Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Canon Selphy Square QX10: Bisa Cetak Foto Format 1:1, Cetakan Foto Tahan 100 Tahun

Fujifilm SP-3 SQ adalah printer portabel pertama Fujifilm yang bisa mencetak foto format 1:1 di kertas film Instax Square. Nah, tidak ingin ketinggalan Canon akhirnya menghadirkan pesaingnya lewat diumumkannya printer Selphy Square QX10.

canon selphy square 3

Teknologi cetak berbeda

Bicara printer portabel teknologi cetak yang umum digunakan adalah ZINK atau teknologi cetak tanpa tinta. Teknologi cetak ini punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, pengguna tidak perlu repot mengganti tinta karena untuk mencetak foto hanya diperlukan kertas film khususnya. Kekurangannya, warna pada hasil cetakan foto biasanya tidak terlalu detil dan bisa pudar seiring waktu.

Canon pun pernah meluncurkan printer portabel dengan teknologi ZINK yakni Canon Mini Photo Printer. Tapi, di Selphy Square QX10 Canon meninggalkan teknologi cetak ZINK dan beralih ke teknologi cetak dye-sub atau sublimasi warna yang menggunakan pita tinta.

canon selphy square 4

Pada prinsipnya kedua teknologi ini memiliki prinsip kerja yang sama yaitu membutuhkan panas untuk mencetak. Hanya saja di teknologi ZINC lebih sederhana karena printer hanya perlu mengalirkan panas ke kertas foto untuk mencetak. Sementara, teknologi cetak warna sublimasi printer mengalirkan panas ke pita tinta untuk mencetak di kertas foto.

Canon Selphy square 1

ROG G14 728 yg

Hasilnya, cetakan foto dengan teknologi cetak warna sublimasi lebih unggul dengan hasil yang lebih tajam dan warna lebih cemerlang. Agar hasil cetakan foto terjaga kualitasnya, kertas foto Selphy Square QX10 juga telah dilapisi lapisan khusus yang memungkinkan cetakan foto tahan cipratan air dan tidak akan pudar hingga 100 tahun.

Baterai tahan hingga 20 cetakan foto

Canon Selphy Square QX10 mendukung kertas foto Selphy Square XS-20L yang ukurannya 68 x 68 mm. Kertas fotonya ini telah dilengkapi dengan stiker, jadi bisa dengan mudah ditempel di mana saja.

Untuk mencetak satu foto Selphy Square QX10 membutuhkan waktu sekitar 43 detik. Sementara, baterainya bisa mencetak hingga sekitar 20 foto untuk sekali isi ulang.

canon selphy square 2

Untuk fitur lain Canon Selphy Square QX10 telah dilengkapi WiFi dan didukung aplikasi mobile Canon Selphy Photo. Aplikasinya ini menyediakan beragam fitur seperti stiker, bingkai, filter hingga membuat teks untuk berkreasi.

Canon Selphy Square QX10 dijual dengan harga US$150. Pilihan warna yang tersedia yaitu hitam, pink, hijau dan putih. Sementara, harga satu paket tinta dan kertas Selphy Square XS-20L harganya US$15.

More Stories
Samsung Galaxy S III lens
VTEC Hadirkan Aksesori Lensa Bagi Kamera Samsung GALAXY SIII