Klik untuk baca ulasan gadget terbaru di 2020

Review Lenovo IdeaPad C340-14IWL: Laptop Konvertibel Terjangkau dengan Performa Memuaskan

4
Cek harga

Lenovo memang tercatat sebagai salah satu vendor komputasi yang cukup rajin meluncurkan laptop konvertibel. Menariknya lagi, tidak hanya fokus di segmen premium lini laptop konvertibel Lenovo di segmen kelas entry pun cukup laris di pasaran. Salah satu jagoan terbarunya di kelas entry ini adalah Lenovo IdeaPad C340-14IWL yang diotaki prosesor Intel Pentium. Penasaran apa saja keunggulan yang dibawa laptop kovertibel dengan harga di bawah 6 juta Rupiah ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Layar cukup memuaskan, profil bodi relatif tipis dan ringan

Hadir sebagai laptop konvertibel Lenovo terlihat cukup terlihat memprioritaskan rancangan bodi IdeaPad C340 ini. Meski harganya terjangkau, secara keseluruhan rancangan bodinya amat baik. Terasa kokoh dengan engsel layar yang bisa diputar 360 derajat dengan sangat mudah.

Unit yang kami terima hadir dengan bodi berlapis warna hitam doff. Dengan bodi yang terlihat ramping dan bobot sekitar 1,65 Kg laptop ini juga masih relatif ringan dan mudah diajak berpergian.

Di sektor layar IdeaPad C340 ini hadir dengan panel layar sentuh 14 inci yang resolusinya HD 1366 x 768 pixel. Panel layarnya mengusung panel TN dan bukan IPS. Cukup wajar mengingat harga jualnya yang relatif terjangkau. Bingkai layarnya juga masih belum mengadopsi model bezeless yang sedang tren saat ini.

Walau begitu, panel layarnya tetap mampu menghadirkan visual yang cukup tajam dan nyaman di mata. Di lihat dari berbagai sisi tampilan di layarnya masih terlihat baik dan minim distorsi, berbeda seperti panel layar TN pada umumnya.

Respon layarnya dengan sentuhan jari amat baik. Sementara tingkat kecerahan layarnya tergolong memuaskan untuk penggunaan dalam ruangan. Di luar ruangan dengan tingkat pencahayaan yang sangat terang layarnya agak sulit terlihat meski tingkat kecerahan layar sudah diatur paling maksimum. Layarnya ini juga sudah didukung dengan fitur Eye Care Mode untuk mengurangi pancaran sinar biru yang membahayakan mata. Fitur ini bisa diakses lewat Lenovo Vantage.

Bergeser sedikit ke atas layarnya bisa ditemukan webcam. Menariknya, webcam tersebut telah dilengkapi dengan fitur TrueBlock Privacy Shutter untuk menutup kamera. Jadi privasi pengguna bisa senantiasa terlindungi saat webcam ini tidak digunakan.

Satu hal yang cukup disayangkan, untuk menekan harga jualnya dalam paket pembelian IdeaPad C340 Intel Pentium ini Lenovo tidak menyertakan pena stylus Lenovo Active Pen.

Untuk konektivitas, di sisi kanan bodinya terdapat tombol power slot kartu pembaca memoriSD dan 2 port USB 3.1 Gen 1. Salah satu port ini telah mendukung fitur Alaways On jadi Anda bisa mengambil daya baterai laptop ini untuk isi ulang baterai gadget lain. Sementara di sisi kanan tersedia 1 port HDMI, port USB Type-C Gen 1 dan port 3.5mm untuk jack audio.

Keyboard nyaman digunakan untuk mengetik

Beralih ke sektor keyboard, IdeaPad C340 membawa keyboard bergaya chicklet dengan ukuran tombol yang cukup besar. Keyboardnya ini belum dilengkapi dengan lampu backlit.

Untuk mengetik keyboardnya tergolong sangat nyaman dengan jarak antar tombol yang tidak terlalu berdekatan dan ukuran tombol yang cukup besar. Keyboardnya ini ditemani area trackpad mousen yang cukup besar. Trackpad mouse tersebut juga nyaman digunakan dan sangat respon dengan sentuhan jari.

Performa memuaskan di kelasnya

Dijual dengan harga di bawah 6 juta Rupiah, menurut kami Lenovo cukup cermat menawarkan spesifikasi varian IdeaPad C340 paling murah ini. Hasilnya, performanya secara keseluruhan wajib diacungi jempol.

Kombinasi prosesor Intel Pentium Gold 5405U, RAM 4GB dan SSD M.2 PCIe NVMe dengan kapasitas 256GB yang dibawanya berhasil menyajikan performa yang ternyata cukup kencang. Berikut hasil benchmark IdeaPad C340 Intel Pentium Gold.

Dari pengujian kami spesifikasinya ini sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan komputasi dasar sehari-hari seperti mengetik, mengolah dokumen dan browsing di sistem operasi Windows 10. Kinerjanya juga cukup senyap dan relatif tidak cepat panas.

Sebagai sarana hiburan kami memang tidak menyarankan laptop ini untuk bermain game. Walau begitu spesifikasinya masih ideal untuk menikmati konten multimedia. Lenovo IdeaPad C340 Intel Pentium Gold sanggup digunakan untuk memutar konten video hingga resolusi 4K. Sektor audionya yang didukung Dolby Audio juga memuaskan dengan kualitas suara yang lantang dan cukup bertenaga.

Baterai tahan lama

Untuk daya tahan baterainya juga patut diacungi jempol. Dari pengujian kami dengan skema penggunaan standar seperti mengetik, browsing, sambil terhubung ke hotspot dengan tingkat kecerahan layar 50%, baterainya ini bisa menemani kami bekerja hingga sekitar 7 jam. Cukup tahan lama dan bisa menemani kami beraktivitas nyaris seharian.

Kesimpulan

Laptop konvertibel dengan harga murah biasanya tidak diimbangi dengan performa yang memuaskan. Tapi, Lenovo IdeaPad C340 Intel Pentium Gold ini jelas berbeda. Sebagai varian IdeaPad C340 paling murah fitur yang dibawanya memang relatif minim jika dibandingkan IdeaPad C340 varian lain di atasnya. Kendati demikian, secara keseluruhan laptop ini sudah mampu menawarkan performa jempolan di kelasnya dengan banderol harga yang tetap ramah di kantong. Daya tahan baterainya juga tergolong tahan lama. Lenovo IdeaPad C340 yang dijual dengan harga sekitar 5,6 Juta Rupiah ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk pelajar, mahasiswa atau para pekerja yang dananya terbatas tapi membutuhkan laptop konvertibel yang bisa diandalkan.

Yang Canggih:
+ Desain konvertibel
+ Layar oke
+ Harga bersahabat
+ Performa mumpuni
+ Kapasitas SSD besar
+ Baterai cukup tahan lama
+ Dilengkapi privacy shutter

Yang Kurang:
– Tidak dilengkapi pena stylus Lenovo Active Pen
– Layar belum mengusung model bezeless

4
Cek harga
Baca juga
Corsair Vengeance 6100: PC Gaming Ringkas dengan Teknologi AMD