Berminat Membeli Xiaomi Mi Note 10 Pro? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Mi Note 10 Pro menjadi smartphone flagship pertama yang dirilis di Xiaomi di awal tahun 2020. Kehadirannya terasa begitu spesial karena Mi Fans sudah lama menantikan Xiaomi untuk membawa jajaran produk kelas atasnya secara resmi ke pasar Indonesia.

Sejauh pengujian yang kami lakukan, Mi Note 10 Pro tampil cukup memuaskan sebagai perangkat flagship, terutama jika membicarakan kemampuan kameranya yang punya resolusi 108 MP. Nah, untuk lebih memudahkan Anda memutuskan apakah akan menjadikan Xiaomi Mi Note 10 Pro sebagai target belanja Anda selanjutnya atau tidak, simak dulu beberapa kelebihan dan kekurangannya:

Yang Canggih:

1. Desain cukup premium

svg%3E

Penggunaan material premium yang merupakan perpaduan antara frame metal dengan lapisan kaca Gorilla Glass di depan dan belakang seolah menegaskan bahwa Mi Note 10 Pro memang produk flagship. Build quality-nya amat baik dan terasa kokoh. Finishing-nya juga terlihat cukup mewah.

Bagian belakang Mi Note 10 Pro tampil cukup polos tanpa adanya elemen-elemen ekstra yang tidak penting. Anda hanya menemukan susunan kamera vertikal di pojok kiri atas, dan logo Xiaomi di bawahnya. Kami sarankan Anda memilih warna Glacier White atau Aurora Green karena efek gradasinya terlihat memukau.

2. Layar sedap dipandang

Mi Note 10 Pro menggunakan layar AMOLED berukuran 6,47 inci Full HD+ yang mengusung desain melengkung di kiri dan kanannya. secara kualitas panel yang dipasang pada Mi Note 10 Pro mampu menyajikan gambar yang cemerlang baik dari segi ketajaman, tingkat kecerahan, maupun warnanya. Penggunaan di bawah sinar matahari yang terik pun bukan masalah karena konten masih dapat terlihat dengan amat jelas.

svg%3E

Xiaomi tidak lupa menyediakan fitur always-on display untuk menampilkan informasi utama seperti jam, tanggal, dan notifikasi meski layar dalam kondisi mati. Yang paling kamu suka, Anda bisa mengubah tampilan always-on display ini sesuai selera.

3. Kamera 108 MP, cocok untuk memotret di segala kondisi

Xiaomi Mi Note 10 Pro dipersenjatai kamera utama 108 MP f/1.69 dengan OIS, kamera 12 MP f/2.0 dengan lensa 2x optical zoom, kamera 5 MP (upscaled to 8 MP) f/2.0 telephoto dengan lensa 5x optical zoom + OIS, kamera ultrawide 20 MP f/2.2, dan kamera macro 2 MP. Untuk selfie, ada kamera 32 megapixel f/2.0 di depan.

Berbekal sensor ISOCELL Bright HMX 108 MP 1/1.33? yang mengusung teknologi pixel binning 4-in-1, kamera Mi Note 10 Pro dapat menghasilkan kualitas foto yang lebih baik di segala kondisi. Secara default, foto yang diciptakan oleh kamera utama adalah 27 MP tapi dengan detail yang lebih tinggi. Anda tetap bisa memilih mode 108 MP jika ingin memaksimalkan resolusinya.

Hasil Foto Xiaomi Mi Note 10 Pro (17)

Hasil Foto Xiaomi Mi Note 10 Pro (12)

Hasil Foto Xiaomi Mi Note 10 Pro (7)

Kualitas fotonya sendiri amat baik di berbagai kondisi, baik terang maupun low-light. Dari segi pewarnaan hasil foto Mi Note 10 Pro tampak cukup natural dengan saturasi yang tidak diangkat berlebihan. Di kondisi cahaya yang memadai mode auto pada Mi Note 10 Pro juga mampu memberikan pengaturan white balance yang akurat.

svg%3E

Beralih ke videografi, Xiaomi Mi Note 10 Pro mampu merekam video hingga resolusi 4K di 30fps. Kalau ingin 60fps, resolusi maksimalnya 1080p. Anda juga bisa memanfaatkan fitur Track Moving Object jika ingin merekam objek yang bergerak cepat. Selain itu, Mi Note 10 Pro punya fitur ShootSteady untuk membuat video yang lebih stabil tanpa bantuan gimbal, serta slow-motion di 960fps.

