru yang lebih kencang serta beragam peningkatan keren lainnya.

Desain Realme C3

Kita mulai dari desain. Realme C3 langsung terlihat lebih panjang dibandingkan C2. Tidak mengherankan karena layar Realme C3 yang berukuran 6,5 inci lebih luas dibandingkan layar C2 yang hanya 6,1 inci. Bodinya tetap langsing sehingga Realme C3 masih nyaman saat digenggam dan dioperasikan satu tangan.

Desain Realme C3 masih mempertahankan desain dew-drop screen atau layar dengan poni minimalis untuk memuat kamera depan 5 megapixelnya.

Bicara soal tampilan fisik, Realme C3 lebih mirip dengan Realme 5i, mulai dari bezel hingga ukuran layar. Kemiripan itu masih berlanjut ke sisi belakang, dengan finishing body bertekstur garis lembut seperti Realme 5i. Jika terlihat dari sisi yang berbeda, bodi belakangnya akan menampilkan bias cahaya seperti matahari terbit yang terlihat jelas di bagian atas. Dibandingkan dengan Realme C2, bodi belakang Realme C3 ini cenderung lebih sulit menyerap bekas jari. Ini menjadikannya lebih bersih bagi pengguna yang tidak suka memakai case.

Konektivitas yang dimliki Realme C3 termasuk baik, dengan adanya tiga slot untuk dua kartu SIM dan satu untuk slot microSD. Untuk pengisian daya dan transfer data, Realme C3 masih menggunakan port microUSB, blum USB Type C.

Kualitas layar Realme C3

Kualitas tampilan layar IPS 6,5 inci Realme C3 yang beresolusi HD+ cukup lumayan. Teks dan grafis masih terlihat tajam dari jarak yang normal, sekitar 30 cm. Sayangnya tingkat kecerahan layar relatif agak redup. Ini membuatnya agak susah dilihat di bawah sinar matahari yang terang.

Sensitivitas layar sentuhnya juga baik. Layar termasuk responsif, saat kami gunakan untuk navigasi menu atau membuka aplikasi dan bermain game. Untuk ketahanan ekstra, Realme C3 juga sudah dilengkapi lapisan Corning Gorilla Glass.

Kamera Realme C3

Review Realme C3 2 Realme, realme c3, realme ui

Jika dulu Realme C2 masih dibekali dua kamera, kini Realme C3 sudah memiliki 3 kamera. Untuk saat ini, rata-rata smartphone dengan harga di kisaran 1,5 juta rupiah masih dilengkapi dua kamera. Selain kamera utama 12 megapixel dengan lensa f/1.8 dan kamera portrait 2 megapixel f/2.4 untuk mengukur efek bokeh, ada tambahan kamera makro 2 megapixel dengan lensa f/2.4.

Hasil foto kamera utama realme C3 cukup baik. Selain tajam, reproduksi warnanya cenderung matang saat kami gunakan di kondisi cahaya ideal. Berikut hasil foto Realme C3 dalam kondisi cahaya ideal tanpa penyuntingan.

IMG20200214112321

IMG20200211211017

IMG20200214140242

IMG20200211211434

IMG20200217154032

Mode portrait termasuk agak kurang, dengan efek bokeh yang kurang rapi dan terlalu berlebihan sehingga berimbas pada wajah yang terlalu halus dan detil wajah yang hilang seperti di contoh berikut.

portrait

IMG20200217154115

Beralih ke kondisi minim cahaya, hasil fotonya cukup baik. Noise tidak terlalu terlihat, tapi detil gambar dan ketajaman terlihat menurun saat menggunakan Night Mode. Penurunan kualitas masih dapat diterima, apalagi jika hasil foto hanya dilihat di layar ponsel. Berikut hasil foto Realme C3 dalam kondisi minim cahaya.

IMG20200211182532

IMG20200211184410

Sedangkan dalam mode makro, kamera Realme C3 bisa menangkap gambar dari jarak sangat dekat, sekitar 4cm. Jarak yang sangat dekat ini mengakibatkan bayangan juga ikut tertangkap. Walaupun resolusinya kecil, hasil foto makro ini cukup lumayan seperti di contoh berikut.

macro

Untuk video, Realme C3 bisa merekam video hingga Full HD 30 fps. Kualitas tangkapan video cukup baik di kondisi cahaya yang cukup. Namun begitu kondisi cahaya berkurang , video akan terlihat kurang tajam dengan noise yang cukup banyak. Apalagi jika Anda merekam subyek yang banyak bergerak.

