Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

[Hands-On] Kesan Pertama Menggenggam realme C3, Smartphone Entry-Level dengan Helio G70



realme siap meluncurkan jagoan terbarunya, realme C3, di segmen entry-level pada 19 Februari 2020 mendatang. Hadir dengan sederet hardware yang cukup menonjol dibanding lawan-lawannya, smartphone ini diyakini bakal menjadi salah satu raja di kelasnya.

Dalam acara temu pers di Jakarta pekan lalu, kami bersama beberapa awak media lainnya diberi kesempatan untuk bertemu langsung dengan realme C3. Seperti apa kesan pertama kami? Simak ulasan singkatnya:

Desain mirip realme 5i

realme C3 red 1

Anda yang pernah mencoba realme 5i akan langsung menemukan banyak kemiripan pada realme C3. Desainnya nyaris identik, dimensinya kurang lebih sama, dan yang pasti, realme kembali menggunakan finishing serupa pada cover bagian belakangnya.

realme C3 masih mengandalkan material yang sama, yakni polycarbonate dengan tekstur yang dibuat agak kasar sehingga terasa mantap di genggaman dan tidak licin. Keuntungan lainnya, smartphone ini juga menjadi tidak mudah kotor oleh bekas jari.

Dua hal tersebut membuat pengoperasian realme C3 terasa mudah dan menyenangkan dengan satu tangan saja. Kalau hanya untuk menghindari licin dan kotor, rasanya kami tidak perlu memasang casing tambahan Secara bobot realme C3 juga tidak terasa berbeda dengan saudaranya itu, sehingga ideal untuk Anda bawa di saku celana.

Mirip dengan realme 5i, cover belakang realme C3 masih mengedepankan efek seperti pancaran sinar matahari yang baru terbit dan akan terlihat bagus ketika Anda berada di bawah cahaya. Bedanya, arah kilauannya kini dari pojok kiri atas ke bawah.

realme C3 red 2

Perbedaan lainnya yang bisa Anda temukan adalah soal ketersediaan warna. Jika realme 5i punya warna Biru dan Hijau, realme C3 menawarkan opsi Biru dan Merah. Warna Merah tersebut menurut kami sangat cocok untuk Anda para pengguna yang ingin tampil sebagai pusat perhatian. Kalau varian Biru, warnanya tampak lebih kalem.

elite dragonfly yangcanggih 728

Sekadar informasi tambahan, realme C3 hadir dengan dua slot SIM-card dan satu slot microSD yang terdedikasi, alias bukan hybrid. Smartphone ini masih menggunakan port microUSB, belum Type-C. Pada paket penjualannya nanti, Anda akan langsung mendapatkan softcase.

Beda spesifikasi dengan versi India

Seperti diketahui realme C3 pertama kali diperkenalkan di India. Namun yang menarik, untuk penjualan di Indonesia nanti smartphone ini membawa spesifikasi yang sedikit berbeda dengan versi yang dirilis di India, misalnya pada konfigurasi kamera belakang yang di versi Indonesia memiliki tiga buah lensa yang salah satunya adalah macro.

Sayangnya karena satu dan lain hal, kami belum sempat menguji lebih jauh seperti apa kemampuan kamera dari realme C3. Ulasan yang lebih lengkap bisa Anda baca di artikel review nantinya. Pantau terus Yangcanggih.com agar tidak ketinggalan informasi.

realme C3 Indonesia 2

Beralih ke sektor performa yang juga menjadi nilai jual utamanya, realme C3 siap memfasilitasi kebutuhan pengguna yang gemar bermain games karena sudah dipersenjatai chipset Helio G70 terbaru dengan teknologi HyperEngine, yang diklaim punya performa gaming bertenaga di kelasnya. Bahkan, realme C3 disebut-sebut sebagai smartphone pertama yang mengadopsi chipset ini.

Untuk urusan daya juga tidak tanggung-tanggung. realme menanamkan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang menjanjikan ketahanan lebih lama. Bukan cuma itu, smartphone ini didukung fitur reverse charging sehingga bisa digunakan untuk mengisi daya gadget lain.

Berapa harganya?

Dari deretan paragraf dan kalimat di atas, tentunya Anda sudah bisa menebak bahwa kesan pertama kami terhadap realme C3 amat positif. Kami cukup takjub melihat fakta realme mampu menghadirkan chipset sekelas Helio G70 ke segmen entry-level.

realme C3 bakal dirilis pada 19 Februari. Di tanggal tersebut pula Anda akan mengetahui berapa harganya, yang menurut prediksi kami seharusnya lebih murah dari realme 5i. Jika benar demikian, maka smartphone ini punya potensi besar untuk menggaet hati banyak pengguna.

Spesifikasirealme C3
Layar6,5 inci
SoCMediaTek Helio G70
RAM?
Memori Internal?
Kamera BelakangTriple-camera
Kamera Depan?
Sistem OperasiAndroid
Baterai5.000 mAh
WarnaMerah dan Biru
More Stories
promo umroh
Jelang Ramadhan, Indosat Hadirkan Promo Umroh & Liburan ke Luar Negeri