Hasil Steady Video Xiaomi Mi Note 10 Pro (1)

4. Kamera zoom punya kualitas di atas rata-rata

Untuk zoom, keberadaan OIS menurut kami sangat membantu dalam menghasilkan gambar yang lebih tajam. Seperti diketahui, kendala utama dari lensa zoom pada smartphone adalah sulitnya memotret dengan stabil. Kami sempat melakukan beberapa kali pengujian untuk membuktikan kemampuan 5x zoom dari kamera Mi Note 10 Pro dan hasilnya ternyata cukup memuaskan, bahkan di kondisi cahaya temaram.

Hasil Foto Xiaomi Mi Note 10 Pro (6)

5. Performa cukup bertenaga, asyik untuk gaming

Xiaomi Mi Note 10 Pro dipersenjatai SoC Qualcomm Snapdragon 730G. Varian yang dijual di Indonesia adalah yang punya RAM 8 GB serta memori internal 256 GB. Snapdragon 730G menurut kami masih menjadi salah satu chipset terbaik dari Qualcomm saat ini. Kinerjanya bertenaga, dan konsumsi dayanya juga efisien. Perpaduan favorit kami untuk sebuah daily driver, apalagi untuk kami yang doyan main games dan tidak ingin baterai cepat habis.

6. Baterai tahan lama dan didukung fast charging yang canggih

Baterai Mi Note 10 Pro tergolong ekstra besar dengan kapasitas 5.260 mAh. Daya tahannya juga amat baik karena mampu menemani aktivitas kami sejak pagi hingga malam hari, bahkan dengan gaya pemakaian yang cukup sering bermain games.

Jika dipasangkan dengan charger bawaannya, Mi Note 10 Pro sudah mendukung fast charging 30W dengan USB Power Delivery. Untuk mengisi ulang daya dari kondisi di bawah 10 persen hingga 100 persen penuh, total waktu yang dibutuhkan kurang dari 1,5 jam.

svg%3E

Yang Kurang:

1. Bodi mudah kotor oleh bekas jari

Walaupun tampilannya bagus, ada dua hal yang menjadi perhatian kami soal cover belakang Mi Note 10 Pro. Yang pertama adalah bagian ini mudah kotor oleh bekas jari, tapi bisa diatasi dengan memasang casing. Dan yang kedua adalah modul kamera yang terlalu menonjol keluar dari bodinya.

2. Tidak ada slot microSD

Anda memang sudah disediakan memori internal dengan kapasitas yang besar, yakni 256 GB. Namun untuk sebuah perangkat yang mengedepankan kemampuan foto dan video, akan lebih ideal jika Mi Note 10 Pro tetap menyediakan slot untuk menambahkan microSD. Sayangnya tidak ada.

svg%3E

3. Kinerja kamera kurang cepat

Meski dipersenjatai kamera mumpuni, ada satu hal yang kami kurang suka. Waktu yang dibutuhkan untuk processing photo terasa lumayan lama, khususnya jika Anda mengaktifkan mode 108 MP. Jadi setelah memotret, butuh waktu sekian detik sebelum Anda bisa melihat hasilnya. Kendala ini juga akan berpengaruh saat Anda ingin mengambil beberapa foto secara cepat

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Mi Note 10 Pro. Dapat kami simpulkan bahwa ini adalah smartphone Xiaomi dengan kamera terbaik yang bisa Anda beli secara resmi di Indonesia sekarang. Karena itu, untuk Anda yang memang gemar fotografi dan videografi, kami merekomendasikan Mi Note 10 Pro sebagai salah satu opsi yang tidak boleh Anda lewatkan.