Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Didukung Fitur Flagship, Inilah Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno2

Salah satu smartphone paling menarik yang dirilis oleh OPPO pada tahun 2019 lalu adalah Reno2. Meski tampil sebagai perangkat semi premium, OPPO Reno2 dibekali sederet fitur unggulan yang membuatnya layak bersaing dengan produk flagship kelas atas. Contohnya pada kameranya.

Dengan segala kecanggihan yang dimilikinya, tentunya OPPO Reno2 masih menjadi perangkat yang ideal untuk Anda beli di awal tahun 2020 ini. Namun sebelum memutuskan untuk meminangnya, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari OPPO Reno2:

Yang Canggih:

1. Desain mewah

OPPO Reno2 6

OPPO Reno2 mengusung desain yang mewah khas seri Reno. Perpaduan material metal dan lapisan kaca turut membantu memberikan kesan premium sekaligus elegan pada smarpthone ini. Anda bisa memilih dua warna yang menawan, yakni Luminous Black dan Sunset Pink.

2. Layar Tajam dengan warna yang memanjakan mata

Smartphone ini dibekali layar Super AMOLED dengan resolusi Full HD+ yang tentunya mampu menyajikan ketajaman serta warna yang memanjakan mata. Nilai plus lainnya, tidak ada poni yang mengganggu keasyikan saat nonton film atau bermain games. Ditambah dengan bezel yang amat tipis, layar Reno2 memiliki rasio screen-to-body mencapai 93,1 persen!

oppo reno2 gaming

3. Performa bertenaga dan irit daya

Untuk urusan performa, OPPO Reno2 dipersenjatai SoC Qualcomm Snapdragon 730G dengan RAM 8 GB dan memor internal 256 GB. Kombinasi yang menurut kami cukup menggiurkan dan pastinya sudah mampu menunjang segala kebutuhan standar maupun gaming. Yang lebih menarik, selain kencang Snapdragon 730G juga dikenal irit daya.

OPPO juga tidak lupa menambahkan fitur HyperBoost untuk mendongkrak performa saat bermain game. Hasilnya, judul-judul populer seperti Call of Duty Mobile, Mario Kart Tour, dan PUBG Mobile bisa dimainkan dengan lancar tanpa kendala berarti.

4. Kamera bisa diandalkan untuk berbagai kondisi pemotretan

OPPO Reno2 4

OPPO Reno2 termasuk salah smartphone di bawah 10 juta rupiah dengan kamera terbaik. Reno2 membawa konfigurasi 4 kamera yakni kamera utama 48 MP F/1.79, kamera kedua dengan lensa wide 116 derajat dan macro 2,25cm, kamera dengan lensa telephoto 13 megapixel dengan kemampuan 5x hybrid zoom dan 20x digital zoom, serta 2 MP kamera monokrom. Untuk selfie, ada kamera 16 MP di depan.

Hasil foto kamera utama Reno2 yang mengandalkan sensor gambar Sony IMX586 terbilang amat bagus. Dalam kondisi cahaya berlimpah, seperti di luar ruangan di siang hari yang cerah, hasil foto terlihat tajam dengan reproduksi warna yang netral. White balance otomatisnya juga cukup akurat, tidak memiliki kecenderungan warm.

IMG20191223181722

IMG20191222213418

IMG20191222144134

IMG20191222210527

OPPO Reno2 dilengkapi fitur Ultra Dark Mode yang dapat aktif otomatis dalam Night Mode. Fitur ini berguna untuk memotret dalam kondisi yang amat gelap, yang biasanya akan susah ditangkap dengan kamera tanpa bantuan tripod. Berbeda dengan Ultra Night Mode 2.0, fitur ini tidak menggabungkan beberapa gambar untuk mencapai rentang dinamis yang lebih tinggi. Ultra Dark Mode hanya bertujuan membuat terang hasil foto di kondisi gelap ekstrem.

5. Kemampuan videografi mumpuni dengan Ultra Steady

Dari sektor videografi, Reno2 punya kemampuan yang ideal untuk Anda para kreator konten video. Yang pertama adalah Ultra Steady Video. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna merekam video dengan stabil yang kualitasnya setara action camera, tanpa membutuhkan alat tambahan seperti gimbal. Ketika diaktifkan, Ultra Steady Video dapat merekam di resolusi 1080p dengan 60fps.

Perlu diketahui, Ultra Steady Video pada OPPO Reno2 bekerja dengan cara menggabungkan kemampuan Optical Image Stabilization (OIS) dan Electronic Image Stabilization (EIS). Selain itu, kemampuannya tidak lepas dari dukungan Gyroscope 800mhz.

Ada pula vidoe dengan efek bokeh yang bisa diatur tingkat blur-nya secara real-time. Dengan bantuan fitur ini, pengguna bisa membuat video yang lebih dramatis dan terlihat lebih profesional. Tidak ketinggalan, Anda bisa memanfaatkan fitur Dynamic Zoom dan Sound Focus, ketika ingin merekam objek yang jaraknya lumayan jauh.

6. Baterai tahan lama dan pengisiannya cepat

OPPO Reno2 dibekali baterai dengan kapasitas 4.000 mAh. Dipadukan dengan hardware yang tidak terlalu rakus daya, smartphone ini mampu memberikan daya tahan yang oke untuk diajak beraktivitas seharian. Pengisian dayanya juga lebih cepat karena sudah ditenagai teknologi VOOC Flash Charge 3.0.

7. Harga kompetitif, dapat casing dengan kualitas bagus

OPPO Reno2

Dengan segala fitur yang amat menggiurkan tersebut, OPPO Reno2 dijual dengan harga yang menurut kami masih tergolong kompetitif, yakni Rp7.999.000. Asyiknya lagi, dalam paket penjualannya Anda sudah diberikan casing dengan kualitas yang amat bagus, jauh di atas kualitas casing kebanyakan yang biasanya tersedia di dalam dus smartphone lain.

Yang Kurang:

1. Kamera ultra-wide kurang optimal untuk low light

Meski cukup oke untuk memotret di kondisi cahaya yang ideal, sayangnya untuk low light kamera ultra-wide OPPO Reno2 agak kurang optimal. Namun untuk sekadar Anda pamerkan di media sosial hasil fotonya masih memadai.

2. Peredaman noise sedikit agresif

Pada pemotretan di malam hari, Reno2 cenderung memilih setting dengan ISO yang tinggi sehingga peredaman noise menjadi sedikit agresif. Hal ini berimbas pada penurunan detail foto yang untungnya tidak akan terlalu terlihat jelas jika hanya dilihat di layar ponsel saja.

OPPO Reno2 colors

3. Mudah kotor oleh bekas jari

Sama seperti kebanyakan smartphone masa kini, bagian belakang OPPO Reno2 mudah kotor oleh bekas jari. Solusinya sudah langsung disediakan oleh OPPO lewat casing mewah yang terdapat dalam paket penjualan. Tapi tentunya, ketika casing terpasang warna menawan dari Reno2 jadi tertutupi.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari OPPO Reno2. Semoga artikel kali ini bisa membantu Anda untuk membulatkan tekad untuk membelinya. Seperti disebutkan di atas, meski diluncurkan tahun 2019 lalu Reno2 masih menjadi pilihan yang amat menggiurkan untuk Anda miliki tahun ini!

Back to top button