Singkatnya, kualitas kamera belakang Realme C3 termasuk amat baik dan sedikit di atas kebanyakan ponsel harga 1 jutaan lainnya.

Di bagian depan, Realme C3 punya kamera 5 megapixel dengan portrait mode untuk selfie dengan efek bokeh. Hasil foto selfie biasa termasuk oke. Kulit terlihat lebih cerah dan halus natural, tanpa terlihat efek penghalusan yang berlebihan.

Namun efek bokeh dalam mode portrait saat selfie terlihat kurang rapi, terutama di bagian rambut. Belum lagi detil wajah terlihat terlalu halus sehingga menghilangkan tekstur kulit wajah. Berikut contoh hasil foto selfie menggunakan Realme C3.

IMG20200217163623

Performa Realme C3

Realme C3 menjadi smartphone pertama di Indonesia yang menggunakan Helio G70, chipset terbaru Mediatek. Pada unit review kali ini, kami mendapatkan varian dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB.

Untuk kelas harganya, kinerja chipset MediaTek Helio G70 ternyata amat mengejutkan. Setelah melewati benchmark, Realme C3 mampu meraih skor lebih baik dibandingkan Realme 5i. Berikut hasil benchmark Realme C3.

Sedangkan waktu digunakan main game, Realme C3 juga mengejutkan. Kami bisa memainkan berbagai game dengan pengaturan grafik mulai medium to high. Suatu hal yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan di smartphone kelas harga 1 jutaan rupiah.

Baterai Realme C3

Dengan baterai berkapasitas 5000mAh, Realme C3 dapat menemani aktivitas seharian. Menurut pengujian PCMark, baterainya bisa bertahan hingga 14 jam.
Sedangkan saat kami gunakan seharian, baterai Realme C3 ini mempu bertahan hingga 15 Jam dengan pola pemakaian normal, bersosial media, browsing, nonton youtube dan sesekali bermain game.

Daya tahan yang cukup lama untuk sebagian besar pengguna.
Hanya saja realme C3 masih belum memiliki fitur fast charging dan butuh lebih dari 4 jam untuk mengisi baterainnya hingga penuh..

Untuk siapa Realme C3?

Dengan harga sekitar 1,5 juta rupiah, Realme C3 masuk ke jajaran smartphone entry level. Namun kami terkejut dengan performanya yang mampu bersaing dengan ponsel di kelas menengah.

Ditambah dengan layarnya yang lega, hasil foto yang oke, serta baterai kapasitas besar, Realme C3 merupakan jawara untuk smartphone di kelas harganya. Tentunya ada beberapa kompromi yang dilakukan oleh Realme seperti hilangnya sensor gyro, kualitas layar yang standar, serta absennya pengisian baterai cepat. Namun hal yang kami anggap wajar apalagi mengingat Realme C3 yang lebih superior dibanding smartphone lain di kelasnya.

Jadi bagi kalian yang mengidamkan smartphone harga murah, layar lega, baterai besar, kamera oke, serta performa yang memadai untuk main game, Realme C3 layak jadi pertimbangan.

Kelebihan Realme C3

Performa kencang untuk gaming sekalipun

Layar lega, cocok untuk main game

Tiga kamera belakang

Hasil foto oke, untuk kondisi cahaya ideal

Daya tahan baterai panjang

Harga sangat kompetitif

 

Kekurangan Realme C3

Belum fast charging

Layar agak redup

Hasil foto kamera kurang oke, di kondisi minim cahaya

 

 

Ponsel gaming termurah
Dengan harga sekitar 1,5 juta rupiah, Realme C3 masuk ke jajaran smartphone entry level. Namun kami terkejut dengan performanya yang mampu bersaing dengan ponsel di kelas menengah.Ditambah dengan layarnya yang lega, hasil foto yang oke, serta baterai kapasitas besar, Realme C3 merupakan jawara untuk smartphone di kelas harganya. Tentunya ada beberapa kompromi yang dilakukan oleh Realme seperti hilangnya sensor gyro, kualitas layar yang standar, serta absennya pengisian baterai cepat. Namun hal yang kami anggap wajar apalagi mengingat Realme C3 yang lebih superior dibanding smartphone lain di kelasnya.Jadi bagi kalian yang mengidamkan smartphone harga murah, layar lega, baterai besar, kamera oke, serta performa yang memadai untuk main game, Realme C3 layak jadi pertimbangan.
4.3
Baca juga
Review Realme C3 7 Realme, realme c3, realme ui
[Real-Life Test] Memotret Menggunakan Mode 108 Megapixel dengan OPPO Reno3