[Tips] Cara Menggunakan Focus Mode di Android 10

.Android 10 meerupakan sistem operasi terbaru dari Google yang sudah mulai tersedia di beberapa smartphone masa kini. Meski tingkat adopsinya belum banyak, sederet brand ternama sudah memastikan akan langsung meluncurkan produk anyarnya dengan OS ini. Bahkan, perangkat dengan Android 9.0 Pie ada yang siap menerima update dalam waktu dekat.

svg%3E

Nah, salah satu fitur menarik yang dihadirkan oleh Android 10 adalah Focus Mode. Bagi yang belum tahu, Focus Mode adalah bagian dari Google Digital Wellbeing yang berfungsi untuk menghentikan sementara aplikasi yang berpotensi mengganggu konsentrasi, misalnya media sosial atau aplikasi pesan instan seperti WhatsApp.

Dengan Focus Mode Anda tidak akan menerima notifikasi dari aplikasi-aplikasi tersebut, sehingga Anda bisa lebih berkonsentrasi saat mengerjakan sesuatu atau bahkan untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Perlu diketahui bahwa Focus Mode berbeda dengan Do Not Disturb yang mengatur ponsel secara keseluruhan ke mode silent.

Focus Mode dapat diaktifkan secara manual maupun dijadwalkan di waktu tertentu saja, misalnya saat Anda sedang di kantor, kuliah/sekolah, atau sedang beribadah. Anda juga bisa beristirahat sejenak dari aktivitas serius yang sedang Anda kerjakan, dan menyalakan kembali notifikasi selama 5, 10, atau 30 menit saja.

Yuk, langsung saja simak cara menggunakan Focus Mode di Android 10:

1. Masuk ke Settings.

2. Pilih Digital Wellbeing & Parental Controls.

svg%3E

3. Pada bagian Ways to Disconnect Anda akan menemukan Focus Mode.

svg%3E

4. Tap Focus mode, lalu pilih aplikasi mana saja yang ingin Anda masukkan ke mode ini.

5. Pilih Turn On Now.

svg%3E

6. Bila Anda sedang beristirahat dan ingin mengaktifkan kembali semua notifkasi, pilih Take A Break lalu tentukan durasi waktu yang diinginkan.

Bagaimana? Mudah, ‘kan? Sekadar mengingatkan kembali, Focus Mode akan tersedia pada semua smartphone yang sudah mengadopsi Android 10. Di Indonesia saat ini sudah ada beberapa produk yang dibekali OS anyar tersebut, misalnya Samsung Galaxy A51 dan Galaxy A71. Sederet smartphone dari OPPO maupun realme yang dirilis tahun 2019 lalu pun dijanjikan akan menerima update. Selamat mencoba!