Klik untuk baca ulasan gadget terbaru di 2020

Review Philips Hue: Ekosistem Pencahayaan Pintar dengan Sistem Modular

Pencahayaan artifisial di rumah yang biasa hadir dalam bentuk lampu telah memasuki tahap baru. Kini lampu tidak hanya berfungsi menerangi, tapi juga membentuk suasana ruangan dan mood penghuninya. Salah satu produk smart lighting di pasaran saat ini adalah Philips Hue.

 

Philips Hue dari Signify

Philips Hue merupakan seri produk lampu pintar yang dikeluarkan Sygnify dengan berbagai solusi sesuai kebutuhan penggunanya. Untuk pasar Indonesia saat ini baru tersedia dua pilihan lampu yakni bohlam LED dengan jenis fitting E27 atau standar yang dipakai oleh rumah kebanyakan, serta strip LED.

Satu hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih Philips Hue: kita akan mengubah cara pandang kita terhadap lampu. Tidak sekadar menerangi, lampu pintar ini menawarkan lebih jauh lagi yakni menyempurnakan gaya hidup kita. Begitu memakai, persepsi kita terhadap fungsi lampu akan berubah.

Lampu nirkabel ini memungkinkan penggunanya untuk mengendalikan dari jarak jauh melalui layar ponsel pintar mereka, mengatur jadwal sehingga punya perilaku tersendiri. Pemasangannya memang tidak sederhana, tapi begitu rampung, rumah anda tidak akan lagi sama.

Yang dibutuhkan kini tinggal kreativitas dan pemahaman tentang pengaturan pencahayaan untuk bisa merancang sistem yang ideal untuk kamar-kamar di dalam rumah.

Hue Bridge

Lampu pintar Philips Hue tidaklah langsung terhubung dengan ponsel pintar kita, melainkan ke perangkat bernama Hue Bridge yang mampu mengelola hingga 50 unit lampu pintar sekaligus. Dengan koneksi internet yang tersambung ke router rumah, Hue Bridge bertindak sebagai otak dari sistem lampu Philips Hue dan penerima perintah dari ponsel kita.

Dengan demikian, salah satu syarat untuk mengelola sistem lampu pintar Philips Hue adalah dukungan internet yang tidak putus agar bisa dikelola dari jarak jauh oleh penggunanya. Satu hal yang bisa dilakukan adalah menghadirkan koneksi internet kabel terlebih dahulu.

Harga jual dari lampu bohlam LED adalah Rp 800.000, lampu strip LED sepanjang 2 meter yang bisa dibeli dengan harga Rp 1,2 juta, sementara Hue Bridge dijual dengan harga Rp 800.000. Terdapat satu paket penjualan berupa tiga buah lampu bohlam dan satu unit Hue Bridge yang dilepas dengan harga Rp 2,4 juta dari seharusnya Rp 3,2 juta bila dibeli terpisah.

Cara pemasangannya terbilang tidak sulit, Hue Bridge dihubungkan ke daya listrik dan koneksi data melalui kabel ethernet ke router rumah. Setelah tiga lampu indikator menyala, aplikasi Philips Hue di ponsel bisa dipasangkan dengan perangkat tersebut.

Selanjutnya, Hue Bridge akan mencari lampu pintar yang ada di dalam jangkauan untuk dikelola. Dari sana pengguna sudah bisa memberi perintah maupun pengaturan lainnya.

Aplikasi canggih

Melalui aplikasi Philips Hue yang bisa diunduh di Play Store maupun App Store, pengguna sudah bisa mengelola lampu-lampu tersebut, mulai dari warna, intensitas pencahayaan, hingga mengatur perilaku khusus seperti menyala pada jam tertentu atau saat pemilik rumah datang, yang ditandai dengan lokasi ponsel pintar mendekati rumah.

Manfaat dari pengaturan lampu pintar tersebut adalah membangunkan mood khusus. Misalkan pengguna yang hendak bersantai bisa memilih warna yang lembut dan sedikit redup dari biasanya.

Dukungan pengembang aplikasi pihak ketiga memungkinkan aplikasi-aplikasi lain ditambahkan untuk memperkaya perilaku lampu pintar ini. Beberapa contohnya seperti Huedini untuk koleksi efek lampu yang belum ada pada aplikasi resmi. Ada pula aplikasi Hue Notification yang akan bereaksi sewaktu ada pemberitahuan pesan atau semacamnya masuk ke ponsel.

Pengguna komputer pribadi bisa mengunduh dan memasang aplikasi Hue Sync App untuk perangkat dengan sistem operasi Windows maupun MacOS untuk memungkinkan sinkronisasi warna lampu sesuai konten yang sedang ditampilkan di dalam layar. Untuk penggemar konten video dan gim elektronik, lampu pintar ini bisa memberikan pengalaman yang lebih imersif.

Lampu canggih untuk suasana rumah lebih nyaman

Dengan tawaran dari lampu pintar ini, rumah anda selangkah lebih dekat untuk menjadi pintar. Dari sekadar mengulik pencahayaan anda, bisa terlihat bahwa sebuah rumah bisa menjadi lebih “hidup”. Dan semua dimulai dari sekadar mengganti lampu. Tersedianya banyak opsi lampu serta pengaturan mudah dari aplikasi yang pintar juga memberikan ruang ekstra bagi Anda yang ingin menata ruangan di rumah menjadi lebih kreatif dan nyaman.

 

Kelebihan Philips Hue

  • Aplikasi canggih tapi tetap mudah dioperasikan
  • Koneksi ke lampu mudah dan cepat
  • Banyak variasi lampu yang dapat dibeli terpisah
  • Tersedia paket dengan beberapa lampu yang lebih ekonomis

Kekurangan Philips Hue

  • Harga cukup premium, apalagi jika ingin menambah banyak lampu
  • Butuh koneksi Internet dari router

 

Philips Hue Ideal untuk :

Pengguna rumahan yang ingin menerapkan suasana berbeda di waktu yang berbeda dengan otomatis

Vlogger yang membutuhkan lampu latar yang bisa diatur dengan mudah

Pemilik rumah pintar yang ingin mengatur pencahayaan di berbagai ruangan

Philips Hue kurang ideal untuk :

Pengguna rumahan yang hanya ingin memiliki lampu dengan warna yang bisa diubah-ubah

Pengguna yang dananya terbatas

Pengguna rumahan yang tidak memiliki Wi-Fi router

 

Beri komentar

Baca juga
Fujifilm X100V: Kamera Saku Premium Paling Canggih dari Fujifilm