Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Inilah Perbedaan Antara Samsung Galaxy S10 Lite dan Galaxy S10e

Samsung Indonesia kembali menghadirkan versi Lite dari lini smartphone flagship andalannya, Galaxy S-Series. Jika sebelumnya Samsung meluncurkan Galaxy Note10 Lite yang merupakan varian yang lebih terjangkau dari Galaxy Note10, sekarang giliran Galaxy S10 Lite yang siap menyapa konsumen di Tanah Air.

Harga jual yang lebih ramah kantong tentunya menjadi salah satu daya tarik utama untuk menggaet pangsa pasar yang lebih luas lagi. Tapi perlu diingat, sesungguhnya Samsung sudah memiliki varian yang lebih murah dari keluarga Galaxy S10 Series, yakni Galaxy S10e, yang dijual dengan harga Rp10,5 juta.

Lalu, apa yang membedakan Galaxy S10 Lite dengan Galaxy S10e? Simak beberapa poin berikut ini:

1. Dimensi Galaxy S10 Lite jauh lebih besar

S10 Lite

Mungkin sebagian dari Anda ada yang tertarik membeli Galaxy S10e ketika pertama kali dirilis di Indonesia tahun lalu karena harganya yang lebih terjangkau, tapi agak ragu ketika mengetahui ukuran layarnya lebih kecil. Solusinya bisa Anda dapatkan melalui Galaxy S10 Lite.

Bisa dibilang, perbedaan dimensi keduanya lumayan signifikan. Kalau Galaxy S10e punya layar 5,8 inci, Galaxy S10 Lite menyajikan ukuran 6,7 inci yang bahkan masih lebih besar dibanding Galaxy S10+. Meski begitu, versi Lite ini tidak mengandalkan panel Dynamic AMOLED seperti saudaranya, dan menggantinya dengan Super AMOLED Plus. Yang pasti keduanya sama-sama menjanjikan tampilan gambar yang tajam dan sudah mendukung HDR10+.

Galaxy S10e

2. Perbedaan konfigurasi kamera

Galaxy S10 Lite dibekali kamera Pro-Grade dengan tiga sensor di belakang yang terdiri dari kamera utama wide-angle 48 MP f/2.0 dengan Super Steady OIS yang diklaim mampu memberikan stabilitas lebih tinggi untuk foto dan video, kamera ultra-wide 12 MP f/2.2, serta kamera macro 5 MP f/2.4. Untuk urusan selfie, ada kamera 32 megapixel f/2.2 di depan.

Bedanya, Galaxy S10e mengandalkan kamera 12 MP dual-aperture f/1.5-f/2.4 dengan OIS dan kamera 16 MP f/2.2 ultra-wide. Sementara di depan ada kamera selfie 10 MP f/1.9. Mana yang kemampuan kameranya lebih baik? Tentunya butuh pengujian lebih lanjut.

Galaxy S10 Lite Camera

3. Chipset berbeda

Galaxy S10 Lite dan Galaxy S10e sama-sama mengusung chipset kelas flagship yang memiliki kinerja mumpuni untuk semua kebutuhan. Meski secara performa kurang lebih sama, perlu diketahui bahwa Samsung memilih untuk membenamkan Snapdragon 855 pada S10 Lite, bukan Exynos 9820 seperti pada Galaxy S10e. Selain itu, kapasitas RAM 8 GB pada Galaxy S10 Lite juga lebih besar dibanding Galaxy S10e yang masih 6 GB.

4. Beda kapasitas baterai

Samsung membenamkan baterai berkapasitas 3.100 mAh pada Galaxy S10e yang meskipun tidak terlalu besar, tapi cukup ideal untuk menemani aktivitas sehari-hari. Pada Galaxy S10 Lite, Anda akan disuguhkan kapasitas baterai yang jauh lebih jumbo, yakni 4.500 mAh lengkap dengan teknologi fast charging yang lebih kencang, 45W.

Galaxy S10 Lite

5. Posisi sensor sidik jari

Jika Galaxy S10e menanamkan sensor sidik jari di bagian samping, Samsung Galaxy S10 Lite punya fitur serupa yang kali ini posisinya tersembunyi di balik layar.

6. Harga versi Lite lebih murah

Sekilas memang Galaxy S10 Lite punya spesifikasi yang lebih menggiurkan dibanding Galaxy S10e di beberapa sektor. Tidak heran, karena peluncuran keduanya terpaut waktu yang cukup lama. Tapi yang menarik, Samsung justru menjual Galaxy S10 Lite dengan harga di bawah Galaxy S10e, yakni hanya Rp8.999.000 saja. Penawaran yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Back to top button